UI Career & Scholarship Expo XIV 2012

Gue pengen share aja, jadi dari hari Kamis sampe Sabtu, tanggal 20-22 September 2012 lalu, ada acara job fair/job expo  di Balairung UI, kerjasama CDC UI dan Jobstreet.com. Gue dengan profesi baru gue sebagai jobseeker/jobhunter (bahasa keren dari pengangguran) tentunya dateng dong dengan semangat ’45 :D Ini adalah kali pertama buat gue dateng ke jobfair, setelah sebelumnya batal ke jobfair di Istora Senayan dan di Gd. SMESCO.

Nah berhubung hari pertama jobfair ini adalah tanggal 20 September yang bertepatan dengan pilkada DKI putaran kedua, sebelum berangkat gue mampir dulu nyoblos, menunaikan hak sebagai warga RT yang baik. Hahaha. Padahal gue nyoblos dua-duanya, karena ga pengen nyoblos salah satu kayaknya ga ada yang bener, yaudah abstain aja. Itu kan juga pilihan. Hohoho >:)

Janjian sama ‘Geng Nada Do’ buat barengan dateng ke jobfair, gue bilang mau dateng pagi jam 8-9an tapi nyoblos dulu, ehh malah gue yang paling dulu nyampe, padahal gue doang yang nyoblos mereka kagak -__- Yaudah gue langsung aja beli tiket dan ngantri masuk, gile masih pagi itungannya dan belum juga dibuka, yang ngantri udah panjang bener sampe parkiran.

Agak kecewa nih gue sama panitia, masa gue udah daftar dari jauh-jauh hari di websitenya, katanya bakal dikirim SMS konfirmasi terus tunjukin SMSnya waktu beli tiket biar dapet potongan harga tiket masuk. Eh, sampe hari H ga dikirim-kirim juga SMSnya. Jadi tetep bayar 30 rebu deh. Percuma dong ‘capek-capek’ daftar dulu. Huh. Kecewa!

Modem USB gratis dari #DanYouth2012Quiz (y)

Sampe di dalem, karena belom ada temen hunting, yaudah gue liat-liat dulu aja ada perusahaan apa aja. Meskipun udah liat listnya di iklan/banner dll, tapi kalo ga liat standnya berasa asing juga sih nama perusahaannya, hahaha. Gue mampir dulu ke booth Danone, secara gue sehari sebelumnya menang quiz via Twitter gitu, jadi dapet hadiah, jadi gue mau mampir ke boothnya nagih hadiah, huehehehe. Mau tau hadiahnya? USB modem, bro! Lumayan banget, secara gue belum punya :D

Booth Danone. Segini banyak yang ngantri padahal daftar online.

Nah beberapa menit kemudian, temen gue si Nindya dan Chiya dateng, langsung lah kita hunting bersama. (Hunting sendirian di tempat rame kayak gini ga enak banget cuy, kayak anak ilang rasanya hehehe) Kita langsung ngiter-ngiter ngambil brosur sana-sini, sambil nanya-nanya posisi yang available dan cocok buat kita lulusan Teknik Kimia. Gue sih terutama nyari yang buka Management Trainee bidang Production/Manufacturing. Hehe ternyata enak juga kalo udah tau apa yang dipengenin, jadi ga bingung lagi pas udah dateng kesini langsung tau booth-booth mana yang mesti disamperin.

Kita sempet nyamperin booth Nestle, tumben banget nih perusahaan gede tapi boothnya kecil dan mojok. Ternyata kayaknya emang lagi ga buka rekrutmen besar-besaran, dia juga belum buka rekrutmen MT lagi. Bahkan di brosurnya ga ada opening buat bagian Production. Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama salah satu representative nya, dia bilang ada sih buka bagian semacam Supply Chain gitu (gue lupa tepatnya nama divisinya), emang ga semua opening dicantumin di brosur, tapi boleh apply lewat dropbox CV di boothnya. Oke cuss deh Bismillah masukin CV atu. Sapa tau tembus :D

Booth Nestle nan mungil.

Terus kita lewat booth Astra yang rame dan kayaknya booth paling gede di antara perusahaan-perusahaan lainnya. Dan juga paling canggih dan gaya dibanding perusahaan lainnya. Gimana nggak, orang daftarnya aja pake iPad! Haha super gaul. Puluhan iPad berjejer dengan indahnya di booth Astra International. Peminatnya juga berjejer ngantri dengan indahnya, hahaha. Pas kita lewat sebenernya ga ada niatan apply, tapi terus tiba-tiba malah disamperin sama mbak-mbak dari Astra Finance, nawarin ikut daftar Astra, dia bilang ada macem-macem lowongan dari Astra Group, ga cuma otomotif tapi finance blablabla juga buka. (Padahal kita mah anak tekim, bukan anak finance juga mbak, hehe..) Terus liat ada lowongan MT, tapi syaratnya ‘Male’ blablabla.. Ada juga design-design apaa gitu, syaratnya lulusan arsitektur, tapi syarat lainnya itu bisa AutoCAD, CorelDRAW dll.. Si Nin bilang, “Ah cuma AutoCAD, CorelDRAW, lo juga bisa kan, daftar aja Nad!” Eh ga taunya syarat lainnya juga ‘Male’, duh di Astra ini rupanya masih dikuasai kaum lelaki, hehehe.. Terus ketemu Dirga, katanya dia abis daftar, ternyata ada juga lowongan di SHE (Safety, Health, Environment). Yaudah kita juga coba deh daftar. Ternyata setelah diliat lowongan-lowongan lainnya juga yang tulisannya jelas-jelas background Chemical Engineering itu doang -__-

Booth Astra International, perusahaan paling gaul di job expo UI. B)

Abis dari booth Astra, si Nin liat “Eh itu apaan ada yang megang-megang kipas lucu!” Ternyata ada yang bawa kipas merah gambar Hamburglar, pastilah dari boothnya McD -__- Eh si Nin jadinya ngajakin liat-liat kesana, siapa tau dapet kipasnya -__- Ternyata kalo ngedrop CV disana, dikasi kipas gratis.. Ternyata McD buka program MT.. Gue ga inget bagaimana tepatnya kejadiannya, yang berujung gue ikut-ikutan si Nin dan Chiya masukin CV ke program MT McD -__- Mana si Nin sempet minta kipasnya dua biji pula, “Buat ponakan saya Mas!” katanya. Abis itu liat orang bawa yang warnanya lain lagi, pengen juga. “Ah harusnya gue ambil tiga sekalian, beda-beda warna.” Yaelah ngedrop CV tujuannya bukan buat ngelamar kerja tapi buat dapetin kipas, koplak banget, hahahaha.

McDonalds. Kalo bagi-bagi burger mungkin boothnya bakal lebih rame.

Abis itu gue ngajakin mereka ke boothnya PT. Paragon Technology and Innovation. Pada ga ngeh itu perusahaan apaan, setelah gue kasih tau kalo itu perusahaan produsen kosmetik Wardah, baru deh pada semangat. Hahaha. Emang sih nama perusahaannya mungkin kurang familiar, tapi kalo Wardah sih semua tau ya. Dulu perusahaan ini pernah ngasih kuliah tamu pas kelas kapita selekta semester ganjil 2011/2012 nih, makanya gue tau. Nah kita sempet nanya-nanya available position di sana. Sayangnya ga ada program MT, tapi ada yang sejenis itu sih, namanya GIP (Graduate Intake Program), tapi itu diarahin untuk sales, jadi gue kurang berminat. Ternyata bagian production ada lowongan, jadi cus deh gw ikutan apply juga. Tinggal isi form, tempel foto, dan submit. Asiknya, ternyata kalo submit form disitu dikasih gratis produk Wardah! Hahaha lumayaan~

Paragon Technology & Innovation (Wardah Cosmetics). Lamar kerjaannya, dapatkan produknya. Hahaha

Abis itu kita mulai pada misah, soalnya pada mau daftar ExxonMobil dan Pertamina dsb, gue ga minat :D Jadinya gue keluyuran sendiri deh daftar di booth Henkel Indonesia, sama Sinarmas Pulp & Paper. Di Henkel coba daftar MT karena mereka buka MT production. Di Sinarmas sayangnya MT production cuma buat cowo :( Ah hari gini masih sexist aja deh -__- Oh iya gue juga sempet mampir boothnya CCAI (Coca Cola Amatil Indonesia), karena daftarnya online, gue ngambil brosur aja deh. Mereka pasang kulkas isinya minuman-minuman gitu, tapi kayaknya buat display doang, ga dibagi-bagi atau apa. (Ngarep. Hehehe.) Gue pengen nanya macem-macem tentang Graduate Trainee Program sama personnelnya, tapi sekali gue tanya, dia jelasin sih, cuma tampangnya agak jutek, jadi gue males nanya-nanya lebih lanjut. Takut ditelen. (Loh?) Hahaha.

Coca Cola Amatil Indonesia. Kalo bagi-bagi cold drinks dijamin rame dah boothnya. #ngarep

Ada juga perusahaan FMCG kayak Frisian Flag dan Garudafood, tapi antrinya panjang benerrr. Udah gitu pas gue pengen tanya-tanya tentang program Corporate MT nya, pusing juga nyari personnel Frisian Flagnya kok di tengah booth semua, dan boothnya itu dikelilingi penuh sama orang yang antri mau apply. Eh ternyata applynya via Jobstreet. Elah, ngapain ngantri panjang-panjang. Begitu juga dengan Garudafood. Ah, yaudahlah entar-entar aja.

Frisian Flag. Bisa apply online aja antriannya panjang bener.

Udah capek muter-muter, dan emang udah masuk jam makan siang juga, akhirnya gue, Ade, Nin dan Chiya nyari makan ke area “foodcourt”. Abis itu shalat Zuhur, terus pulang, karena rasa-rasanya ga ada yang pengen diapply lagi.

Nyampe rumah sekitar jam 3 an tiba-tiba dapet sms dari PTI (Wardah) buat ikut seleksi besok paginya. Wow, cepet juga. Sekitar setengah jam kemudian, ada telepon masuk, tapi gue pas banget lagi telponan sama siapaa gitu, jadinya ga keangkat, soalnya gue kira itu bunyi sms masuk, jadi gue cuek aja terus ngomong di telpon, pas selesai nelpon baru ngeh ada telepon lain masuk. Untungnya sekitar 15 menit kemudian ditelpon lagi, ternyata dari Henkel, manggil wawancara sore itu juga. Lah gue udah nyampe rumah, udah sore juga hampir jam 4 -_- Akhirnya diresched ke besok siangnya. Oke lumayan lah Alhamdulillah udah ada dua yang manggil. (y)

Besoknya, gue dateng tes tertulis buat PTI (Wardah). Gile isinya (hampir) cewe semua! Hahaha. Sebelumnya ada presentasi perusahaan sekitar 30 menit. Abis itu, gue melewati psikotes paling ngebosenin yang pernah gue ikutin -__- (Berasa udah sering banget ikut psikotes aja, hahaha) Tapi serius, temen-temen gue yang lain juga ngerasa gitu. Malah ada yang bilang itu psikotes tergampang yang pernah dia ikutin. Emang sih. Jumlah soalnya ga begitu banyak, harusnya bisa selesai dalam waktu 45 menit cukup lah. Tapi dikasih waktunya 90 menit. Udah keburu selesai dari kapan tau, batas waktunya belom abis belom boleh keluar. Ya bosen lah -___-

Abis itu, kita dikasih tes lain lagi. Kalo ga salah namanya Paulie Test. Jadi disitu kita dikasih kertas 4 lembar, isinya deretan angka dari atas ke bawah, tiap halaman FULL isinya angka semua. Pusing ga lo liatnya? @_@ Jadi cara ngerjainnya, lo mesti ngejumlahin dua angka terdekat, terus hasilnya ditulis di antara kedua angka itu, tapi buat yang jumlahnya dua digit, yang ditulis cuma digit belakangnya aja. Terus begitu ke bawahnya. (Kalo pengen tau lebih jelas, coba googling ya.) Gile ini tes sumpah bikin capek! Ya lumayan gampang sih, cuma ngejumlahin doang, tapi meeeen banyak bener! Ampe 4 halaman gitu. Dan ada aja gitu lho yang nyampe lebih dari 4 halaman! Udah latian kali ye -__- Gue ga ngerti tujuannya tes ini tuh untuk apa, gue rasa ga mungkin kemampuan berhitung, secara cuma ada operasi penjumlahan. Kayaknya ini sih semacam uji ketahanan kali ya -__- Sumpah mabok bener gue ngerjain tes ini, rasanya udah ga mikir lagi bisa ngerjain sebanyak apa, yang kepikiran cuma satu: ini kapan selesainyaaaaa x_x

Akhirnya waktunya abis pas gue baru masuk kolom pertama halaman ke-4. Meh. x_x

Selesai tes Wardah, gue sama Ade dan Shofa makan siang di kantin FH. Nyari makan di kantin kampus aja biar murah, maklum masih kere. Hahaha. Abis itu kita ke MUI, setelahnya pisah karena punya urusan masing-masing. Gue balik lagi ke Balairung karena ada interview Henkel jam 2.

Nah nyampe ke Balairung, gue mikir nih. Masa cuma buat wawancara aja gue mesti bayar tiket masuk lagi 30 rebu? (Gara-gara ga dikirimin sms, ah sebel.) Ajegile.. rugi bandar dong gue. Udah gitu katanya interview Henkel cuma bentar banget, paling 5 menit kelar. Yang bener aja, masa buat interview awal 5 menit doang yang belum jelas keberlanjutannya gue mesti ngeluarin duit segitu banyak? Alhasil gue mutar otak dikit, untungnya gue masih nyimpen potongan tiket hari pertama. Datenglah gue menuju pintu masuk dengan tampang innocent sambil nunjukin potongan tiket dan bilang, “Udah masuk”. Terus gue ditanya, “Udah dicap belom?” Gue tunjukin aja tangan kanan gue, masih ada bekas cap kemaren walaupun samar-samar. “Eh, udah agak pudar.” Eh gataunya malah langsung dicap lagi sama dia. Yaudah gue ngeloyor masuk aja, muahahahahahaa. Padahal ternyata warna capnya beda, hari pertama biru, hari kedua hijau. Entah kenapa yang jaga pintu mau-mau aja ngecap lagi. Sepertinya yang jaga pintunya itu mahasiswa, ga mau ribet kali. Hahaha.

Buat mahasiswi yang jaga pintu di hari kedua job expo UI, maaf ya Dek, kamu saya perdaya dikit. Beberapa tahun lagi kamu bakal ada di posisi saya dan bakal ngerasain kok, betapa beratnya ngeluarin duit dalam kondisi kayak gitu. Percaya deh sama saya. Maafin saya ya Dek.. :p

Oke, sampe di dalem, sebenernya masih jam 1an, tapi langsung gue samperin aja booth Henkel, biar cepet kelar. Di sana sempet ketemu Tias, Rendi, sama Maria. Abis pada drop CV kayaknya. Ternyata gue emang kecepetan nyampe. Interviewernya lagi makan, katanya. Yaudah gue nunggu sambil nontonin video iklan Henkel yang diulang berkali-kali sampe gue bosen. Beberapa lama kemudian interviewernya dateng, dan ternyata wawancaranya langsung di booth Henkel. Buseng, segitu ramenya. Tapi nyantai aja sih. Interviewnya juga emang singkat banget. Cuma disuruh explain yourself, ditanya prospek karir, strength, weakness, dll. Udah. Gue nanya-nanya tentang pabrik dan produk Henkel di Indonesia. Terus udah deh. Gue ngiter-ngiter lagi dikit, mumpung udah di dalem :p Akhirnya gue mampir di booth Garudafood lagi, mumpung sepi. Gue daftar aja program MT. Gue pengen mampir ke booth Frisian Flag, tapi ramenya tetep aja gila-gilaan kayak hari pertama, ga jadi deh. Ga segitu minatnya juga, hehe.

Terus mumpung di dalem, gue sekalian mampir ke booth CDC UI. Jadi dalam rangkaian job expo ini, diadain juga seminar karir, ada dua sesi, yang pertama tentang job interview, yang kedua tentang cara milih karir yang tepat gitu deh kurang lebih. Nah nyokap gue ngotot gue mesti ikut seminar tentang job interview, katanya itu penting banget, blablablabla. Ya gue nurut aja, ga ada salahnya juga, nambah ilmu pula kan. Okelah akhirnya gue ke booth CDC UI buat daftar seminar itu. Ternyata kalo daftar 2 sesi, bayar 70 rebu, udah dapet tiket masuk. Kalo cuma satu sesi, 40 rebu, tapi belom termasuk tiket masuk. I was like, what on earth?? Lah sama aja dong kalo gitu, ikut satu sesi + tiket masuk = ikut 2 sesi?! Maksa amat sih. Lagian cuma ikut seminar doang kan, ga pake masuk ke pameran. (Tempatnya emang ga seruangan sama pameran.) Gile bener yah CDC UI nih mau meras kita apa.. Jelas-jelas kita masih nyari kerjaan, belom gawe Pak/Bu.. Belom punya duit.. Kok udah diporotin aja sih T^T

Gue ga berminat ikut dua sesi, karena selain udah ada agenda lain, gue juga udah lumayan capek 2 hari di jobfair ini. (Capek juga ya ternyata jadi jobseeker.. Gimana ntar pas udah kerja? -_-) Untungnya yang jaga booth itu selain ada mahasiswa, ada juga karyawan CDC UI, Mba Dian namanya. Sepertinya dia masih bisa berempati sama sarjana pengangguran fresh graduate kayak saya, akhirnya dia bilang, “Cuma mau dateng seminar aja kan, ga ikut pamerannya? Yaudah, besok kalo mau ikut seminarnya, ketemu saya dulu aja.” Oke Mbaaaak makasih banyak! (y) Akhirnya gue bayar 40 rebu untuk satu sesi.

Besoknya pas mau masuk seminar, gue tunjukin kuitansi pembayarannya, tapi sama yang jaga pintu ga boleh masuk karena yang 1 sesi mesti beli tiket masuk lagi. Gue bilang aja, kemaren kata Mba Dian boleh kok. Tapi dia ngotot ga bisa. Hahaha alot juga nih mahasiswa. Akhirnya gue minta dipanggilin Mba Diannya, baru dibolehin masuk. Eh pas masuk, tangan gue dicap lagi sama mahasiswi yang megang cap. Ternyata warna cap hari ketiga beda lagi, merah. Beuhh. Bener-bener ya, ampe cap masuknya aja dibedain. Pelit bener dah mau masuk aja mesti bayar berkali-kali.

Seminarnya oke juga sih, secara pembicaranya emang orang yang udah expert, udah melalui berbagai macam interview dan udah pernah jadi interviewer. Dia juga buka perusahaan/lembaga softskill training gitu. Gue pernah ikut kelas softskill awareness program nya di CDC UI. It’s quite worth it.

Job Interview seminar. Nice tips!

Abis selesai seminar, ceritanya sih gue mau langsung keluar, tapi ternyata ga bisa keluar lewat pintu masuk tadi, ada tulisannya “BUKAN PINTU KELUAR”. Yaudah berarti gue mesti masuk lewat pameran dulu buat menuju pintu keluar. Sekalian aja deh gue foto-foto beberapa booth buat dipost disini. Orang-orang pada bingung kali ya, die sibuk ngantri buat apply, gue malah sibuk foto-foto, hahahaha. Alhasil, gue berhasil masuk pameran selama tiga hari dengan cuma bayar tiket masuk sekali, mwahahahahaha >:)) So much win! (y)

Overall, job expo di UI ini lumayan sih, ada beberapa perusahaan top, walaupun menurut gue masih kurang banyak pesertanya untuk harga tiket yang mahal banget (30 ribu), dan cuma berlaku untuk satu hari! Gila, bener-bener pemerasan menurut gue sih. Tapi untungnya, sekali lagi, gue bisa masuk 3 hari hanya dengan bayar tiket masuk sekali, mehehehehe :p

Semoga aja ada yang tembus deh lamaran gue, aamiin. *Fingers crossed*

Oke, mari bersiap buat job fair berikutnya di ITB, dll. Bismillah! :)

4 thoughts on “UI Career & Scholarship Expo XIV 2012

  1. […] gue belum mulai-mulai nyiapin presentasi sejak email guidelinenya dikirim, gara-gara gue ikutan job fair di UI selama 3 hari berturut-turut, which was time and energy consuming. Udah gitu bahan bacaannya […]

  2. […] pas job fair UI, gue datengin ke booth-nya Danone, terutama buat ngambil hadiah :D Ternyata di booth-nya sama juga, […]

  3. wah ini mang CDC UI mlorotin dompet aj,,,hhaaa

    Thanks bacaan menarik..
    tekim juga toh,,

Please do leave a comment :)

