Futsal

Ternyata futsal itu adiktif. Sebenernya semua olahraga dan aktivitas fisik itu emang bikin adiktif sih, karena memompa adrenalin dan memunculkan rasa ecstatic jadi bikin seneng dan lama-lama jadi adiktif. And yeah, for me, futsal has become my addiction. It’s my favorite escape. (Selain tidur, tentunya. Hahaha)

Sebenernya gw udah dari kecil seneng berbagai macem olahraga. Tapi gw baru nyentuh dan kenal yang namanya futsal baru pas SMP. Bahkan waktu itu gw ga tau ini olahraga futsal, gw pikir ini sama aja namanya sepakbola, tapi karena mainnya di sekolah, ga ada lapangan sepakbola, makanya mainnya di lapangan basket pake gawang yg lebih kecil, hahahah.

Pas SMP, yaah tau sendiri lah cewe-cewe Al-*zh*r kayak gimana.. They’re not so fond of physical exercises. Jadi ketika cewe-cewe memanfaatkan jam olahraga untuk nyantai-nyantai di kantin.. gw lebih milih main futsal sama anak-anak cowo, kadang juga sama sobat-sobat gw, Mia dan Sani.. Guess what? Gw memulai aksi gw di dunia perfutsalan *halah*, dengan anak-anak cowo, dan sebagai kiper! Dan gw bener-bener ga nyangka, permainan futsal cowo jaman SMP sama jaman kuliah, eh ga usah jauh-jauh sih, sama jaman SMA aja itu udah beda banget.. Dulu pas SMP gw selalu main bareng anak-anak cowo sebagai kiper, bahkan sampe beberapa di antara mereka agak segan karena gw sebagai kiper cukup agresif dan gaharrr, hahahaha. Tapi sekarang? Bahkan mau latihan bareng anak cowo aja gw mikir dua kali, apalagi jadi kiper? 50x mikir juga belum tentu mau -_-

Anyway, itulah awalnya gw main futsal. Untungnya ketertarikan gw sama olahraga ini masih bisa tersalurkan pas SMA. Di SMA, tiap tengah semester ada acara classmeeting gitu, kompetisi seni dan olahraga, dan salah satunya adalah futsal putri. Biasanya timnya dibagi jadi tim kelas IPA dan kelas IPS tiap angkatan, jadi total ada 6 tim. Walaupun mainnya sama sekali belum pake teknik apalagi strategi, bener-bener main cuma modal semangat :D tapi cukup seru dan bikin gw tambah suka main futsal :D Sayangnya di SMA gw belum ada tim futsal putri, jadi dulu cuma main pas ada classmeeting aja :(

281204_2281902211391_5643822_n

Pas masuk kuliah, juga ada kompetisi olahraga di kampus gw, di skala fakultas tiap tahunnya ada Teknik Cup, dan di skala universitas ada Olimpiade UI. Untuk maba Teknik juga diadain Freshman League, dan di tiap jurusan juga ada Liga Jurusan. Semuanya punya cabang futsal putri :) Jaman maba sampe sophomore year, gw cuma main di tim jurusan buat Freshman League dan Liga Jurusan, dan ikut turun di Teknik Cup, tapi belom berani ikutan tim teknik, hahaha. Beruntung jaman gw maba masih ada angkatan 2005 di tekim yang aktif dan jago-jago main futsal, I did learn a lot from them :) Tahun kedua, gw didaulat jadi kapten. Sayangnya tahun itu kita agak kekurangan orang karena cewe angkatan 2007 dan 2006 cuma dikit yang berminat main futsal :( Tapi Alhamdulillah tim putri tekim berhasil masuk semifinal dan dapet juara tiga di Teknik Cup 2010 :) Tahun ketiga, gw masih didaulat jadi kapten dan Alhamdulillah dapet tambahan tenaga dari angkatan 2010, jago-jago pula :) Dan Alhamdulillah banget di Teknik Cup 2011 tim putri tekim lolos ke final dan juara 1!! Super proud of my team :)

230040_2037588063690_8103884_n

Setelah TC 2010 di mana tekim berhasil lolos ke semifinal, gw baru memberanikan diri gabung di tim putri teknik. Ternyata tim teknik putri asik, gw kira bakal bikin gw jiper hahaha. Agak nyesel ga ikutan tim teknik dari jaman maba. Anyways, pas gw join tim teknik, gw agak heran kenapa jarang ada latihan rutin. Sepertinya kurang di-manage dengan baik, dan program atlet untuk olimpiade-nya juga masih belum terlalu jalan. Alhasil, tim putri teknik jadi spesialis tanding dengan latihan yang sangat minim. Masa mau tanding cuma latian 2-3 kali -_- Pas turun di Olimpiade UI 2010, latihannya minim banget, alhasil ga lolos penyisihan grup :( Abis itu, tim teknik diundang untuk ikut kompetisi futsal yang diadain FEUI, Economics Premiere Championship. Pertandingan untuk futsal putrinya make sistem gugur, and surprisingly, we end up as the champion!! :) Since then, tim teknik putri jadi makin semangat dan termotivasi untuk lebih banyak ikut kompetisi umum/universitas, di luar kompetisi “wajib” UI. Di antaranya SPARE 2011 yang diadain FKM UI untuk umum, dan Futsalista 2011 yang diadain ITB di Bandung untuk perguruan tinggi se-Jakarta dan Bandung. Yeap, kita se-ambisius itu, hahaha.

340583_2033288195233_414770183_o

Walaupun ga berhasil lolos penyisihan apalagi jadi juara, tapi kita seneng dapet pengalaman banyak, ketemu, liat permainan dan bahkan berhadapan langsung dengan tim-tim super jago kayak AMFC (Adjie Masaid Futsal Club) yang mainnya pro banget dan katanya klub futsal terbaik, sampe tim UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang lima pemainnya itu anggota timnas futsal putri o_O

Masuk semester 7, gw ngerasa bener-bener jenuh sama kuliah di jurusan yang bahkan dulu gw sama sekali ga ada minat masuk sini. I’m in senior year and I don’t feel like a senior at all :& Bener-bener jenuh karena kecebur di jurusan ini, feel like I totally don’t belong here, bener-bener ga punya kapasitas di jurusan ini, dan akhirnya gw jadi sama sekali ga minat mikirin kuliah. Akhirnya, futsal jadi pelampiasan, bahkan rasa-rasanya jadi pelarian. It’s become my favorite escape. Gw jadi seolah memprioritaskan futsal lebih daripada kuliah. Apalagi semester ganjil ini adalah momen euforianya Olimpiade UI. Gw jadi lebih semangat buat bikin tim futsal teknik putri juara di Olim daripada urusan kuliah dan lain-lain padahal disitu banyak proyek-proyek besar yang mesti diselesein. Gyaaah. Terus sekarang futsal Olim udah selesai, futsal lijur juga udah selesai. Gw bingung mesti nyari apalagi buat pelampiasan, huffh :l *eh tuhkan jadi curcol*

Tim teknik berhasil meningkatkan prestasi dari tahun lalu yang ga lolos penyisihan, kali ini berhasil masuk semifinal, walaupun masih belum berhasil dapet medali :( Dan berakhirlah momen utama yang nyatuin tim futsal putri teknik.  Inilah akhir keikutsertaan gw di Olimpiade UI bareng tim teknik. Sedihhh rasanya,  bentar lagi pisah sama tim teknik, sama serunya dunia perfutsalan di kampus.. Ahh, I wonder if I’ll ever play like this again in post-grad life..

Gw tau, most likely gw ga mungkin berkarir di bidang ini. It’s waaay too late for my age and career in sports have an expiration date; short expiration date, mostly it is. And with hijab and this lack of skills? Nah, it’s mostly impossible for me to have this as a career.

But it’s something I like and I’d be glad to do anywhere, anytime in my life..  Is this what they call ‘passion’?

If it is, then.. Mom, Dad. Please don’t make me kill it. It’s the only passion I have left.

460169_3355970579589_1537055342_o

4 thoughts on “Futsal

  1. Maseska alias Meska.

    Sama banget sama artikel di blog gw. hahaha.. dan setelah lama gw gk nulis, tetang bermain futsal bersama kalianlah yang ingin gw tulis di blog untuk pertama kali.. hehhee

    • haha iya mes gw jg sbnrnya udah lama pengen nulis kyk gini tp gajadi mulu, kmrn itu mumpung momennya pas langsung gw tulis deh hahaha. aaaa baru seminggu berlalu gw udah kangen main bareng kaliaaan.. latian lanjut gak nih? masa kelar olim langsung bubar hahaha

  2. Wah jadi kangen liat kalian2 kalo bertanding pas classmeeting pada heboh bgt.

    hehehe masih hidup toh blognya ;)

    • haha iya miss kangen banget deh main di classmeet :D

      masih kok.. ini aja sbenernya ada banyak banget draft tapi gak kepost2.. hahaha

Please do leave a comment :)

