Outdated Education?

Nemu postingan ini teronggok di draft, rasanya sayang kalo ga di post.. Kalo ga salah ini ditulis sekitar akhir tahun lalu, waktu masih jaman-jamannya megang textbook kuliah, ehehe. (Semester akhir udah gak megang-megang textbook sih, kerjaannya download-download jurnal.. :p)

Just thinking out loud..

Kadang gw mikir, ada beberapa (atau malah banyak?) dosen yang ngajar pake referensi atau textbook yang jadul banget. Ada buku tahun 1950-an dan ga ada edisi yang lebih baru, masih dipake buat referensi utama kuliah. Bahkan kayaknya malah satu-satunya referensi kuliah -__- Apa ga ada ya buku referensi yang lebih baru? Apa emang ga ada perkembangan ya dari teori-teori di buku itu?

Bukannya apa-apa, ya secara bukunya terbit tahun 1950-an dan ga ada edisi yang lebih baru, kan berarti itu buku udah jadul banget, langka, susah didapet. Walaupun ada fotokopian juga, fotokopiannya pun entah udah berapa kali turun temurun tuh? Berkali-kali difotokopi -__- Bahkan seringkali e-booknya juga hasil scannya ga bagus, burem, miring, dsb. Yah intinya bikin ga cuma susah dibaca tapi juga bikin susah memunculkan minat buat ngebacanya hahahaha.

Nah belum lagi kalo dosennya jelasinnya bener-bener plek-plekan abis kayak itu buku, bahkan langsung nyomot scan-an/printscreen dari buku itu terus dimasukin slide presentasi, padahal tulisan rumus-rumusnya ajegilee ga keliatan saking kecil dan buremnya. Udah gitu pas presentasi pake nanya, “Keliatan ga tulisannya? Ga keliatan ya? Hmm tapi kalo digedein jadi pecah ya..” Terus akhirnya dibiarin aja dan dia lanjut ngejelasin padahal rumus yang dijelasinnya aja gabisa kebaca -__- Kenapa persamaannya ga ditulis ulang aja sih Pak.. -__-

Anyway, gw kan jadi kepikiran aja gitu. Kenapa ya buku-buku yang segitu jadul masih dipake buat referensi satu-satunya? Apa itu berarti pendidikan kita terbelakang ya? Ketinggalan jaman gitu? Apa emang buku-buku itu masih dipake secara global ya?

Tapi kalopun ada, disuruh beli buku baru ga mampu juga.. Hahahaha. #serbasalah

Gambar dari sini
Advertisements

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s