Ujian Nasional Review (part 2)

Ujian Nasional 2008 (untuk SMA) emang terbilang memberatkan. gimana enggak, mungkin masih ada banyak siswa yang trauma gara2 insiden ‘ga lulus massal’ Ujian Nasional 2006 (bener ga sih 2006? hehe agak2 lupa), tapi pemerintah udah nekat dengan nambahin 3 mata pelajaran lagi di UN 2008, yang tentunya kalian semua udah tau apa aja mata pelajarannya (masa sih ga tau?). ok, I’ll just get to the point.

Sepertinya (bukan sptnya lg sih) Ujian Nasional 2008 ini lagi2 jadi event buat orang2 berbuat curang berjama’ah (bikin dosa koq jama’ah?) yepp, masih banyak pelajar yang klo dibilang pke bahasa halus sih ga pede dan mengandalkan kemampuan orang lain dan berbuat curang alias nyontek atau ada juga yang mengandalkan bocoran. yaampun, basi banget sihh. malu2in aja. apalagi yang abis nyontek atau ga bisa nyontek malah marah2. hahaha. coba baca cerita salah satu guru gw yang jadi pengawas UN 2008 di sini. (klik)

tapi yang lebih memalukan adalah bahwa guru2nya sendiri, termasuk panitia dan mungkin diknas ato pemerintahnya juga, main curang. bahasa gaulnya sih, ngasih bocoran. entah bocoran soal atau jawaban. sama aja lah. ada juga pengawas2 yang cuek bebek walaupun tahu bahwa anak2 yang diawasnya nyontek. bapak, ibu..ga malu ya?? ck ck ckk..

dengan begitu, Ujian Nasional udah jadi event Nyontek Nasional atau Bocoran Nasional. sekalian aja ganti inisial jadi NN atau BN ya? hahaha *ketawa miris* (bapak, ibu, tmen2.. Allah Melihat, lho.)

ampuuun deh negara kita, ga pejabat, ga guru, ga pelajar, sama2 BEJAT dan BODOH. (ini ga berlaku untuk semuanya sih) yaaah sebagian besar begitu kan? entah siapa ngajarin siapa.. tapi biasanya tindakan orang tua kan dicontoh oleh anak2nya? nyontek2, ngasih bocoran, minta bocoran, dll dsb.. sama aja. apa sih susahnya jujur? lagipula, apa kalian ga kasian sama tmen2 kalian yang berusaha mati2an dengan kemampuannya sendiri? apa kalian ga menghargai perjuangan mereka? ooooh..berarti kalian ga punya hati, ya? sementara temen2 kalian yang udah berjuang mati2an nilainya pas2an tapi adalah buah perjuangan mereka, kalian yang CURANG mungkin tersenyum bangga (apa licik?) dengan nilainya yang tinggi entah dari mana.

anyway, aduh maluuuu!! kapan negara kita mau ngandelin SUMBER DAYANYA SENDIRI klo masih muda aja GA BISA dan GA MAU ngandelin KEMAMPUAN SENDIRI??? malu, mas, mbak! klo kyk gitu, LULUS SMA MAU JADI APUUAAAAAA??? ini dia sumber pengangguran dan gudang KORUPTOR di Indonesia.. (naudzubillah, mau jadi apa nasibnya klo Allah aja ga Ridha?) mau jadi apa klo masih muda aja udah BEJAT dan BODOH perbuatannya?? saya nggak liat, guru2 ga liat, kami ngga tau apa yg tepatnya kalian lakukan.. tapi Allah Melihat! Allah Mengetahui! mau kayak apa nasib kalian klo Allah aja ga Ridha sama kerjaan kalian?
lantas, kapan kita bisa bangga sama negara kita, Indonesia tercinta’CH??

aduh, kasian ya bangsa kita. gimana nasipnya nih?

negeri kita ini sedang sakit.. sakitnya udah parah bangettt. yahh, orang bilang ga ada obat untuk nyembuhin orang bodoh.. tapi gw yakin, pasti ada. there is. there must be. walaupun mungkin tetep aja susah nyembuhin org bodoh.. ^^;

tapi Alhamdulillah, walaupun minoritas, masih ada anak2 bangsa yang masih punya kesadaran, masih jujur, masih pengen pinter dan punya kemauan bahkan semangat untuk maju.. insyaAllah, orang2 ini lah yang harus dan akan mengubah negeri ini.. insya Allah, kita lah yang akan mengubah semua itu.. amin.

ayo temen2, kakak2, adek2, bapak, ibu, om, tante, semuanya..!! jangan mau jadi bodoh! jangan mau dibodoh-bodohi!! berbuat curang itu tindakan bodoh dan perbuatan orang bodoh. mau jadi bodoh?? jangan!!

ayo kita tingkatkan kualitas diri dan sumber daya negeri, junjung keadilan dan kejujuran, mantapkan akhlaq dan moral..jangan pikirin perut sendiri! buka pikiran dan hati! semua berawal dari diri kita sendiri. ngga akan ada yang berubah kalo kita ga berbuat apa2 untuk mengubahnya.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (Q.S. Ar-Ra’du : 11)

hasil buruk ngga masalah.. yang penting adalah prosesnya, di mana kita udah berusaha dan berjuang untuk maju. kalaupun gagal, bukan berarti dunia kiamat, kan? selalu ada jalan yang lebih baik, selama kita mencoba untuk menggunakan cara yang baik pula. percayalah ;)

SEMANGAT PERUBAHAN!!!! ALLAHUAKBAR!!!!

Author: nadhilaaz

Still trying to figure it out.

11 thoughts on “Ujian Nasional Review (part 2)”

  1. there are a witness, a student. or probably some. tapi gaada bukti material gtu ya mksdnya. tapi dia jg tau siapa yng (kyknya) jd bandar/pengkoordinirnya katanya

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s