Ohh Foke You!

Gue nulis ini bukan berarti gue pendukung salah satu calon ya, ntar bakal nyoblos ato ngga aja belom ada niat. Hahaha. Cuma heran aja makin deket hari pemilihan kok si Foke dan pasangannya makin aneh-aneh aja ya tingkahnya, bikin imej dia makin jelek sendiri aja gitu.

Beberapa di antaranya yang gue denger tentang ngancem-ngancem masuk neraka lah, orang Betawi mesti milih Betawi kalo ngga ntar diusir lah, dll.. Nah yang tadi baru diobrolin sama nyokap dan tante gue nih.. Yang tentang dia bikin kebijakan sekolah gratis, wajib belajar 12 tahun gitu. Kalo ga salah itu harusnya program buat 2013, tapi dia maksa bener dijalanin sekarang, biar kepilih lagi kali. Nah udah diluncurkan gitu, tapi ternyata sekolah-sekolah yang digratisin itu malah ga dikasih duit buat operasionalnya.. Alhasil sekolah mesti banyak nge-cut program ini-itu biar tetep jalan.

Gue sempet denger nyokap gue cerita, adek gue yang di SMK curhat katanya kegiatan ekskul bakal diberhentiin, karena ga ada dana dari sekolah apa gimana gitu. Tante gue yang juga kerja jadi guru di salah satu SMA negeri terbeken bertaraf internasional, juga cerita, kalo pas lagi rapat tuh suka miris, banyak banget program di-cut karena ga ada dana, jadinya kegiatan-kegiatan kayak pesantren kilat, training motivasi macem ESQ, dll ga bakal diadain lagi di sekolah..

Lah kalo kayak gitu, anak sekolah pada mau jadi apa? Di sekolah kegiatannya belajaaaaar aja mulu, ngapalin rumus ampe mabok, ngapalin sejarah ampe teler, ga ada kegiatan ekstrakurikuler, ga ada pendidikan/pelatihan emosi dan spiritual, tambah ngaco aja generasi muda nanti.. Cuma jadi orang-orang pinter yang bisa sekolah tinggi tapi ga punya hati. Malah berpotensi besar bikin calon-calon bakal korupsi.. Walah! Anak-anak jaman sekarang aja udah parah-parah kelakuannya.. Gimana kalo ntar sekolahnya pada ga punya program buat ngelatih mental, emosi dan rohani mereka? Kacau!

Ga ngerti lagi deh gue..

Advertisements

6 thoughts on “Ohh Foke You!

  1. ah iya tuh!! program sma gratisnya masih ga jelas…kasian guru2 honorer dan tu yg bkan pegawai negri, gaji lbh rendah drpd tukang bersih2 mall.

    • begitu ya miss? kata tante sy malah yg honorer jd ga dapet gaji gitu.. (eh sy salah denger kali ya -_-a) padahal waktu itu sy sempet ditawarin jd guru honorer di SMK di depok.. jadi antara senang dan sedih krn ga sy ambil

  2. tenang Mbak, tenang,
    tarik napaaaaas,
    buang secara perlahan,
    tarik lagiiiiiii
    buang lewat mulut secara perlahan……

  3. pernah diskusi dengan seorang yang mengatakan bahwa pendidikan formal saat ini di manapun di dunia akan membutakan mata hati. kalo dihubungkan dgn tulisan lo, nadh gw lihat persoalannya pendidikan saat ini hanya menekankan aspek kecerdasan intelegensia dan kurang mengembangkan kecerdasan lain (emosional, kreativitas, interpersonal, dsb.) jadi dana banyak dialihkan ke sana.
    dari buku yg lg lo baca juga bilang gtu kan, pendidikan formal hanya memenuhi 1/3 dari total kebutuhan; 2/3 lainnya mesti kita cari sndiri. sistem pendidikan seolah mengesampingkan aspek kcerdasan lain tsb. pelajar kan juga punya potensi masing2 tuh, ada yg jago math, olahraga, seni ya wlwpn ada juga yg multitalented macem lo hhihi, sdgkan yg gw lihat di Indonsia skrg lebih mengapresiasi siswa yg jago di bidang sains. soal peran guru, smpt dengar bbrp kisah bhwa akibat tdk terpenuhinya kesejahteraan si guru maka goal mereka mengajar bukan lagi agar siswa mengerti tp hanya skedar yg ptg sudah disampaikan. kalo soal honorer, ini miris, di Kalimantan ada guru honorer yg gajinya 1/5 dari gaji guru PNS.
    PR besar utk sistem pendidikan nasional kita.

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s