Being Single Is A Commitment

Judulnya terkesan galau ya? Hahaha. Ngga juga sih. (Berarti partly iya dong?) :p

Honestly, kadang gue boleh dibilang sedikit ‘iri’ sama temen-temen gue yang udah punya ‘someone’. Entah itu yang sah (baca: married) atau yang nggak sah (baca: pacaran) sekalipun. Kayaknya enak yaa, ada yang merhatiin. Kayaknya enak yaa, ada temen berbagi. Kayaknya enak yaa, ada yang jagain. (Eh tuh kan jadi terkesan beneran galau, hahaha)

Tapi bro, relationship kan ga segampang itu.

Yes, of course. Makanya gue sering gerah dan ga suka liat orang-orang pacaran, apalagi temen yang gue kenal deket. Somehow gue otomatis akan sedikit jaga jarak. Yaa itulah, gerah gitu lho. Ilfeel. Menurut gue, orang-orang yang pacaran itu orang-orang yang ga berani bertanggung jawab, cuma mau enaknya doang dalam suatu hubungan. Ya iya dong, dalam pacaran kan ga ada sesuatu yang mengikat. Ga suka, ga enak, ga cocok, berantem, bisa putus. Ga ada tanggungan apa-apa. Abis putus paling mewek-mewek dikit, terus beberapa bulan kemudian udah pacaran lagi sama yang lain. No reponsibility whatsoever.

Udah gitu yang paling bikin gerah dari orang pacaran itu adalah: PDA alias Public Display Affection. Entah itu rangkul-rangkulan di depan umum, pegang-pegangan tangan, atau bahkan ‘sekedar’ majang foto ‘mesra’ berdua di profile picture dan sejenisnya. Please deh, hubungan gak sah aja ngapain pamer-pamer sih?

Oke, gue pribadi emang single. Atau yang orang sebut dengan jomblo. Whatever. Gue emang belom mau nikah, belom berani berkomitmen dan mengambil tanggung jawab besar itu. Tapi dengan gue menjaga status single, gue juga udah mengambil komitmen pada diri sendiri, untuk menahan diri untuk ga pacaran, di saat orang-orang di sekitar gue melakukannya. Itu juga bentuk tanggung jawab bro.

Makanya gue juga kadang suka kesel sama akun-akun nyeleneh (di Twitter) yang suka ngetwit kompor macem: “Malem Minggu gini kok sibuk twitteran? Jomblo ya?” So what?? Emang wajib punya pacar? Emang kalo ga punya pacar berarti gak gaul? Emang kalo ga punya pacar berarti dosa? (Ada juga kebalikannya kale..) Yang kayak gini nih bikin mindset ga bener, bikin pergaulan anak muda makin ga beres..

Ga, di sini gue ga mau ngebahas soal pacaran itu haram, dilarang agama, dll.. Walaupun it’s true tapi gue ga mau bahas panjang lebar tentang itu. Ini sesuatu yang lebih simpel dan cukup lo pikir secara logic. Buat apa sih pacaran? Biar kenal pasangan sebelum nikah? Kalo emang itu tujuannya, ngapain mesti lama-lama pacaran? Just get to know what you need to know and get on with it! Ngapain dilama-lamain? Ujung-ujungnya malah udah pacaran bertahun-tahun eh malah ga jadi nikah. Buang-buang umur.

Belom siap nikah? Ya tahan diri dong. Ya siap-siap dong. Siapin diri dengan skill-skill yang bakal dibutuhin pas nikah kek. Investasi kek. Nabung kek. Apa kek. Ngapain malah buang-buang waktu buat pacaran yang ga jelas statusnya ga jelas juntrungannya? Kalo yang katanya pacaran dengan tujuan nikah, coba deh yang udah pacaran sekian bulan, sekian tahun, ajakin pasangannya nikah. Jangan-jangan pas ngomongin soal nikah malah putus? *GUBRAK*

Kalo punya nyali, nikah dong! Jangan cuma mau enaknya aja, tapi giliran mesti bertanggung jawab ogah.

Sori nih kalo tulisan gue terkesan terlalu keras, terlalu nyelekit, terlalu to the point atau apa. Tapi gue cuma berusaha menyampaikan apa yang gue yakini benar. Cause if nobody would say this then I will. And I think you need to know this and think about it.

Cinta itu bukan cuma rasa saling suka, saling sayang. Cinta itu perlu pengorbanan. Cinta itu perlu tanggung jawab. Tanggung jawab yang ga ada dan ga mungkin lo temui dalam hubungan nggak sah macem pacaran. Apalagi hubungan tanpa status.

Life is short, bro. Quit playing around.

2 thoughts on “Being Single Is A Commitment

  1. hahahaha tulisan yg oke nih!!
    Soal single sy expertnya ;)

    Memang kdg prasaan iri itu ada tp lbh sering muncul prasaan untg blum terikat. hehe aneh ya mgkn…sy ga pgn pacaran skdr senang2 tp jg msh ragu2 kl mikiran cari pasangan buat nikah…pdhl umur dah sgini ;p

    • Thank you, hehee :D
      Hahaha kok expert soal single sih? Maksudnya apaan nih? Hahahaha

      Nah ayo miss nikah dong, ntar keburu kesusul ama saya lho.. #eh
      *kayak yang udah ada calon aja, hahahahaha

Please do leave a comment :)

