Inikah Namanya Cinta?

Gw suka bingung deh sama orang pacaran, terutama yang udah berkali-kali ganti pasangan. Kayaknya kalo lagi jatuh cinte nih, semua tentang si pasangan kayaknya indaaaaah banget. They can say all good things about their lovers. Dipuji-puji deh, malah mungkin sampe dipuja-puja.. sampe ga napak lagi kali tuh kakinya saking kebanyakan dipuji, hahaha. Seolah orang lain gak ada yang kayak gitu. Pokoknya dunia seolah milik berdua, ya gak sih? Setidaknya kurang lebih itu kesan yang gw tangkep dari apa yang gw liat, from what they write or what they do.

Oke mungkin itu yang mereka rasain saat itu, being so in love with someone. Tapi, gimana dengan orang-orang lain yang pernah dia pacarin? Apa ga pernah segitu ‘dimabuk cinta’nya sama pacar yang sekarang? Apa puji-pujian yang sama ga dipake juga untuk pacar-pacar sebelumnya? Terus kalo entar putus lagi, pacar baru juga bakal dipuja-puja begitu? Dipuja-puja dengan beribu kali bilang “I love you”? Dan sama pacar yang lama, they can simply say, “I don’t love you anymore”? Segampang itukah bilang cinta?

I mean, misalnya gini.. Sebutlah si Z, dia pernah macarin Si A, Si B, C, D….sampe Z. (Eh..dia sendiri dong? LOL) Pokoknya udah sering ganti-ganti pacar deh. Misalnya waktu pacaran sama si A, dia bilang, “You made my life so beautiful. I love you.” Eh terus putus. Selesai. Trus pacaran sama si B, dia bilang, “You are my angel. I love you.” Eh terus putus juga. Trus pacaran lagi sama si C, dia bilang, “You are my everything. I love you.” Dan seterusnya, dan seterusnya.. So? Can you see what I mean? Basically, he’s been saying the same thing to all his lovers. Tapi abis itu putus. Terus, mananya yang spesial dong? Yang begitu namanya cinta? Koq gw ga terima ya?

Oh, is it love?
Is it love?
Is it love..?
Is It Love - Marit Larsen

Itulah salah satu hal yang paling gw ga suka dari pacaran. Statusnya sangat ga jelas, gampang berubah-ubah. Kayaknya jadi merendahkan nilai cinta, gitu. Jadi bikin orang sama kayak barang; kalo suka, dipake.. udah ga suka, dibuang. Kayak gitu kan pacaran? Kalo udah nggak ‘cinta’, yaudah putus. Atau malah gara-gara berantem, terus putus. Selesai. Udah gitu doang. Men, semurah dan serendah itukah cinta?

Well, why don’t you at least bind your love with marriage? Setidaknya dengan begitu ada ikatan yang jelas, dan ga mudah diputusin begitu aja. Yaiyalah ga gampang diputusin, mau cerai aja kan urusannya panjang, mesti ngurus surat ini itu, ngadep pengadilan, keluar duit lah pastinya. Mungkin ada (mungkin banyak malah?) orang yang pacaran putus-nyambung-putus-nyambung; sekarang putus, besoknya nyambung lagi.. (Emangnya lagu BBB? Hahaha) Tapi ga ada kan orang nikah putus-nyambung? Pacaran bisa aja cuma sebulan atau seminggu, terus putus.. tapi orang nikah ada gitu seminggu langsung cerai?

Sederhananya, setidaknya dengan nikah, kita bisa lebih memaknai  cinta dan suatu hubungan lah ya. Apalagi seharusnya pernikahan itu kan didasari cinta karena Allah. (Waiaupun gw sendiri juga belum ngerti hakikat ‘cinta karena Allah’ itu kayak gimana) Dengan begitu, kita juga melengkapi setengah agama, lagi. Kurang apa coba? Enak toh, nikah? (Kenapa gw jadi terkesan MO gini? Hahaha)

What I’m saying is, pacaran itu cuma bikin lo kayak barang bekas pake. Waktu lagi suka, disayang-sayang.. pas udah ga suka, dibuang. Yang kayak gitu namanya cinta? Yang kayak gitu apalagi namanya kalo bukan nafsu? Kalo situ ngerasa cinta, kenapa ga nikah aja tuh sama sang kekasih pujaan? Jadi kan cinta sekaligus nafsu situ bisa tersalurkan secara sah, gak perlu ragu-ragu lagi, hajar bleh! *lho??*

Jadi, kalo emang ngerasa cinta, janganlah merendahkan cinta itu dengan pacaran. Dengan memenuhi nafsu lo buat pacaran, lo justru nyia-nyiain perasaan itu karena sooner or later rasa itu pasti hilang, dan lantas hubungan sebagai pacar itu putus begitu aja. Kalo emang ngerasa cinta, ajak nikah sekalian! Kalo belum siap, ya simpan dululah rasa itu hingga nanti indah pada saatnya. Memang pernikahan juga belum tentu sempurna, tapi setidaknya dengan ikatan pernikahan, apalagi kalo udah ada tanggung jawab rumah tangga (atawa udah punya anak, gitu.. hehe), ga bisa kan main putus hubungan begitu aja. Masa iya sekali berantem lantas cerai. Emangnya selebriti? :p
Jangan nodai cinta kita, sesungguhnya segala sesuatu indah pada saatnya.. :)

____

Terinspirasi dari pasangan seleb yang sedang ‘dimabuk cinta’, huahaha~

PS: Yeaa I know I’m not that good as a writer.. but at least gw mencoba untuk menuangkan pikiran gw ;D

5 thoughts on “Inikah Namanya Cinta?

  1. ada LOVE ada ROMANCE…

    LOVE… is Cinta. oh, itu judul film. well, gw gak tau dengan pasti apa itu cinta. tapi mungkin kita bisa lihat cinta dengan melihat KAKEK-NENEK kita yang udah bertahun-tahun hidup bersama, atau IBU kita yang membesarkan kita sejak lahir sampai sekarang.

    yang pasti gw pernah ngerasain ROMANCE. romance bikin gw mabok, semabok-maboknya. bener-bener high lah gw saat dimabuk asmara. tapi ternyata gak everlasting.

    love dan romance itu dua hal yang berbeda, tapi sering bersisian satu sama lain. seringkali yang kita sebut cinta itu sebenarnya hanya romansa. I say, kalo kita belum liat ‘semuanya’, kayak yang udah kakek-nenek kita lihat satu sama lain, kita belum pantes bilang cinta.

    love is something more divine, while romance is simply a game of desire.

    i don’t know what love is…

  2. gw sih kurang lebih sama kyk org yg berkomentar di atas itu a.k.a harunsaurus.

    Tiap ngebayangin kata ‘cinta’, yg ada di pikiran gw adalah orang tua gw, kakek-nenek, pokoknya all the people who’s decided to spend the rest of their lives with each other to take care of one another.

    Gw pribadi agak skeptis klo ada org pacaran yg blg ‘cinta’. makany gw g pernah percaya sama dialog2 absurdnya sinetron! menurut gw, org pacaran itu just on the basis of sama2 saling naksir, saling suka, saling mengagumi. Cinta itu, kita ttp mau bersama org itu meski kita tau tiap sudut sisi kejelekannya. Beda kan, sama org pacaran yg marah dikit, berantem dikit, kecewa dikit: PUTUS!
    Jadi, menurut gw, org yg pacaran itu belum tentu cinta. it takes time to love. mreka itu cuma basically naksir sama naksir.

    Dan gw percaya jatuh cinta itu enggak mudah. makanya gw suka gereget sendiri klo ngedenger org pacaran dgn gampangnya bilang ‘I love U baby’ dsb. Ato g suka gemes sendiri ngedenger tmn yg suka/punya gebetan dan bilang, ‘gw cinta mati wul, sama dia!’.
    HELLO!!!!! Kenal luar-dalem aja enggak, berani2nya bilang cinta mati!!!

    Ok, ok, gw udah mulai ngelantur.

    Intinyaa….sampe skrg gw blm ngerasain yg namanya cinta. and hopefully, I would only experience having the feeling towards ONE and ONLY ONE person only.

    I’m still 19, for God’s sake. I dont even know what I’d wear tomorrow to campus, so I know for sure I dont know the true meaning of the L word.

    btw, tumben mellow, dhil, topiknya! >_<

  3. love is something more divine, while romance is simply a game of desire.
    i don’t know what love is…

    exactly. tapi itulah yang ternyata sebagian besar orang menganggapnya cinta. padahal hanya nafsu semata.
    I don’t know what love is, either, tapi gw ga terima yang kayak gitu dibilang cinta..

    Gw pribadi agak skeptis klo ada org pacaran yg blg ‘cinta’. makany gw g pernah percaya sama dialog2 absurdnya sinetron! menurut gw, org pacaran itu just on the basis of sama2 saling naksir, saling suka, saling mengagumi. Cinta itu, kita ttp mau bersama org itu meski kita tau tiap sudut sisi kejelekannya. Beda kan, sama org pacaran yg marah dikit, berantem dikit, kecewa dikit: PUTUS! …
    Dan gw percaya jatuh cinta itu enggak mudah. makanya gw suka gereget sendiri klo ngedenger org pacaran dgn gampangnya bilang ‘I love U baby’ dsb. Ato g suka gemes sendiri ngedenger tmn yg suka/punya gebetan dan bilang, ‘gw cinta mati wul, sama dia!’.
    HELLO!!!!! Kenal luar-dalem aja enggak, berani2nya bilang cinta mati!!!

    exactly, wul. that’s what I mean.

    Intinyaa….sampe skrg gw blm ngerasain yg namanya cinta. and hopefully, I would only experience having the feeling towards ONE and ONLY ONE person only.

    amiiin.. :D

    iya nih gara2 ngefollow twitter orang yang udah gonta-ganti pacar and still being so gombal hahaha

  4. Wah pas bgt tuh Dhil!!

    Sepanjang hidup saya cuma bisa bilang yang plg saya cintai adalah Allah, habis itu keluarga (termasuk kame n kroten). Emang sih sy juga sempat suka sama co tp semua itu cuma sejauh suka…makanya suka heran liat sinetron yg ampe menderita bgt kl ga dapetin coyg dia inginkan.

    Daku juga sama sekali ga percaya dgn sistem pacaran…malah dulu saya pernah berdoa agar Allah menjauhkan sy dr pacar2an dan 1-1nya pacar yg akan sy punya adalah yg akan jadi suami.

  5. halah sinetron mah isinya emang kayak gitu semua miss.. hahaha
    abisnya orang pacaran (terutama yang suka gontaganti pacar) kan kesannya gimanaaa gitu, ga konsisten amat sih. plinplan. kyknya ga bisa diharepin amat ya hahaha

    hahaha kalo ada rasa suka sih wajar.. namanya juga manusia. tapi kalo rasa sukanya udah ditunggangi nafsu, nah itu yang gawat.. hehe

    amiin..

Please do leave a comment :)

