Not Looking Back?

Jadi, semua ini dimulai ketika beberapa waktu yang lalu gue menghubungi teman lama untuk keperluan penelitian. Ada bahan penelitian yang cukup khas jadi agak susah didapetin.. Makanya gue nyari kampus yang kira-kira berhubungan sama bahan itu. Kebetulan kampus-kampus tersebut jaraknya jauh-jauh banget dari Jakarta.. Jadi gue cari yang paling deket, dan yang kira-kira gue ada kenalan.

Terus, gue keingetan, kayaknya temen gue ada deh di kampus ini yang kuliahnya nyerempet-nyerempet bidang itu.. Jadilah, gue buka Facebook.

Yeah, thank God (and Zuckerberg?) there’s Facebook.

Ternyata bener, jurusannya dia agak-agak masih berhubungan sama bidang yang gue cari. Tapi, di profil FBnya ga dicantumin no.kontaknya.. Seinget gue, gue nge-follow Twitter dia, walaupun nyaris ga pernah ngobrol juga disana. Akhirnya gw pun ngehubungin dia lewat Twitter.

Yeah, thank God and the inventors of popular social networking sites.

Tapi yang mau gue bahas di sini sebenernya bukan kelanjutan dari cerita itu.. Jadi, waktu gue buka profil FB temen gue itu untuk nyari no.kontaknya, gue justru nemu link-link ke profil jejaring sosial dia yang lain. Jadinya sempet gue buka-buka juga, hehe. Namanya juga lagi nyari info. Dari situ gue juga sedikit ngeliat, dia sekarang kayak gimana, dll..

Sampai akhirnya gue kepikiran.. Yaampun, udah selama itu ya gue ga kontak-kontakan sama dia.. Emang sih, bukan temen deket, tapi dulu pernah sekelas, pernah somewhat sebangku juga.. Seandainya gue ga lagi butuh nyari itu bahan, apa gue ga bakal ngehubungin dia lagi ya?

Sedih sih, emang.. Terkadang kita mencari seseorang ketika kita butuh aja.. Ga usah sama temen lama yang udah nyaris ga pernah kontak deh, sama temen sekampus pun kayaknya sering kita kumpul sama temen-temen deket aja.. Nyariin temen-temen yang lain tuh kadang kalo lagi butuh sesuatu aja :( Tapi emang sih ga mungkin bener-bener gaul sama semua orang.. Kalo terlalu gaul sama semua orang malah bisa-bisa dikira ada maunya, atau emang bermuka dua -_-

Oke, mulai ngelantur. Jadi sebenernya yang justru bikin gue kepikiran adalah.. Gimana ketika hidup kita berjalan ke depan, secara langsung maupun ga langsung, kita ‘ninggalin’ apa-apa yang ada di ‘belakang’ kita.. Salah satunya ya itu, temen lama.

Untungnya (atau sialnya?) ada yang namanya jejaring sosial. Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, dan lain sebagainya.. Seenggaknya kalo udah join Facebook aja, sekarang internet udah punya akses dan database nama-nama kita. Mau nyari temen lama? Tinggal buka Facebook, ketik namanya. Atau bisa juga buka Google, ketik nama lengkapnya. Ketemu deh. Sekalipun ga punya no.telponnya, tinggal send message, bisa tetep kontak. Gampang banget.

Gue jadi kepikiran seandainya kemaren gue perlu ngontak temen gue itu, tapi ga ada yang namanya Facebook, Twitter dll, gimana ya? Repot amat kali ya..

Terus gue kepikiran lagi.. Jaman dulu orang tua kita gimana ya? Jaman dulu belom ada Facebook, Twitter, dll, bahkan gadget yang namanya handphone pun masih eksklusif.. kayak gimana ya? Gimana cara mereka keep contact sama temen-temen lama? Sama temen kuliah, temen SMA, SMP, dst.. Apa mereka emang nyaris not in touch at all? Apa karena itu mereka justru lantas jadi terus move forward, ga banyak mikir apa yang terjadi di masa lalu? Karena emang masa lalu itu sangat sulit untuk ‘disentuh’ kembali?

Beda dengan jaman kita sekarang..serba canggih. Ya contohnya aja itu, ada FB. Ada profil yang bisa diakses sewaktu-waktu. Jadi seandainya kita pengen tau apa kabarnya orang itu, tinggal buka aja profilnya. Bahkan bisa liat informasi-informasi yang udah lalu. Bisa ‘stalking’ orang. Nyari segala info tentang orang itu. Semuanya gampang, tinggal ketik, klik search/go.

Mungkin karena itu generasi kita jadi generasi ‘galau’. Karena lebih mudah untuk ‘mengakses’ masa lalu. Jadinya gampang ‘terperangkap’ di masa lalu, dan jadi ga maju-maju.

Mungkin saja…

Please do leave a comment :)

