WordPress VS Blogspot

Ini adalah postingan gue ke-1oo! Yeay! Setelah 7 tahunan ngeblog, baru nyampe 100 post, hahaha -__- Sebenernya sih tulisan gue banyak, tapi kebanyakan cuma numpuk di draft, entah karena masih kurang ‘mateng’ buat dipost, atau emang karena belom selesai, cuma secuil ide yang terlintas di kepala gitu, hahaha.

Eniwei, bertepatan dengan posting ke-100 ini, gue pengen sedikit ngebahas (dan sedikit ngebandingin juga kali ya) kenapa gue ngeblog pake WordPress, bukan salah satu software blogging yang paling beken lainnya; Blogspot/Blogger. Multiply ga gue bahas disini karena menurut gue itu lebih kayak blog Friendster, fitur dan desainnya terbatas banget, cuma bagian dari social network macem notes FB atau itulah, blog FS.

Pertama, mungkin karena gue cukup familiar dengan interfacenya, karena dulu gue awal-awal ngeblog itu lewat blog Friendster. Waktu orang-orang mulai ninggalin Friendster, blog gue pun gue migrasi, beberapa konten yang gue rasa pantes dipertahankan gue pindahin ke WordPress ini. Liat aja tuh masih ada posting-postingan labil jaman dulu, hahaha.

Kedua, menurut gue emang interface WP ini lebih simple dan gampang dipake dibanding Blogspot. Bahkan sebagai visitor pun gue lebih seneng ngunjungin blog-blog dengan host WordPress dibanding Blogspot. Kenapa? Bagi gue terutama yang paling signifikan sih fitur commentingnya. Fitur komen di BS lebih ribet, mesti sign in dulu pake salah satu account tertentu, baru bisa komen. Terus kayaknya by default kalo mau komen tuh otomatis dia masuk window sendiri, ga satu halaman sama postingnya, jadi kurang praktis kalo mau komen sambil liat-liat isi postingnya. Di WP juga bisa dan gampang bikin macem-macem page, kalo di BS gue jarang banget sih liat yang make page gitu.

Tapi WordPress ada kekurangannya juga sih dibanding Blogspot. Dari sisi desain dan widget, mungkin lebih ga fleksibel dibanding Blogspot. Ada theme macem-macem sih, tapi kalo mau diutak-atik sendiri kebanyakan terlalu terbatas. Beda dengan blog-blog di Blogspot yang gue liat desainnya cukup variatif. Tapi sekali lagi kekurangan WordPress itu cukup reasonable dan tertutupi with its simplicity.

Itu dulu kali ya, kalo kepikiran kelebihan atau kekurangannya lagi ntar gue tambahin lagi.

Anyway, terlepas kekurangan dan kelebihan yang gue sebut, gue ga menyimpulkan mendingan atau bagusan yang mana buat dipake ngeblog, pilihan kembali pada kenyamanan user masing-masing, menurut saya sih begitu, menurut Anda? Silakan komen kalau punya pendapat lain, and happy blogging!

Gambar dari sini dan sini.
Advertisements

6 thoughts on “WordPress VS Blogspot

  1. wah tulisan keseratus ya??
    selamat ya Mbak….

    wah kl masalah diatas, saya ikut aja dhe, maklum orang baru….

    • hahaha saya juga walaupun udah lumayan lama tapi ga jago2 amat kok. lagian ini juga ujung2nya masalah selera :D

      • wah, ngomongin selera , memang rasa gak bisa bohong…

        • Hah.., selera..??? maaf.., ikut nimbrung..ah.. :mrgreen:

          Kembali pada masalah selera mungkin seperti apa yang dikatakan mas cumakata.

          *Sementara untuk soal dua blog diatas, semua tergantung kebutuhan. Kalau maunya sekedar update tanpa diganduli dengan niat-niat lain mungkin WP.com masih lebih efektif. tapi bila ingin melangkah lebih jauh lagi, silahkan masuk ke WP.org (berbayar).demi kemudahan langkah kedepanya “PANDI” (pengelola domain indonesia) siap melayani kebutuhan ini.
          *Secara fitur WP memang unggul dari yang lain, baik plugin ataupun appsnya. Yang paling ringan, misalnya saja tag kontens yang sederhana itupun mampu menembus puncak.

          **Namun bila sekedar untuk belajar, bedah blog. Mungkin blogspot masih merajai. Tapi sayang, setelah beberapa pekan merubah aturanya, tiba-tiba eror sampai saat ini, sehingga penggunanyapun dibikin galau..hehehe.. :D

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s