The Artistic Side of Me [Portfolio]

Postingan kedua bulan ini! Yeay! (Biasanya sebulan sekali pun udah paling rajin.) Yah, berusaha tetap produktif selama status masih jobseeker.. (Gak rela banget disebut pengangguran) Hahahaha..

Sebelum lanjut ke bawah, gue pengen intermezo dikit (belom juga mulai udah ada intermezo). Bagi yang ada waktu boleh lah iseng-iseng mampir ke:

http://nadhilaaz.daportfolio.com

Bagi yang ga ngerti itu maksudnya apaan, silakan lanjut dulu baca ke bawah.. Kalo udah ngerti duluan ya bagus lah Alhamdulillah. (Lantaaaas??)

Hem oke yak lanjut.

Di saat-saat kayak gini, para fresh graduate (termasuk gue) biasanya lagi pada galau nih mantengin situs-situs macem JobStreet, JobsDB, Career Center, dll dan sibuk lempar CV kesana kemari. Agak galau juga mikir nilai lebih apa ya dalam CV alias riwayat hidup yang bisa dijual demi mengubah status jadi ‘gawe’.

Gue nulis gini sebenernya berawal dari galau juga sih, hehehe. Semenjak urusan skripsi dan printilannya kelar, langsung lah kepikiran, “Ok, what next?” Gue sih karena ga kepikiran mau kuliah di tekim lagi dan belum tau mau lanjut belajar jurusan apa, lebih prefer kerja dulu buat nyari pengalaman, buka wawasan, nyari tau dunia sekarang lagi butuhnya apaan? Dan alasan yang klise tapi nyata ya apalagi kalo bukan: nyari duit.  (Haha jujur aja bener kan?)

Nah di saat lagi galau gak ada kerjaan gitu tiba-tiba ada temen yang ngehubungin gue, minta tolong desainin sesuatu. Gue sih mau-mau aja, lumayan lah buat ngisi waktu. Terus gue jadi kepikiran juga, hal-hal kayak gini jadi nilai tambah gak ya di CV gue? (Tapi bingung juga, dimasukin ke CV bagian mana ya? Hahaha)

Yah, selama ini, gue kurang lebih emang punya hobi di bidang seni, baik seni musik ataupun seni rupa. Entah ada bakat atau nggak, tapi ya gue cukup punya minat lah. Dalam seni musik gue hobi main gitar, walaupun gak jago-jago amat secara cuma pernah les setaunan lebih dikit terus selebihnya belajar gonjrang genjreng sendiri, seenggaknya gue bisa main gitar buat self-entertaining lah ya. Hehehe.

Dalam bidang seni rupa, sebenernya gue mungkin lebih cenderung ke gambar komik. Mungkin karena hobi gue ini emang dimulai dari senengnya gue baca komik, dulu pas jaman SD tuh yang paling populer (atau yang paling sering gue baca sih sebenernya, hehe) itu komik Detektif Conan. Awalnya sih ya gambar-gambar aja niruin yang ada di komik, lama-lama mulai bikin karakter sendiri dan mulai punya gaya gambar sendiri walau sedikit banyak masih kepengaruh gaya gambarnya Aoyama Gosho. Sampe akhirnya nyoba-nyoba nyontoh karakter dari komik lain atau media lainnya dan digambar dengan gaya sendiri.

Jaman-jamannya ngefans berat sama Simple Plan :p (Pencil on paper)

Hobi gambar gue terus berlanjut karena selama sekolah gue ketemu orang-orang yang punya hobi sama dengan skill yang lebih di atas gue, haha jadinya terus terpacu buat nyaingin mereka. Nah di akhir-akhir SMP sampe SMA gue mulai kenal dan belajar yang namanya Adobe Photoshop dan CorelDRAW. Mulailah gue merambah ke dunia seni digital. Mulai dari belajar ngewarnain sketsa item-putih hasil scan-an sampe bikin logo sama desain jaket dan kaos. Beberapa desain di antaranya termasuk desain logo dan kaos kelas: NASI KEPAL (Anak Asuhan Pak Alisyah Kelas IPA 5) dan Bambu Runcing (), tugas seni rupa gambar sablon, sampe desain yang menang lomba desain jaket SMAN 28 Jakarta.

Tugas Seni Rupa Gambar Sablon. (CorelDRAW)

Desain gajah ini ga jadi disablon gara-gara kalah voting beda 1 suara sama sobat sebangku gue sendiri, Matahari Indonesia huhuhu :'<

Juara 1 lomba desain jaket SMAN 28 Jakarta. Sempet jadi jaket resmi SMAN 28 Jakarta walau cuma 1 tahun ajaran. (CorelDRAW)

Walaupun jaket desain sendiri tapi sayang barangnya ga punya.. :(

“Broken Promise” (Pencil on paper, scanned and digitally colored using Adobe Photoshop)

BTW, w0und3d.deviantart.com itu account DeviantArt gue dulu, namanya agak alay, maklum abege, wkwkwk :p

Pas kuliah, gue masuk jurusan yang sama sekali ga ada hubungannya sama seni gambar menggambar. Ada juga Menggambar Teknik; gambar sih, tapi ga ada nyeni-nyeninya (yaiyalah). Eniwei, karena sebenernya awalnya gue ga ada niat masuk jurusan ini, jadi gue mesti berusaha ekstra buat ngejar materi kuliah, dan waktu serta inspirasi buat gambar menggambar semakin berkurang. Di tahun-tahun awal gue masih lumayan banyak gambar-gambar, coret-coret sana sini dan sempet warna-warnain di komputer. Malah waktu itu sempet beli pen tablet segala, hadiah dari bokap karena prestasi apaa gitu. Hehehe. Walaupun gue belum bisa digital painting, tapi lumayan sih bikin digital coloring lebih asik. (Walaupun skillnya juga pas-pasan, masih cemen huehuehue.)

Pas baru keracunan dorama Nodame Cantabile :p (Pencil on paper sketch, digital coloring on Photoshop)

Gue juga sempet nyoba-nyoba software buat ngedit video, Ulead VideoStudio. Gue lupa kapan pertama kali ngedit video pake software ini, tapi video pertama yang sukses gue bikin adalah video introduction tentang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, buat acara SPE Education Days 2010. Sebenernya sih gue cuma ngambil video-video dari youtube, terus gue satuin dan terjemahin dan gue kasih subtitle bahasa Indonesia.. Tapi ternyata ngedit video gitu doang perlu usaha keras yah. Mesti ngulang-ngulang video yang sama sampe mabok.. :&

Ini salah satu video aslinya:

Makin mendekati semester akhir, gue udah lumayan kehilangan waktu dan agak kehilangan minat buat gambar-gambar lagi. Ada sih coretan-coretan ga jelas di buku tulis dan lainnya, tapi beneran acakadut, mungkin ntar lain kali gue scan, hahaha (ga penting). Gue malah cenderung lebih banyak bikin desain kaos, jaket, dan merchandise jurusan/kegiatan sejenisnya. Selama di kampus, lumayan banyak sih desain-desain gue yang berhasil direalisasikan, di antaranya: jaket angkatan tekim 2008, jaket FUSI FTUI 2010, jaket BEM FTUI 2010, jaket SPE SC UI 2011, kaos PPAM 2011, jaket IATMI SM UI 2012.. dll.

Jaket FUSI FTUI 2010. (CorelDRAW)

Jaket teknik yang ga menang sayembara. (CorelDRAW)

Alternate Design Jaket IMTK yang ga jadi kepake.. (Adobe Photoshop)

Yang ini hasilnya keren tapi sayang gue ga mesen karena bukan member IATMI.. T^T

Gue sempet juga bikin beberapa desain merchandise DTK UI, tadinya buat danus ekskursi, tapi sayangnya belum berhasil direalisasikan :(

Mug DTK. (CorelDRAW)

Pas awal-awal semester akhir, gw malah sempet diminta tolong temen gue mantan peserta Abang None Jakarta Timur, buat bikin video teaser Abnon Jakarta Timur 2012, hahaha. Ini videonya:

Kalo dipikir-pikir, ini posting lama-lama jadi kayak iklan, hahaha. (Walaupun sebagian emang maksudnya begitu sih :p) Yahh.. itulah sejarah singkat gue sebagai “seniman” (jadi-jadian). Kalo di kalangan seniman beneran mungkin disebutnya portfolio yah hahaha. Silakan kalo ada yang mau order desain, edit video atau apa.. Harga nego. (Jadi ngiklan beneran, hehehe :p)

Untuk gambar/desain/karya gue lainnya bisa diliat di dA portfolio gw:

http://nadhilaaz.daportfolio.com

Hemm udah dulu deh besok eh ntar gue mau tes rekrutmen buat perusahaan yang ga ada hubungannya dengan desain maupun tekim, hahahaha. (Kenapa selalu gak nyambung ya, entahlah, mungkin kehendak Illahi. *Tetep aja gak nyambung*) Kalo mau liat karya gue yang lain klik aja link di atas ya, oke deh babay wish me luck~!

One thought on “The Artistic Side of Me [Portfolio]

  1. design yang tangan itu aku pakek boleh gak

Please do leave a comment :)

