Ain’t No Place Like Home

Udah hampir 2 bulan gw di Malang.. Dan gw pun ngerasain apa yang kebanyakan orang rasain ketika jauh dari rumah. Bosen. Suntuk. Pengen pulang.

Kemaren pas pulang kantor, ada temen yang nanya ke gw, “Enakan di mana, Malang apa Jakarta?”

Gw jawab, “Hah? Yaa.. enak di Malang lah, Jakarta mah sumpek, macet.” Tapi terus dalem hati gw bilang, “But there’s no place like home..”

Dan gw pun teringat, salah satu alasan utama gw milih KP di sini adalah karena gw pengen tempat KP yang jauh, jauh dari rumah, jauh dari Jakarta, nyari suasana baru. Selama KP di sini, gw udah ga ngitung berapa banyak orang yang nanya, “Kok kamu jauh-jauh KP di sini? Kan ada juga di Jakarta? Atau pabrik Cikupa yang lebih deket?” Gw selalu jawab, “Yaah, bosen di Jakarta terus, sengaja cari yang jauh buat pergantian suasana.”

Well, kayaknya emang itu alasan utama gw jauh-jauh KP di sini. Bukan karena gw ada link ke sini jadi kemungkinan diterima lebih besar, nope it’s not that. Kalo cuma karena ada link, gw udah dari kapan tau ngirim proposal ke perusahaan polimer di Karawang, yang direkomendasi dosen pembimbing KP gw, pasti langsung keterima. Ga perlu ngajuin ke Nestle yang jauh dan belum pasti keterima walaupun ada linknya.

Yep, I just wanted to be away from home. Away from the same old people, same old boring routine in that city.

Kedengerannya malah kayak pelarian ya? Mungkin juga. Gw bosen sama suasana di Jakarta, bosen sama kampus dan isinya, bosen sama rumah yang dari 9 tahun yang lalu ya gitu-gitu aja. Jadinya gw jauh-jauh kabur ke sini. Sendirian, bahkan ga bawa temen dari kampus. (Yang lain pada KP berkelompok, gw KP sendirian) Pokoknya bener-bener kabur dari segala tetek bengek kampus. (Padahal di sini juga bawa nama kampus -__-) Ga mau mikirin semua urusan di Jakarta. Pokoknya gw mau bener-bener libur! (Padahal di sini kerja.) Jadinya tiap ada panitia acara yang nyariin gw buat begini-begitu, gw bisa ngeles dengan bilang, “Maaf, lagi KP di luar kota.” (Upss…semoga ga ada panitia yang baca :p)

So yeah, gw mendapat suasana baru yang gw inginkan. Emang di Malang itu enak; adem, tenang, sepi, ga macet.. (Yah kalopun macet juga masih bisa diterima akal sehat, ga kayak Jakarta yang macetnya udah di luar nalar. *?*) Ke kantor bisa sepedaan tiap pagi-sore.. Yah, yang ga bisa ditemuin di Jakarta lah.

But sooner or later, yang namanya kangen rumah pasti kerasa juga. Well, bukan homesick juga sih tapi. Sebenernya gw ga sebegitunya kangen orang rumah, toh orang rumah juga jarang saling berinteraksi. (Yeah, mine’s a bit disfunctional family -__-) Tapi gw kangen rumah, kangen kamar gw, kangen gitar gw, kangen PC gw, kangen main The Sims 3, kangen donlot film sampe mabok (kenapa yang dikangenin material semua?), kangen Ming sama Pong, kangen suasana rumah..walaupun suasana rumah itu jauh dari suasana rumah idaman, tapi yaaa..tetep aja kangen gimanaa gitu. Mungkin seperti yang dibilang John Smith a.k.a Number Four di film ‘I am Number Four’.. “It’s the people that make the place.” ..right?

Biarpun di rumah gw berantem mulu sama adek gw gara-gara nyedot bandwith buat donlot, biarpun di rumah gw digangguin mulu sama adek gw yang cewe yang bolak balik masuk kamar gw, tetep aja kangen! Ternyata masih mending digangguin adek sendiri daripada digangguin bocah-bocah tiap hari selama seminggu, sampe tiga bulan -__-

Di sini juga gw baru ngerasain yang namanya kangen masakan rumah. Kangen banget. Walaupun di sini makanan ga perlu masak sendiri, selalu tersedia, tapi ternyata ga ada yang lebih enak dari masakan rumah, masakan nyokap sendiri. Se-sophisticated apapun makanannya, (yes, I had some pretty sophisticated meals a few times here), tetep aja lebih enak masakan nyokap sendiri. Bahkan yang biasanya gw ga begitu suka nasi goreng bikinan nyokap, sekarang ngerasain kalo nasi goreng bikinan nyokap itu lebih enak.

Gw juga jadi takjub sendiri dan bersyukur banget. My mom is the best, she’s a super mom. Nyokap kerja tiap hari dari pagi sampe sore tapi masih sempet masak. (Yaah, kadang-kadang beli di luar juga sih…) Belum lagi kalo bulan puasa gini, malem-malem mesti nyiapin sahur. Padahal -sekarang gw udah ngerasain sendiri- kerja 8 jam sehari itu capek banget loh. Tapi nyokap masih sempet masak dan ngurusin kerjaan rumah juga. Mom, you’re a super hero.

..Tapi kenapa gw bisa sampe segitunya kangen masakan nyokap? Padahal tahun lalu juga gw sampe sebulan lebih berkelana ke ujung Jawa bagian Timur, sama sekali ga masalah soal makanan, padahal menunya malah lebih ga variatif di sana?

Mungkin salah satunya faktor suasana kali ya.. Tahun lalu kan walaupun terdampar nun jauh di sana tapi banyak temennya rame-rame.. Ke sana ke mari juga bareng-bareng.. Jadinya seru dan ga begitu kepikiran kalo sebenernya tiap hari makan yang itu-itu aja.. hehehe. Tapi di sini? Walaupun tinggal di rumah sodara tapi ga ada temen mainnya, di kantor juga cuma gw sendiri yang ga ada temen KPnya, hiks aku kesepian.. T^T (Sisi positifnya? Blog ini jadi sering diupdate, hahaha..)

Well yeah, I guess no matter how messed up it is, there just ain’t no place like home..

..And it’s the people that makes it home. :)

___

5 hari  lagi pulaaang, horeeee~ XD

2 thoughts on “Ain’t No Place Like Home

  1. SAME HERE,dil!
    gue yang KP baru 2minggu lebih aja udah kangen rumah T,T ga kebayang deh gimana gue jadi lo *lebay ga sih? hhe. eh tapi bukan homesick loh yaa..

    oke,tempat KP gue emg penuh dgn fasilitas.. tapi SEPI, jauh dari kehidupan masyarakat. ada kampung sih, tapi gak boleh kesana tanpa izin resmi. gue bener-bener kangen kehidupan sosial gue yg terebut selama KP dsini #halah *maaf,terlaluLEBAY* :p
    gue dsini hanya berinteraksi dengan para pekerja dsini.. dari pekerja ‘teratas’ sampai ‘terbawah’ sekalipun yang notabene LAKI-LAKI dan sudah berkeluarga atau bisa disebut “bapak”. ya u know lah pergaulan semacam apa yg terjalin. tapi meskipun gitu, ada beberapa diantara mereka yang bikin gue dan ade nyaman dan betah, ALHAMDULILLAH bgt bgt bgt sampe2 berasa sedih bgt pas ditinggal pulang sama mereka (yang bikin nyaman) T,T . dan disaat itulah gue jadi kepikiran dan kangen keluarga di rumah.. nginget2 suasana rame di rumah yg gak gue dapet dsini. kangen bercanda sama mama papa kakak adek dan ponakan gue, kangen ngobrol sama mereka, kangen bantuin mama di rumah, kangen jalan2 bareng sama adek gue, kangen nenek, kangen masakan mama, kangen semuanya deh T,T #malahcurcol :p
    pada akhirnya gue ngilangin rasa itu smua dengan ngenet, nonton tv atau bcanda sama ade :D

    Tapi semakin mendekati hari lebaran, bikin gue tiba2 galau dan kangen rumah (lagi) kalo kpikiran bakalan lebaran disini. ya gue jadi ngebayangin aja lebaran tanpa keluarga, ngebandingin suasana dsini dan suasana di rumah. yg menyedihkan.. sekalipun lebaran kerjanya GAK LIBUR .. tetep masuk setengah hari >,<
    sekali lagi gue berusaha menghibur diri dengan memikirkan positif2nya klo gue lebaran dsini.. ya pertama pengalaman dan suasana baru.. KAPAN LAGI coba gue bisa ngerasain lebaran di sebuah pulau Pagerungan Besar yang bisa dibilang (maaf) kampung, ga ada mall dsini, ga ada taman bermain atau tempat hiburan. tapi itulah yg beda.. suasana kampung yang hangat yg mgkin ga akan bisa gue rasain di jakarta. Dan katanya.. Alhamdulillah pas takbiran kita yg kerja di KEI bisa masuk kampung.. ikutan takbiran bersama warga kampung.. keliling2 kampung dan bersorak -sorai takbir :) Bgitupun pas (setengah) hari lebaran.. Insya Alloh katanya bisa ke kampung juga.. berlebaran bersama warga kampung, mampir ke tempat pekerja KEI yg gue kenal yg tinggal dsana. makan masakan khas lebaran ala pagerungan besar yg mgkin beda dengan masakan khas lebaran di rumah. Semua itu bner2 gue syukurin, tetap positive-thinking husnudzonbillah :)

    sekian sdikit curcol-an gue. puas bgt bisa ngeluarin unek2 walau (maaf) di lapak orang :)) makasih banyak loh, dil. hihihi :p

    oke,masih dalam suasana KP~ ayo SEMANGAT KP!! :D

    • hehe gapapa di.. senang bisa menyediakan tempat curhat ;D
      wah justru jd pengalaman tersendiri ya.. there’s always a first time to everything, ya gak? :D semangat di! (gw abis lebaran masih harus balik lg.. huhuh)

      eh berarti lo kapan pulangnya? ktnya mau jalan? hehe

Please do leave a comment :)

