Plant Design Project: It’s A Wrap!

Happy new year, people!

Tahun baru 2012 ini diawali dengan presentasi akhir mata kuliah perancangan pabrik & produk. The horror… Hahahah. Good news is, kelompok gw ternyata giliran pertama, jadi sekarang udah selesai! Heahahahah. Lega meeen, akhirnya! Pengen guling-guling aja rasanya, hahaha.

Pamer banner dikit :p

Btw kok tumben gw ngupdate blog? Well, karena peraturan presentasi akhir ini mewajibkan semua peserta mesti stay di kelas dari awal sampe akhir semua kelompok presentasi, sampe jam 4 sore -_- Jadinya gw berusaha produktif aja lah ngisi-ngisi blog, sekalian cerita tentang proyek perancangan pabrik yang jadi hottest issue angkatan 2008 semester ganjil 2011/2012 ini, haha. Sebelum gw keburu dijitakin kelompok lain yang belum presentasi gara-gara gw asik 9gagging sambil ngemil di depan mereka (bikin iri hahaha *ditimpuk*)

Jadi selama 1 semester ini, anak-anak DTK 2008 paling heboh dan sibuk sama yang namanya Perancangan Pabrik & Produk, atau yang lebih akrab disebut dengan ‘pabrik’ atau ‘produk’ aja. Di mata kuliah ini, seratus limapuluh lebih mahasiswa DTK 08 dibagi dalam kelompok-kelompok beranggotakan 5 orang secara random, dan dikasih topik untuk proyek pabrik/produk. A bit unfair, menurut gw, karena kita ga dapet hak untuk milih kita lebih prefer ke pabrik/produk. Gimana kalo ada mahasiswa yang emang minatnya lebih mengarah ke rancang produk daripada pabrik, tapi dapetnya pabrik, atau sebaliknya. (Seperti gw, contohnya -_-) Anyways, kelompok udah ditentuin, topik udah ditentuin. Mau gamau ya harus jalan. Yowess.

Kelompok gw kelompok 8, di mana gw jadi cewe sendiri di antara kumpulan cowo-cowo; Nandy si jenius jago basket, Guntur si kentang (hahaha peace broh), Ditio yang sibuk sama skripsinya, dan Bram tukang analisis keekonomian, haha. Topik buat kelompok kita adalah “Glycerol to Propylene Glycol Plant Design”.

Jadi, propilen glikol ini bentuknya cairan kental, biasa dipake di industri makanan, farmasi, kimia; buat pelarut, agen pelembut, dan antifreeze gitu. Propilen glikol sebelumnya dibuat dari propilen oksida, turunan minyak bumi. Nah kalo pabrik ini, bahan bakunya dari gliserol, produk samping industri biodiesel yang masih kurang dimanfaatin. Terus juga permintaan propilen glikol meningkat, sebagai pengganti etilen glikol sebagai antifreeze yang  toksisitasnya lebih tinggi. Di Indonesia belum ada pabrik propilen glikol, jadi masih bergantung sama impor. Makanya perlu dibikin pabrik propilen glikol di Indonesia, buat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan hopefully ekspor juga. (Aseek, abstrak versi blog. Haha.)

Assignment demi assignment berlalu dengan laporan-laporan dan presentasi yang penuh revisi dari pembantaian Prof. Dumbledore WWP. Hidup ini keras, bung.

Mulai dari assignment 1 yang paling ribet; nentuin latar belakang dirancangnya pabrik ini; nyari-nyari paten, jurnal dsb buat nentuin proses yang bakal dipake di pabrik ini; nyari-nyari data sampe ke kantor Departemen Perindustrian buat nentuin kapasitas produksi; nyari-nyari lokasi buat pabriknya; dan lain sebagainya yang jadi penentu tahap-tahap seterusnya di perancangan pabrik ini. Mana waktu menjelang presentasi assignment 1, gw masih mesti nyelesein KP.. Alhasil cuma bisa bantu ngedit-ngedit dari Malang, mana koneksi di sana rada jelek, hahaha pelik.

Lanjut ke assignment 2, sizing. Ga kalah ribet juga nih, nentuin spesifikasi alat-alat buat di pabrik.. Udah gitu gw kebagian jatah sizing heat exchanger; yang mana di pabrik gw ada 8 HE.. O_O *DIE* Thank God and the founder of Ms.Excel. Untung ada Excel, jadi bisa bikin program yang bisa dipake berkali-kali. -_- Bolak-balik nanya Habib sang master of sizing, ga ngerti-ngerti, ujung-ujungnya ngikutin abis contoh di buku Coulson & Richardson, hahaha.

Assignment 3, Heat Exchanger Network, buat mengintegrasikan heat exchanger dan menurunkan kebutuhan utilitas. Hasilnya? HE yang tadinya ada 8, jadi 19! *DIE HARDER* Bikin desain pinch method yang bikin mata siwer sampe begadang di kantek abis SED, asoy! *Yes Sheldon, it’s sarcasm.

Lanjut ke assignment 4, (yang keliatannya) most important of all, economic analysis. Ngitung-ngitung harga alat, harga bahan baku & produk, ngitung IRR, NPV, dll.. ekotek (ekonomi teknik) banget deh.. *Teringat semester 5 gw suka tiba-tiba nyanyi ‘ekotek.. e kotek kotek..’ sambil ngerjain makalah ekotek, hahaha random* Setelah diitung-itung dengan sedikit manipulasi penyesuaian, hasilnya pabrik kita untung (terlalu) besar! Hahaha too good to be true. Setelah sesi presentasi eksklusif dengan Prof. WWP, jadilah direvisi dengan hasil yang lebih reasonable.

Assignment 5 sekaligus final report & final presentation, gabungan dari Assignment 1-4 ditambah aspek K3LL dan plant layout. Presentasi akhir masuk di minggu UAS, mulai tanggal 2 Januari 2012, tepat abis tahun baru -_- 1 minggu sebelum UAS, ada minggu tenang, yang mana tumben sekaliii perasaan selama gw kuliah belom pernah dapet tuh yang namanya minggu tenang -_- Jadi pas minggu tenang pada sibuk deh tuh, ngedit laporan akhir, bikin excecutive summary, bikin desain banner buat display presentasi, bikin video plant layout, bikin slide presentasi.. Ngeprint makalah 200 halaman lebih, buang-buang kertas aja padahal kaga dibaca juga sama pengujinya. (Sampe hari H presentasi aja ternyata buku laporannya masih di DTK, belum dikasih ke penguji -__-)

Jadi sampailah pada hari ini, 2 Januari 2012, judgement day pabrik-produk. Haha. Di presentasi akhir ini, ada 3 orang penguji, 1 orang dosen DTK, 2 orang penguji dari luar; profesional gitu, orang perusahaan :O Dan ternyata kelompok gw dapet giliran pertama. Jederr. Waktu presentasi10 menit, tanya jawab 30 menit; which means jatah waktu per orang cuma 2 menit :O Ajegile superngebut meeen. Gw cuma presentasiin 6 slide, itupun isinya gambar-gambar, gw udah jelasin dengan singkat dan superngebut, tapi tetep aja waktunya kurang D: Masih satu orang belum dapet giliran, belum juga masuk HSE & plant layout, bahkan belum juga selesai analisis ekonomi, waktunya udah abis. Alhasil video plant layout yang dibikin setengah mati sama si Guntur ga ditampilin D: *Tabah ya Abang Guntur, videonya bagus kok..

Anyways, pengujinya Pak Rico, senior process engineer dari Technip dan Pak M.Agung, bagian business management dari What’s-The-Company gue lupa (haha maaf Pak), sama Pak Mahmud dosen DTK.. Pertanyaannya teknis semua mameen. Kita kira yang bakal pertama diliat keekonomian (biasaa, ujung-ujungnya duit), tapi ternyata pertanyaannya malah langsung menuju flowsheeting, waste treatment, dsb. Wow.

Alhamdulillah, overall presentasi cukup lancar, mayoritas pertanyaan bisa dijawab. Dan yang paling penting, udah presentasi udah legaaaaa hahaha. Serasa abis ngelepas beban berapa ton gitu *lebay

So.. propylene glycol plant design? It’s a wrap!

Propylene Glycol Plant Group 8

_____________________________________

Hahaha tulisan jelek berantakan banget maklum nulis spontan tanpa revisi sambil nungguin selesai presentasi. Hahaha. Peace. Out.

Advertisements

13 thoughts on “Plant Design Project: It’s A Wrap!

  1. bisa minta tolong bantuan nya, lg butuh data pabrik propilen glikol d indonesia sama produksinya buat nentuin kapasitas pabrik buat skripsi, klo ada tolong kirimin k email q ya, eckogel@yahoo.com makasih banyak sebelumnya

    • maaf mas saya baru baca komentarnya. setahu saya di Indonesia belum ada pabrik yang produksi propilen glikol, sejauh ini Indonesia masih impor propilen glikol. trims.

  2. hi, i am from Malaysia. currently doing plant design on propylene glycol as well, student from Universiti Teknologi Malaysia. What is the yield and selectivity of your propylene glycol?

  3. mba nadhilaaz, mau taya nih, itu prosesnya hidrogenasi kan yah? saya jg lg nggarap ini buat TA, tp macat di kinetika, mba punya saran? sykron.

  4. maaf mba nadhila, prosesnya pake hidrogenasi bukan? sya juga lg ngerjain ini tp macet di kinetikanya, mba ada saran? syukron..

    • waduh maaf ya saya baru balas komentarnya, baru update lagi blognya, maaf banget nih, emang blogger musiman, hehehe..
      iya kami prosesnya pake dua tahap, dehidrasi dan hidrogenasi.. kinetikanya macet di mana? masih perlu bantuan? kalo perlu respon yang lebih cepat silakan e-mail saya di nadhilaaz@yahoo.com aja.. :)

  5. mba mau nanya dunk bt link ke departemen perindustriannya,, q jg lg binggung bt nentuin kapasitasnya,, q lg bkin prarancangan pabrik gliserol ne,,mhon bantuannya ya,, oya klo bt nentuin kapasitas nya it dasar”nya ap aj sih,, ne email q tha.shasie@gmail.com.. mksih sblmnya

  6. hai, slm kenal, saya dr TK unsri, kebetulan topik TA kita sama, ttg propilen glikol, snang rasanya ternyata ada jg yg membuat topik yg sama, mgkin nanti kta bisa sharing, :)

    • Hai, salam kenal juga.. sebetulnya ini bukan dalam rangka TA sih, tapi buat mata kuliah perancangan pabrik..ngerjainnya jg berkelompok jadi ga semuanya saya paham betul. tapi ya kalau ada yang bisa dibantu, sy bersedia sharing sebisa sy. Semoga lancar ya TAnya :)

  7. ada yg bahas poppileen oksida ga ya,, kan bahan bakku propilen glikol adalah propilen oksida,, share dong irwan_ml@yahoo.com

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s