Real World

Halooo ibu-ibu bapak-bapak siapa yang punya anak om tante kakak adek siapapun yang baca blog ini di manapun Anda berada.. Akhirnya saya nongol lagi di sini, hahaha maklum blogger musiman, nulisnya sesuai mood sesuka hati. (Ya iyalah blog gue, suka-suka gue dong :p)

Oh iya, cerita dikit, meskipun awalnya agak suram dan begitu banyak kesulitan dan halangan datang menghadang, akhirnya penelitian skripsi gue selesai juga, sidang skripsi gue meskipun sangat ga sesuai dengan harapan tapi akhirnya lewat juga, dan gue Alhamdulillah lulus! (Sungguh entah penguji atau pembimbing gue terlalu baik.. Makasih banyak Pak, Bu :’) ) BTW saking sibuk dan frustasinya sama penelitian, gue sampe ga jadi nulis jurnal penelitian di blog.. Jurnal penelitian yang tulis tangan bahkan sekedar coret-coret aja kaga beres! Pikiran udah terlalu fokus sama penelitian, kaga kepikiran deh nulis-nulis jurnal.. Emang begini deh deritanya penelitian sendiri, ga ada yang bantu-bantu ngingetin, ga ada ganti-gantian ngerjain ini-itu.. (Maap yah partner, dulu waktu dirimu penelitian duluan gue juga gabisa bantu-bantu -,-)

Anyway, ternyata setelah galau penelitian/skripsi berlalu, kegalauan tidak lantas berakhir begitu saja. Sembari nunggu wisuda, datanglah kegalauan lain. Yah apa lagi kalau bukan galaunya sarjana (yang masih) pengangguran T^T

Hemm kaget juga ternyata ketika kita udah mesti bener-bener masuk ‘dunia nyata’. No more school, no more lectures. Time to compete with so many other people out there. Somewhat shocking, really. Walaupun udah pernah ‘nyicipin’ gimana rasanya kerja di industri (baca: kerja praktek), walaupun jarak dari masa itu cuma kira-kira satu tahun, but when you really step in into that world, it’s… a lot harder.

Gue jadi inget sekitar 2 bulan yang lalu, pas masa-masanya gue dan temen-temen sekampus lagi seneng-senengnya abis melalui sidang skripsi, salah satu temen main gue di kampus, Tia a.k.a Atul alias Mariatul Qibthiyah, tiba-tiba ngasih tau kalo minggu depannya dia mau ngadain akad nikah. We were like, whaaaaat??? Waktu itu kita baru selesai liqo (eh apa pas lagi liqo ya), ngerencanain pengen renang bareng sekelompok liqo itu. Si Ade ngusulin tanggal sekian, eh si Tia ga mau ikut, bilangnya “Yaaah gw ga ikut deh, kan ga bisa berenang.. Lagian besoknya mau *dengan suara pelan* ..nikah” Kita tuh antara agak ga denger, ga nyadar, dan ga tau itu seriusan apa ngga.. Beberapa menit kemudian baru nanya, “Eh seriusan? Beneran? Hah? Minggu depan?” Hahaha. Heboh. Sayangnya waktu itu yang ngumpul liqo cuma berempat, jadi belum menyebar luas infonya.. Hari Seninnya baru diumumin resmi ke temen-temen lain se-‘geng’, ngasih undangan ke temen-temen deket.. Hari Rabu, which is H-3, baru nyebar undangan ke temen-temen kampus.. Pada heboh dan ga percaya, plus langsung pada galau semua seangkatan, hahahaha. Seharian pada ngomongin terus, jadi trending topic banget di DTK 08. Sampe ada yang nongkrong di gazeb DTK sampe malem ngomongin cewe kaya lagi desperate nyari jodoh, sambil stalking FB, ampe tahlilan kenceng-kenceng… Ga ngerti lagi deh -__-

Emang ajaib bener tuh anak. Diem-diem aja taunya H-7 nyebar undangan. Weww… Udah gitu sambil ngerjain penelitian+skripsi sambil nyiapin nikahan, sumpah strong abisss… Ketika yang lain masih pada galau penelitian, juga yang belum tau abis lulus mau ke mana, dia udah punya agenda. Di saat yang lain lagi pada rebek ngurus jurnal, poster, dan tetek bengek administrasi buat yudisium,  she was getting married. Wow. Temen sekampus gue. Temen main gue. Temen satu liqo gue. Temen seperjuangan gue. Married. Wow.

Then it hit me. Wow, temen gue udah bikin sebuah keputusan besar, mengambil sebuah langkah besar dalam hidupnya. She got married so soon. Sedangkan gue? What am I gonna do? Gue udah sidang, udah lulus.. What next?

Honestly, I’m not so sure how I’m going to step in to the real world. But then again, who is?

I’m not a big planner, honestly I’m not much of a visionary. This idea of getting a job, getting married, and so on, still kinda freak me out sometimes. I don’t know if I really am ready to step into this ‘real world’, but I have to be. The world isn’t going to wait.

Anyways, just keep moving on and keep trying, right?

So.. Hello, cold real world!

Please do leave a comment :)

