Berubah

We know that for sure
Nothing lasts forever
But we have to many things gone too fast..

Make A Wish - ELLEGARDEN

. . .

..Berubah. Ya, kata itulah yang akhir-akhir ini ada di pikiran gw. Ets, jangan mikir “BERUBAH!! jeng jeng jeng” ala Power Ranger, Kamen Rider atau semacemnya.. I’m kinda serious here.

Iya sih, perubahan itu emang pasti terjadi. Nothing lasts forever. Everyone changes. Everything changes. Posisi matahari aja terus berubah. Malam berubah jadi pagi, pagi berubah jadi siang,  siang jadi malam, dan seterusnya. Gelap berubah jadi terang. Perubahan itu mutlak terjadi. Tapi rasa sedih, kecewa, atau semacemnya wajar ada dong kalo perubahan itu ga seperti yang kita harapkan. Besides, everything seems to change too fast. What we knew was there, suddenly dissapeared. Yang tadinya ada, jadi ga ada. Yang tadinya dekat, jadi jauh. Yang tadinya kenal, jadi ga kenal. Yang tadinya sahabat, jadi orang asing. ..Atau malah jadi musuh?

Koq perubahannya yang jelek2 semua ya? Yah, ada juga sih yang  baik2.. yang tadinya jauh jadi dekat.. yang tadinya ga kenal jadi kenal.. yang tadinya orang asing jadi berteman.. dan lain-lain. Tapi apa boleh buat, emang kebanyakan hal yang mudah berubah itu hal2 jelek (berubah jadi lebih buruk..yah begitulah) Sedangkan perubahan menuju yang lebih baik selalu makan waktu lamaaaa. Kenapa ya, melakukan sesuatu yang buruk itu sangat mudah, sedangkan melakukan kebaikan itu susahnya minta ampun? Contoh sederhananya aja, ngancurin sesuatu bisa makan waktu beberapa detik aja, bahkan bisa kurang dari sedetik aja, tapi membangun atau membuatnya butuh waktu lama, bahkan bisa bertahun-tahun.. Eh contohnya kurang nyambung sama pertanyaannya ya.. kalo gitu gini deh, kebanyakan orang lebih mudah ngeluarin duit buat hura-hura daripada berinfaq atau zakat.. Kebanyakan orang lebih mudah terpikat sama rokok, gaul di cafe2 atau dugem daripada ngaji, gaul di mesjid, atau at least peduli sama social issues.  (Eh contohnya malah jadi kejauhan yah? Ah gw emang bukan pemberi contoh yang baik.. pokoknya kurang lebih begitulah.. ngerti kan?)

Ngomong-ngomong soal berubah, kayaknya nyokap juga agak berubah lho. Skarang jadi baik banget sama Grey.  Padahal dulu kan anti banget sama kucing. Pokoknya kalo ngeliat kucing deket2 rumah pasti diusir jauh2 deh. Cuma setelah ada Micchan aja jadi agak melembut. Hehe. At least Micchan pernah dikasi makan beberapa kali deh. Maklum lah, si cantik itu emang menggoda, ga cuma kucing jantan tapi orang pun tergoda oleh kecantikannya *halah*. Tapi kalo sama Grey nyokap dulu ga baik2 amat sih, abis yaa Grey kan ga cakep2 amat, motif bulunya standar, tampangnya garong pula *tapi imut..suaranya juga x3* Tapi sekarang nyokap jadi perhatian gitu sama Grey.. mungkin karena peliharaan paling favorit (baca: L) udah gaada kali ya.. trus setelah ngga ada Choky juga makin sepi aja karena setelahnya Cheetah dikandangin dan jadi kalem gitu.. si Bolu sama Moku juga kan jarang2 dikeluarin, jadi yaa yang sering nongol di halaman terutama di teras cuma Grey.. Yah pokoknya nyokap jadi lebih perhatian gimanaa gitu.. Grey lebih sering dikasi makan -walaupun kalo ga ada tulang sisa dan smacemnya juga kadang ga dapet makan jg sih-, sampe2 perkedel jagung yang abis dimakan nyokap 1/5nya dikasi buat Grey! Wah, padahal nyokap kan tadinya anti banget ngasi makan kucing kalo bukan makanan sisa. Trus kadang2 piring makannya Grey juga dicuciin (tapi cuma kalo uda kotor banget doang, kadang2..haha. uda gitu piring makannya Grey dicuciin..tapi Greynya ga pernah dimandiin! ahaha) Paling2 dimarahinnya kalo Grey uda masuk2 rumah aja, itupun cuma diomel2in, ga dipukul ato ditimpuk kayak dulu. Apa karena Grey pernah nangkep tikus ya? (Tapi cuma 1-2x, wew) Ya pokoknya Grey jadi lebih disayang deh! (Walaupun tetep ga mau megang sih.) Sampe2 waktu ada arisan di rumah eyang gw (di seberang), nyokap sampe sempet2nya nyisihin sisa2 tulang ikan, tulang ayam dsb buat Grey *sayangnya lupa dibawa sama adek gw, sampe nyokap rada2 misuh2 sendiri..haha aneh kan??* Btw kayaknya nyokap punya karisma gimanaa gitu deh sama hewan (peliharaan). Kayak dulu sama L, L suka pamer ke nyokap gitu, ngikutin nyokap (pas nyokap mau pergi diikutin smpe gerbang, bahkan pernah sampe bawah segala), dan semacemnya deh. Nah sekarang sama Grey lebih aneh lagi. Grey kayaknya ngerti gitu apa yang diomongin nyokap dan nurut gitu! Misalnya yg waktu itu Grey tiduran/duduk di atas meja yang ada alas buat nyetrika-nya, trus nyokap bilang; “Ga boleh duduk di situ!”, trus besok2nya dia ga duduk di situ lagi.. :3 Atau pas kemaren dia lagi duduk di meja depan jendela, ngeong2 terus minta makan.. Trus nyokap bilang, “Udah jangan ngeong2 terus, berisik. Tidur aja sana!” Eh Grey langsung tiduran gitu! x3 Satu lagi yang meyakinkan gw kalo Grey (kayaknya) ngerti dan nurut sama nyokap, kemaren si Grey dikasi makan sama nyokap, nyokap bilang, “Nih dikasih daging, tapi besok bawa tikus ya!” EH BENERAN. Kata nyokap, tadi pagi tau2 uda dia taro aja tikus di depan. (Haha Grey, kamu pinter juga yah! x3) Tapi kayaknya kalo sama kelinci, kayaknya ga ngaruh.. knapa ya?

Btw koq malah jadi ngebahas nyokap dan Grey sih. Kembali ke topik ah.

Yea, honestly, gw benci perubahan. Karena kebanyakan perubahan yang terjadi dalam hidup gw adalah perubahan yang cepat. Perubahan yang ga jadi lebih baik. Dalam waktu stengah tahun ini aja banyak banget yang berubah. Dan gw ga bisa bilang semuanya itu perubahan yang baik. Malahan banyak yg jadi ga lebih baik mungkin. Tapi gw bersyukur, setidaknya masih ada beberapa hal dan beberapa orang yang ga banyak berubah.. :)

Well, dengan adanya sesuatu yang berubah, pastinya ada yang hilang kan? Dan gw benci jika harus kehilangan. Kehilangan  orang kepercayaan, kehilangan teman, kehilangan percaya diri, kehilangan semangat, kehilangan passion, sampe kehilangan skill, kekuatan, dan apapun itu yang hilang. Gw capek. Capek meladeni perubahan ini, perubahan itu.. It just doesn’t go the way I expected. Tapi ya mau gimana juga, segala sesuatu pasti berubah, kan? Jika ada hal yang pasti di dunia ini, hal itu hanyalah perubahan. So whether I like it or not, I have to face it. Dan mungkin gw harus berubah juga. In a good way, of course. Lagipula, seandainya gw bisa memutar balik waktu pun.. gw ga tau mau balik ke mana. Gw ga tau mau ngapain. Kalo gw bisa memutar balik waktu, apakah semuanya akan jadi lebih baik? Belum tentu, kan? Who knows?

Yea, gw masih juga belum bisa jadi lebih baik. I still do things wrong all the time. Tentu aja itu jadi alasan untuk berubah, berubah jadi lebih baik. Untuk yang ini, gw sangat ingin berubah. Sifat2 buruk gw..kekurangan2 yang bisa gw ubah lah… Emang masih blm ada progress yang berarti sih. Susah, pastinya. Butuh waktu yang lama, that’s for sure. Tapi selama gw sadar gw ingin berubah, I’ll always try to.

Not everything is gonna be the way you think it oughtta be
Seems like everytime I try to make it right it all comes down on me
Please say honestly, you won't give up on me
I shall believe..

I Shall Believe - Sheryl Crow

Tapi, ada satu hal yang lebih susah daripada berubah menjadi lebih baik. Yaitu mempertahankannya. Sering banget ketika kita udah ngelakuin suatu perbuatan atau perubahan baik, lama2 malah terjadi penurunan. Dengan kata lain, perubahan itu ga bertahan lama. Misalnya, muslimah yang berhijab eh tau2 membuka hijabnya dan jadi lebih ‘liar’. Atau orang yang abis ikut ESQ trus tobat, jadi anak baik2, abis itu lupa tentang ESQ eh balik lagi kayak sebelumnya. Atau yang jadi rajin ngaji, eh lama2 makin jarang atau malah ngga pernah lagi. (Ouch, nyentil ga sih. Hehe)

Ya, kita emang sering banget terperangkap dalam perubahan kayak gitu. Penurunan kualitas..atau bahkan kuantitas. Yah, apalah perubahan baik yang kemudian menurun. Ga cuma masalah ibadah aja sih. Semuanya lah. Dann..gw sendiri juga masih sering kyk gitu.  Kenapa ya..?  Kayaknya sih karena terlena fatamorgana dunia..  Astaghfirullah. Gw ga mau. Gw ga mau terjebak lagi.

Tapi.. ada apa, wahai hatiku? Kenapa kau masih terus berubah-ubah?
Ada apa, wahai akalku? Mengapa kau masih memikirkan yang lain?

.

Ya Allah.. Sungguh aku ingin berubah.. Mantapkanlah hatiku.. Bukakanlah lembaran baru untukku.. Apa yang telah terjadi dan akan terjadi adalah KetentuanMu, Ya Rabb.. Sungguh Engkau Maha Mempertemukan dan Memisahkan. Sungguh Engkau Yang Memberi dan Mengambil kembali. Sungguh Engkau Maha Kuasa Membolak-balikkan hati. Sungguh Engkau Maha Mengetahui apa yang baik bagiku. Bimbinglah aku.. Mantapkanlah hatiku, Ya Rabb.. Mantapkanlah hatiku di JalanMu.. dalam AgamaMu.. Tiada daya dan upaya melainkan dengan PertolonganMu..


Tuhan..
Aku hanya manusia
Mudah berubah lagi dalam sekejap
Tuhan..
Aku ingin berubah
Dan ku bertahan dalam perubahan itu..

Berubah - EdCoustic

Advertisements

One thought on “Berubah

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s