Cerita KP

Hyaaa udah sebulan gw di Malang, KP di kota tetangganya, Pasuruan.. Di saat orang-orang yang mulai KP bareng gw pada pulang, gw sepertinya baru mulai akan sibuk bertugas.. -__-

Yak, tahun ini gw kembali ke bagian timur Pulau Jawa, tepatnya di Kota Malang. Mulai tanggal 4 Juli 2011, gw Kerja Praktek (KP) di Nestle Kejayan Factory, Pasuruan. Di sini lebih dikenal dengan istilah PKL sih. Kalo perusahaannya sendiri make istilah Internship. Anyway, syarat KP di sini itu minimal 3 bulan. Alhasil, di antara temen-temen sekampus yang pada KP 1 bulan berkelompok, sepertinya gw yang paling lama, sendirian pula. Jauh pula. :( Yah, sekali-kali tinggal jauh dari rumah, jauh dari hiruk pikuk padat dan sumpeknya Jakarta.. Lumayan lah. :) Walaupun sendirian, untungnya ada Om-Tante yang bersedia ditumpangin rumahnya selama 3 bulan..hehehe makasih ya Om, Tante, maaf lho ngerepotin :D

Gw pulang-pergi Malang-Pasuruan naik bus. Lumayan jauh sih, tapi mulai pinggiran Malang busnya ngebut, jadi Malang-Pasuruan (Kejayan, lebih tepatnya) tercapai dalam waktu kira-kira 1 jam. Sebenernya pp antarkotanya sih ga masalah, busnya gampang, naik dari terminal selalu ada bus setiap 10-15 menit. Yang jadi masalah justru dari rumah sampe terminalnya, jauh boi..ga ada angkutan umum ke dalem kompleks. Awal-awal ngantor gw berangkat nebeng supir, pulangnya ngojek. Tarif ojek dari terminal sampe rumah nyampe 10 ribu. Ajegile lebih mahal dari tarif busnya -__- Akhirnya gw berinisiatif minjem sepeda, beruntung di depan terminal banyak penitipan motor, gw titip aja sepeda di sana.. lumayan banget, ngirit 9ribu coy! Sekalian olahraga juga.. siapa tau pulang-pulang kurus. Mwahaha :D

Awal-awal KP di Nestle, gw ikut training selama 3 hari bareng anak-anak KP lainnya dan karyawan baru Nestle. Karyawan barunya cowo semua -__- Untung anak-anak KPnya justru banyakan cewe, hahaha. Yang mulai KP bareng sama gw ada 5 orang, 4 cewe 1 cowo. Ada Eka sama Vida dari D3 Adm.Niaga Politeknik Malang, Hendy dari Fisika Univ. Negeri Malang, Rissa dan Ninin dari Elektro Univ. Brawijaya. Anak Malang semua cuy -__- Karyawan baru itu juga semua dari Malang dan Sekitarnya. Gw doang yang dari luar provinsi.. Pada heran gitu pas denger gw dari UI, ngapain kok jauh-jauh amat kesini? (Hahaha pada ga tau aja temen-temen gw pada KPnya ke Semarang, Palembang, Riau, Balikpapan, dsb)

Minggu pertama KP amat sangat gabut. Hari pertama nyaris ga ngapa-ngapain.. Bengong disuruh nunggu gatau apaan yang ditunggu. Seharian gabut total di main office. Hari kedua dapet beberapa materi tentang Nestle. Saking gabutnya hari pertama, materi hari kedua jadi dipadetin, sampe-sampe pada pulang kesorean.. Hari ketiga masih dapet materi tapi ujung-ujungnya gabut juga -__-

Hari keempat baru deh mulai masuk pabrik. Selama training 3 hari itu mobilisasi cuma sekitaran main office sama kantin, hari keempat baru deh akhirnya masuk pabrik, uyeah~ tapi tetep aja gabut juga -__- Gw, yang dateng dari Jakarta sendirian, ditempatin sendirian di Departemen Egron 3/4.. hiks. Eka dan Vida di Human Resources, Rissa dan Ninin di Engineering, dan Hendy di QA. Mencar-mencar semua..dan gw sendirian, huhuhu. Hari keempat dan kelima mulai masuk pabrik, eh malahan ga ketemu mentor gw, katanya lagi cuti. Nasib deh nasiib, gabut lagi deh gw. Akhirnya bareng 2 orang karyawan baru yang juga ditempatin di Egron 3/4, gw dikasih tour singkat (singkat banget) tentang plant, kenalan sama operator (mas-mas dan bapak-bapak semuaaa -__-), dikasih penjelasan sedikit tentang overview proses di sana sama salah satu FLM dan sama beberapa operator. Sempet dianterin liat-liat beberapa unit prosesnya juga, dan selebihnya bengong-bengong di control room. Super gabut 2011 deh pokoknya -__-

Hari Senin minggu kedua baru deh ketemu mentor, dan dapet meja di office Egron 3/4. Kenalan sama mentor dan orang-orang di office Egron 3/4. Huaaa untunglah ada cewe juga! Ada Mba Risma di bagian Admin Egron 3/4, Mba Bella dari QA, Mba Yukie dari Production..dan semuanya lulusan tekim lho.. wheee~ cewe-cewe tekim rawks!! Hahaha. Mba Risma dari Poltek Malang angkatan 2005, Mba Bella dari ITB ’06, Mba Yukie UGM ’06. Eh masih ada lagi lho cewenya di Egron 3/4, Mba Tanjung dari QA dan Bu Fitri dari Marketing.

Mentor gw namanya Pak Norman, beliau lulusan Elektro UGM. Katanya gw bakal dikasih tugas khusus untuk optimasi CIP. Jadi CIP itu adalah metode cleaning line produksi secara otomatis (tanpa harus bongkar-bongkar alat) pake chemical. Jadi kalo produksi susu (kalo di Egron 3/4 itu produksi susu bubuk; susu formula Lactogen sama susu pertumbuhan macam Dancow Batita gitu), kan di line pasti ada sisa-sisa residu susu, nah setiap kali selesai produksi dan mau ngelanjutin produksi produk lain, line produksi wajib dibersihin. Di bagian wet processing, di mana susu yang diproses bentuknya masih cair atau total solidnya masih rendah, bersihinnya pake CIP, yang melibatkan air dan larutan kimia basa dan asam. Kalo di bagian dry processing, cleaningnya manual alias pake sikat dan scrapper, karena di bagian ini pembersihan ga boleh pake air. Nah untuk cleaning pake CIP itu kan pake air dan chemical basa dan asam. Bahan kimia itu kan tentunya harus beli, dan pastinya ga murah. Sedangkan di pabrik Nestle ini produksi jalan setiap hari, 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Alhasil perlu cleaning setiap hari sebelum mulai produksi selanjutnya. Pastinya kebutuhan chemicalnya juga besar..dan duit yg dikeluarin juga buesarr :O Untuk itulah gw ditugasin optimasi CIP. Beberapa minggu ini gw udah ditugasin ngambil data visual beberapa unit sebelum dan sesudah CIP, ngambil sampel, ngambil data grafik, dsb. Tapi belom tau pastinya tugas khususnya tepatnya gimana.. huhu doakan ya semoga dimudahkan.. >.<

Karena tugas gw tentang CIP, alhasil kalo mau kerja mesti nunggu produksi berhenti melulu, which is belom tentu dapet waktunya pas. Jam kerja untuk bagian produksi disini ada 3 shift, jam 6 pagi – 2 siang, jam 2 siang – 10 malem, jam 10 malem – 6 pagi. Karyawan office, termasuk anak-anak KP, jam kerjanya jam 8 pagi – 4 sore. Sedangkan waktu produksi setiap waktu berubah terus, mulai dan berhentinya ga selalu di jam yang sama. Jadinya kalo pas jam kerja ga kedapetan stop produksi, gabut deh gw. Tapi pas gabut gw ga bisa ngapa-ngapain, huhu. Gw dapet meja kerja di tengah-tengah kantor, di mana di pojok kiri belakang ada meja admin, pojok kanan belakang ada pintu, kiri ada pintu, dan orang-orang bolak-balik keluar masuk di belakang gw. Gw ga berani macem-macem deh. Ga bisa deh nonton film, main game atau apapun. Mana gw KP sendirian pula, jadi ga ada temen ngobrol. Mau ngobrol sama karyawan lain, pada kerja, ga enak ganggu. Kalo karyawan lain pada ngobrol, ga bisa ikutan gara-gara ga nyambung, ga bisa bahasa Jawa -__- Mau akses internet, server kantor blokirnya jago bangeeeeet. Bahkan buka Tumblr ataupun WordPress aja ga bisa. Bener-bener gaada hiburan gw kalo gabut, mati kutu..hahaha. Akhirnya gw bongkar-bongkar komputer kantor aja nyari bahan bacaan.. Jadi kerajinan saking gabutnya -___-

Seiring waktu berjalan, gw pun ketemu anak-anak KP lainnya.. Seminggu setelah gw masuk, ada lagi yang baru dateng, Meilani dari Psikologi Unibraw di departemen HR. Gw juga ketemu Fighy dari jurusan Kimia Univ. Negeri Malang di departemen QA dan Tino dari National University di Warehouse yang udah mulai duluan. Ada juga Masrukin dari Mesin ITN yang baru mulai minggu lalu di F/P Egron 1/2, Thea dari Teknik Lingkungan UNAIR di WWTP dan Ario dari Ekonomi Unibraw di bagian Purchasing yang baru mulai minggu ini. Ada juga anak ITS, denger-denger sih anak tekim, tapi belom sempet kenalan dan ngobrol-ngobrol soalnya baru papasan doang 1-2 kali.. Rame juga sih yang KP di sini, tapi ditempatinnya mencar-mencar semua di pabrik yang luas banget begini.. jadinya tetep berasa sepi kerja sendiri :( Ketemu temen-temen KP yang lain juga paling pas baru dateng pagi, pas istirahat atau pas pulang. Itupun belum tentu waktunya barengan. Yang di office pulangnya setengah jam lebih akhir dari yang lain. Ada juga yang jam 4 teng langsung cuss pulang. Jadinya jarang barengan :(

Enaknya di sini itu semua serba hygiene, serba bersih. Maklum, pabrik makan/minuman. Cukup ketat soal kebersihan. Hebatnya, karyawan di sini juga cukup disiplin dan taat soal peraturan. Ada peraturan ga boleh make perhiasan/jam tangan di area produksi, semua nurut. Peraturan wajib cuci tangan, ganti sepatu sblm masuk area high hygiene, semua patuh. Peraturan wajib make ear plug, semua patuh. Tingkat disiplinnya cukup tinggi, hebat, ga kayak suatu perusahaan yang gw kunjungi waktu ekskursi.. #ups hahaha. Jadi karena di sini serba bersih, kalo mau ke toilet enak, ga perlu khawatir..toiletnya bersiiih :D Jadinya betah deh gw di toilet (loh? :p) Wastafelnya juga ada di segala penjuru pabrik (ceilah), semua pake sistem otomatis, jadi ga perlu megang keran sebagai tempat potensial perpindahan kuman :D

Di office juga tersedia coffeemachine Nestle, lumayan kalo gw gabut dan ngantuk di depan komputer, hahaha. Di kantin juga bebas ambil Milo atau Nestea sepuasnya. Udah gitu di office Egron 3/4 orang-orangnya pada suka bawa makanan.. Ya gorengan, ya kripik, biskuit, segala macem makanan lah dibawain.. Makmur deh gw di sana, ga jadi kurus deh ini.. Hahaha.

Dann.. sudah sebulan gw di sini. Anak-anak tekim08 yg mulai KP bareng gw udah pada pulang/mau pulang.. sedangkan gw akan menghabiskan bulan puasa di sini.. Pertama kali sebulan puasa ga di rumah.. Semoga dikasi libur lebarannya lama,,hahaha amiin >.<

So.. wish me luck here! Selamat pulang bagi yang udah selesai KP, dan selamat menyambut Ramadhan.. Mohon maaf lahir batin yaa >.<

Advertisements

3 thoughts on “Cerita KP

  1. digetokkkk,,,,, tokk tokk!!!!! aku plngnya paling luamaaaa.. kok g disebutin nadd nadd???? hehehehe,,, oiaa,, thea dari Ilmu dan Teknologi Lingkungan – Universitas Airlangga sayangss..

  2. Pemberitahuan dr pihak nestle bahwa proposal qt lolos ato gk, selang berapa bulan semenjak apply?
    O y dpt uang fee gk stlh kp 3 bulan disana?, hehe

    Btw hendy tu temen sma aq lo (rumahny kejayan kn dy),, hehe
    thx a lot

Comments are closed.