Orientasi Belajar Mahasiswa

Ngg..sebenernya posting ini ga cuma ngebahas OBM doang sih, hehe. Yang pasti OBM udah selese dari sabtu kmaren. Telat ye ngepost-nya..ehehe. Yah, gw rekap aja deh perjalanan gw selama seminggu di kampus. (Kalo ditambah matrikulasi brarti kira2 udah sebulan lebih seminggu lebih 2 hari.. hehe)

Mulai dari Sabtu, 9 Agustus yang lalu, baru sekarang bisa dapet libur. Malah kalo di jadwal tuh sebenernya hari ini ga libur. Tapi untung Pak Dibyo (pelatih padus) berbaik hati meniadakan kegiatan latihan padus hari ini.. Alhamdulillah bisa libur juga! Fiuhh. Even so, a lot of assignments await..

So these are what happened:

Sabtu, 9 Agustus 2008 – Latihan padus! Kan di jadwal mulai jam 8 tuh.. gw janjian aja sama yang lain buat ketemu di sebelah mananya balairung gitu..daripada ntar bengong2 sendiri..hehe garing banget gw klo sendirian. Gw nyante2 aja dateng ksana dan nyampe di sana pas jam 8, eeeh taunya di sana udah rame banget; baris dan diabsen kyk pas registrasi.. walah. Untungnya di antara lautan manusia itu, pas di antrean FT gw ketemu Tegar sama Nonot..hehe boleh dong ikutan nyelip. Nyelip yah, bukan nyelak. Beda lho :p Abis itu ternyata di barisan kanan depan udah ada labib, ichsan, ishaq, dll..jadi kita kembali nyelip di sana. Hehehe tau2 jadi rame anak 28 gitu. Beberapa saat kemudian gw ngeliat Karin (yg dari Class Q), trus ternyata dia bilang klo yang dari PPKB ga usah ngantri, langsung aja absen dan ambil buku teks lagunya.. Yeeh tau gitu ngapain gw daritadi?? Hahaha. Abis itu tau2 absennya diberentiin gitu deh. Saking kelamaan kali ya. Padahal banyak banget yg blm absen. Yah begitulah. Trus smua maba digiring masuk balairung.. gw ikutan rombongan anak 28 masuk balairung bareng2..hahaha payah ih ga membaur (padahal sendirinya ikutan). Maba-nya banyak bangeet..gw sih heran aja, ntar mau ditaro mana pas wisuda? Hehe lagian kayaknya malah banyakan yang padus daripada yang wisudanya. Sempet ‘reuni’ juga sama anak2 Squall. Hehe ketemu dan say hi sambil ngobrol2 sebentar.. Oh iya, pas istirahat itu lho..nyari makan susah banget. Kapok deh, lain kali bawa bekal aja. Hari itu selese skitar jam 3an..abis itu anak FT dikumpul2in gitu deh. Anak tekkim langsung dibawa jalan kaki ke FT lho! Tepatnya di belakang gedung departemen Teknik Kimia. Briefingnya itu baru selese jam 6an! (Langsung dikasih tugas2 pula) Waduh. Hari pertama udah pulang malem2 nih. Belum lagi jalan ke depan, dari FT ke balairung jalan kaki kan lumayan tuh, makan waktu smpe 30 menitan. Mau ga mau gw mesti shalat magrib dulu, jadi ya mampir ke MUI dulu deh. Alhasil gw baru nyampe rumah jam 8.. oooh capeknya.

Minggu, 10 Agustus 2008 – Gw dateng agak lebih pagi, soalnya mau ngumpul dulu sama anak2 tekkim. Mau dibagiin pita gitu (buat atribut; disuruh senior), sama ngebahas tugas2 dsb. Abis itu kita masih harus absen..tapi hari ini absennya dibagi per departemen, bukan per jalur lagi..tapi untungnya barisan tekkim juga masih agak sepi, jadi lumayan cepet lah ngantrinya. Kalo kemaren gw ‘bersekutu’nya sama Kani, hari ini sama Wulan.. (halah, bersekutu..udah kyk apaan aja) Hehe. Karena kemaren udah ngerasain repotnya nyari makan siang -apalagi hari Minggu, gw bawa bekal..hoho. Selebihnya nothing special sih, yaa padus jalan aja terus, agak bosen juga. Huhu. Siangnya ada pengumuman tentang OKK dari BEM, abis itu ada pengumuman lagi dari Bapak..siapa ya? Lupa namanya, hehe pokoknya dia ngasih pengumuman ke anak Teknik lah. Berkaitan dengan kemaren yang pada pulang maghrib/malem2. Bapak itu bilang, dia ga ngebolehin kegiatan apapun setelah jam 4 sore, pokoknya jam 4 itu maba harus pulang.. Karena anak Teknik besoknya (senin) disuruh ngumpul lagi sama seniornya, anak2 tekkim ngumpul dulu dan ngbahas soal itu.. Keputusan akhirnya, kita tetep dateng hari Senin dengan memperhatikan batas waktu tersebut.. Musyawarah ini makan waktu cukup lama, alhasil hari ini gw pulang maghrib2 lagi.. T.T

Senin, 11 Agustus 2008 – Hari pertama OBM.. Gw dapet kelas di FISIP, ruang H304. Hehe..sekelas sama Resta dan Janit. Ada juga K’Herbert dari 28 ’07. Seperti biasa, hari pertama masih agak canggung..maklum masih baru. Lama2 kerasa asih juga sih. Untungnya hari itu materinya LS (Learning Skills); cukup menyenangkan..soalnya banyak games, hehe. Intinya sih ngjarin kita cara belajar di universitas, mesti bersikap kayak gimana, dll..tapi dengan games2 gitu. Sama dikasih beberapa informasi tentang kehidupan perkuliahan, sistem akademis, dll. Oh iya..masa hari ini gw sama Lita numpang makan di KanSas, eh..terjebak semeja sama orang2 Jepang! Kyknya mereka ga dapet tempat duduk karena kantinnya penuh..sedangkan gw sama Lita cuma berdua, menyisakan cukup banyak space kosong, jadi..mereka gabung deh. Mereka sih permisinya pake bahasa Indo gitu..tapi selebihnya mereka ngobrol2 pake Nihongo.. huaaa canggung abis! Mereka berempat ngobrol2 dan gw sama Lita makan dengan amat sangat tenang..siiii~ng gitu (haha paradoks, yah kantinnya mah rame lah.) Saking canggungnya, smua vocab Nihongo gw ilang seketika, mau sekedar basabasi aja jadi basi banget; ga bisa sama skali.. Haha ga ada efeknya blajar Nihongo tiga taon -_-; Gw cuma bisa nangkep beberapa kata, dan gw rasa gw ga bisa menyimpulkan apa yg mereka omongin dari kata2 yg gw tangkep..huhuhu. Tapi klo gw tebak sih, kyknya mereka masih agak baru di sini, entahlah.. rasa2nya sih mereka ngomongin ttg beberapa budaya, slh satunya Indonesia.. trus gw smpet liat slh satu Nihonjin itu moto makanan yg dia beli.. gw lupa apa makanannya. Hehe. Yah krn gw sama Lita udah selese duluan, kita permisi deh..waktu itu mereka cuma lagi berdua, yg lainnya lagi beli makanan. Gw cm sempet bilang, “Sumimasen deshita” hehe bener gak ya, gw jg gatau mereka denger apa ngga..tapi yg cewe sempet bilang, “Terima kasih” gitu. Hehe yang pasti kejadian ini bikin gw pengen belajar Nihongo lagi dengan serius. Sorenya, sesuai perjanjian, anak2 tekkim ngumpul lagi..dan pulang maghrib lagi! Dan dikasih tugas lagi! Mesti selese dlm satu malem pula..huhuh

Selasa, 12 Agustus 2008 – Hari kedua OBM..materinya CL (Collaborative Learning), di FMIPA kelas B306/307.. huaa setelah ngerasain gedung FISIP yang mewah nan adem, kita ditempatin di gedung FMIPA yang antik nan gerah.. haha kerasa banget lah bedanya.. Materi CL ini kurang lebih mensimulasikan kegiatan belajar di universitas.. yah yang diskusi2 gitu lah. Temanya bullying. Lumayan seru juga sih diskusinya, banyak perdebatan. Sampe2 baru selese melebihi jadwal..hahaha. Abis itu masih kumpul tekkim lagi! Cuma hari ini tempatnya ga di FT..tapi di lapangan parkir PKM. Sampe di sana kita malah dibawa jauh ke lapangan di belakang PKM! Ngapain ya jauh2 segala? Tapi hari itu agak lebih santai sih..walaupun masih pake nunggu2 lama tanpa kegiatan yang berarti. Abis itu ngumpulin tugas, dan muncullah kk2 cewe yang jutek ngomel2.. aduuuh kuno banget sih pake marah2 segala. Udah ga jaman kalee. Abis itu kakak2nya (beda lagi nih orangnya) ngarahin/ngejelasin tentang kegiatan ini..K’Albana, K’Riyandi, sama satu lg kak siapa gw lupa..mengarahkan dengan cukup ramah mnurut gw. Yah paling ngga kita jadi lebih..apa ya? Lebih bisa menerima adanya acara ini lah. Eh taunyaaa abis kk2 yang cukup ramah itu bersosialisasi, muncul lagi kk2 jutek yang ngomel2.. ampun deh, ga capek apa ya. Ntar cepet tua loh. Yah emang gara2 tugas yg kita kerjain salah sih..tapi gw rasa ini gara2 miscommunication deh. Soalnya kk itu jg kmaren ngasih tugasnya agak ambigu, kurang jelas/spesifik. Pokoknya gitu deh. Dan akhirnyaaa untuk saat ini ga dikasih tugas lagi, dan minggu ini ga bakal ada ngumpul2 dulu. Fiuhh..

Rabu, 13 Agustus 2008 – Hari ketiga..dan materi hari ini adalaaah CML (Computer Mediated Learning) di Lab FIK dan IL (Information Literacy) di FASILKOM ruang 2405. Mnurut gw, materi2 hari ini yang paling menyenangkan.. selain karena kk2 fasilitator CMLnya menyenangkan, materinya juga asik.. Main2 dengan komputer, hehehe. Dapet blog ini lagi :p Materi IL juga cukup menyenangkan.. IL ini kurang lebih ngejelasin tentang sistem perpustakaan UI. Fasilitatornya baik banget! Sangat berempati, hehe..mereka tau aja kalo kita udah capek dan ngantuk. Malah mereka ga ngebebanin kita dengan tugas apa2 sedangkan kelas2 lain dikasih tugas, hehehe. Jam pulangnya juga lebih cepet dari jadwal, apalagi hari ini ga ada ngumpul2..jadi bisa sedikit lebih rileks dari biasanya..

Kamis, 14 Agustus 2008 – Hari keempat, kembali ke FISIP.. materinya LS lagi, more games! Hehe tapi lagi2 kalo fasilitatornya nerangin panjang lebar, gw terkantuk2. Selebihnya..ada apa ya? Entah kenapa gw koq gw begitu bersemangat hari ini.

Jumat, 15 Agustus 2008 – Fasilitatornya ga dateng! Jadi kita terpaksa ditransfer ke kelas2 lain..mau ga mau harus mencar2 deh.. padahal udah klop sama tmen2 sekelas.. udah gitu ini hari terakhir kita bareng (sabtu kan materinya CML/IL kelasnya dipisah) Jadi pas istirahat kita ngumpul, foto2 dan makan rame2 di kantin Biologi.. abis itu main tebak2 dan games2 lainnya, hehe seru juga.. Trus janjian buat foto2 di jembatan TekSas hari sabtunya.

Sabtu, 16 Agustus 2008 – Akhirnyaa..hari terakhir OBM! Entah harus seneng apa sedih.. soalnya sedih juga pisah sama temen2 sekelas yang udah klop.. walaupun gw masih belom hafal smua nama2nya sih, paling cuma hafal mereka2 yang vokal aja..hehe.. Ya maklum, kelas OBM ini (kita ngasih nama kelas kita ini G1A.jip.. hehehe) orangnya ada 30an, udah gitu waktunya cuma 1minggu.. kalo class Q gw bisa hafal karena orangnya cuma 20 dan sebulan ketemu terus.. Pokoknya hari terakhir ini cukup menyenangkan juga, materinya IL dan CML lagi.. fasilitator IL bener2 baik deh! Kita cuma dikasih kertas, trus suruh diskusi, trus jelasin di depan kelas..trus udah! Abis itu ga ada materi lagi. Jadi kita tour aja ke perpustakaan pusat, sekaligus daftar jadi anggota perpus.. Dari perpus pusat, kita makan di KanSas..dan timing kita nyampe di KanSas pas banget! Pas kita dateng masih sepi.. 5 menit kemudian mulai rame..tambah rame..tambah rame..sampe penuh sesak. Hehe Alhamdulillah udah selese makan jadi ga perlu rusuh2 lagi, langsung deh kita menuju Balairung buat nemenin temen2 yang mau ngumpulin tugas OKK. Gw sama Arin phobia sama jaket kuning gara2 ‘dikejar2’ kk2 berjaket kuning buat briefing waktu itu.. Pas ngeliat banyak orang pake JaKun di sekitar Balairung, langsung ngrasa gimanaaa gitu. Hehe agak uncomfortable aja. Abis itu langsung deh ke Lab FIK..nyampenya agak kecepetan, masih sepi gitu. Jadi kita pada seenaknya ngutakngatik komputer, hehehe ya main game lah, main internet, dan lain sbagainya.. Kelas CML menyenangkan sperti sebelumnya, tapi entah kenapa Lab FIK hari itu panas banget.. Anyhow, it was the last class of OBM! Abis itu kita menuju jembatan TekSas buat foto bareng.. hehe TekSas emang layaknya tempat wisata.. :p Sayangnya ga semua ngumpul pas foto2 itu, ada juga yang udah ngumpul tapi malah pergi duluan karena ada perlu, kayaknya pada buru2 gitu, jadi foto2nya juga cuma bentar dan cuma dikit. Udah gitu yang motoin kali ini kurang ahli.. (wajarlah kalo narik orang lewat, yang bisa moto dengan bagus peluangnya cuma sekian-sekian.. hehe) Abis bluetooth2an foto..rasanya agak berat juga untuk berpisah.. *lebay* eh serius..udah akrab gitu sama orang2nya.. tapi yaah insyaAllah nanti masih bisa contact2an lagi, entah lewat FS ato smsan..

Minggu, 17 Agustus 2008 – Independence Day.. kita kembali berbaris2 di lapangan parkir Balairung dan selanjutnya digiring (emangnya domba?) ke lapangan ROTUNDA..huahh panas banget! Untungnya upacaranya ga lama2, pidatonya Pak Gumilar (Rektor UI) juga cukup singkat.. Siap2nya aja yang lama, secara ngebarisin 5000an orang..haha susah banget diatur. Alhamdulillah ga terlalu lama kita berjemur di lapangan.. Abis itu para maba menuju Balairung, untuk latian padus tentunya. Seru deh, menjelang akhir latian, ada anaknya guru besar FISIP-Kriminologi, namanya Lana, kelas 2 SD..dia nyanyi.. suaranya lucuuuu! XD Lagi2 Alhamdulillah, hari ini jadwal ga sepadet biasanya.. padus cuma sampe jam 12, abis itu briefing fakultas..dan ternyata eh ternyata, senior2 FT pada ga ada! Selidik punya selidik, (knapa bahasa gw jadi bgini?) ternyata rencananya briefing FT tu mau diadain besok. Tapi hari ini Pak Dibyo ngumumin klo latian padus besok ditiadakan, dan ga boleh ada kegiatan apa2 di kampus.. jadii briefing FT diundur! Alhamdulillah. Jadwal pengumpulan tugas dan briefing tekkim juga diundur.. tapi tetep aja ada tugas baru. Dan lusa, tanggal 19..OKK.

Alright..let’s get prepared..

Advertisements

5 thoughts on “Orientasi Belajar Mahasiswa

  1. nad…dikau suka sekali ya menulis panjang2 n rapat2

  2. yahh abis saya nulisnya borongan, miss.. ga banyak waktu.. ini aja saya masi blm smpet nulis lagi.. pdhl saya pengen crita2 jg ttg rangkaian kegiatan yg udh sy lalui slm bbrp minggu ini. hehe ga menarik ya?
    btw klo jarang2 jaraknya, ntar makin panjang dong postingannya..

  3. gapapa…dibacanya lebih enak!!

    hehehe itu karena saya ga suka baca terlalu panjang tanpa jarak

  4. yah..lagian ga terlalu rapat2 banget koq miss! hehehe

  5. FTnya jurusan apa nih?

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s