IBM Apprenticeship 2012 – 2nd Gen (Part 2)

(Sambungan dari Part 1)

Gue lolos!

Wow. Alhamdulilah. Even though I said I didn’t really know what I was doing, sebenernya gue pun sedikit ngarep. Ngarep gue bisa dapet kesempatan ini. Kesempatan buat belajar. Kesempatan buat membuka lembar baru.

Alhamdulillah gue lolos. Berarti gue masih dikasih kesempatan itu.

Gue diundang untuk interview di hari berikutnya, masih berlokasi di PSJ UI. Kebetulan gue dapet giliran agak siang, jam setengah 3an gitu. Gue nyampe di PSJ jam 2, masih ada 2 interviewee sebelum gue. Gue ketemu Dessy, tapi interviewer dia beda ama gue. So anyway, gue nunggu sambil nyiapin jawaban-jawaban dari pertanyaan yang umum; misalnya kalo ditanya “Tell me about yourself”, atau tentang motivasi gabung dengan IBM Apprenticeship, dan sejenisnya. Gue prepare jawaban in English karena selama ini korespondensi/informasi dari panitia Apprenticeship selalu in English, jadi gue berasumsi bakal diinterview in English juga.

And then it was my turn. Gue diwawancara sama Pak Erry. I didn’t really know his position and I didn’t really ask about it, but I assume he was an HR personnel. Gue udah siap-siapin aja jawaban tadi, eh ga taunya dia langsung aja nanya kenapa pengen ikutan IBM Apprenticeship. Pake Bahasa Indonesia. Wew, hahaha. Bagus lah, jadi lebih nyantai. Dan selama interview itu, kurang lebih isinya (lagi-lagi) gue curhat, haha. Curhat tentang gimana gue dulu minat sama dunia IT, tapi malah nyasar di tekim, bla bla bla. Terus juga ditanya kegiatan di kampus, gue ceritain aja apa adanya. Just be myself. Dan pertanyaan dan jawabannya pun mengalir begitu aja.

Setelah banyak curhat ngejawab pertanyaan Pak Erry, akhirnya interview selesai dan gue dipersilakan keluar. Di luar gue tanya ke panitia Apprenticeship, tentang pengumuman dllnya, terus cabut deh. Katanya sih hasil interview bakal diumumin via email hari Jumat atau Senin, yang lolos maupun ngga bakal tetep diemail. Ok, so we’ll just wait.

Hari Jumat malem, gue udah dapet emailnya. Wah, cepet juga. Dan ternyata Alhamdulillah gue masih lolos. Wow, do I really deserve this chance? Gue setengah ga percaya.

Gue diundang ke presentasi dan interview 2 & 3 di kantor IBM Indonesia, di The Plaza Office Park, kawasan Bundaran HI. Gue dikirim panduan dan materi bacaan tentang apa yang harus dipresentasiin, H-6 dari waktu presentasi yang dijadwalin. Jadi dalam presentasi itu, gue dan peserta lainnya mesti menyusun presentasi di mana kita pura-pura sebagai representative dari IBM yang mengenalkan IBM pada client, ditambah dengan salah satu topik dengan beberapa pilihan. Topik-topiknya bagi gue cukup berat dan agak technical, kecuali satu topik yang sepertinya agak ringan: “Smarter Cities – an implementation of a Smarter Planet”.

So I chose that topic, took me a little while, though. Gue baru bener-bener mutusin mau pake topik itu H-3. Padahal H-2 udah mesti confirm milih topik yang mana. Oh well. Daripada gue milih topik yang agak technical tapi pas ditanya malah cengo, ga ngerti, mending gue pilih topik yang gue rasa cukup familiar aja. Besides, it’s a great concept, dan gue orangnya agak idealis. So it suits me.

Gue agak-agak distracted juga, gue belum mulai-mulai nyiapin presentasi sejak email guidelinenya dikirim, gara-gara gue ikutan job fair di UI selama 3 hari berturut-turut, which was time and energy consuming. Udah gitu bahan bacaannya cukup banyak, sedangkan kita mesti presentasi cuma 10 menit hanya dengan max 4 slide presentasi! (Excluding opening & closing)  Woh sulit juga ngerangkumnya.

Anyway, kantor IBM di daerah Bunderan HI, jauh juga men. Bisa sih naik busway, tapi gile aje busway pagi-pagi hari kerja gitu kan udah kayak apa padetnya.. Akhirnya gue sempet ditemenin nyokap gue survey rute busway kesana. Kalo di hari kerja, biasanya ada busway lewat koridor ragunan yang langsung lewat HI, tapi gue ga tau jam berapa datengnya. Udah gitu biar dapet busway kayaknya gue mesti ngantri dari halte Ragunannya, ga bisa ngantri dari halte Jatipadang, pasti rame banget. Akhirnya Sabtu sore gue sama nyokap nyoba naik busway tapi yang pake transit di Dukuh Atas, sambil masang stopwatch buat ngecek berapa lama waktu yang abis di perjalanan. Ternyata The Plaza Office Park itu sampingnya Plaza Indonesia persis yak, gue baru tau -_- Berhubung udah nyampe situ, rasa-rasanya nanggung abis kalo kita langsung pulang lagi, sekalian deh gue sama nyokap mampir ke GI. Gile berasa gaul banget gue malem Minggu gitu ada di kawasan GI, padahal mah cuma ngecek rute jalan, hahaha.

H-1, gue punya rencana yang ga bisa dan ga mau gue tunda-tunda lagi, dan gue mesti berangkat ke Bandung. Padahal gue belum selesai baca materi presentasi, slide gue pun belum siap. Tapi gue nekat tetep berangkat ke Bandung, karena gue udah menetapkan dan gue ga bisa nunggu lebih lama lagi untuk rencana itu. Jadi gue berangkat ke Bandung sambil bawa materi bacaan buat presentasi plus laptop buat nyiapin slide presentasi.

Tapi rencana gue di Bandung gagal total. Bener-bener nihil, tanpa hasil. Well, ga bener-bener tanpa hasil sih, karena di sela-sela waktu sambil nunggu gue sempet sambil nyusun slide presentasi.. Yah, mungkin berantakannya rencana gue di Bandung bukan ga ada hikmahnya. Presentasi gue setidaknya udah nyampe 80%. Jam 4 sore, gue berangkat lagi ke Jakarta karena gue mesti istirahat yang cukup buat presentasi besoknya. Malemnya pas nyampe rumah gue beresin deh tuh slide presentasi, tapi ga keburu latian presentasi dulu, udah keburu malem, kalo gue ga tidur, bisa-bisa besoknya kesiangan, bisa dinyatakan gugur. Ah sumpah padet banget kegiatan gue beberapa hari itu, mulai dari job fair UI sampe berkelana ke Bandung, terus presentasi IBM.

Yaudah besok paginya, gue bangun Subuh, langsung sarapan mandi dan siap-siap berangkat. Bokap dengan baik hatinya nganterin gue sampe halte busway Ragunan, thanks Dad! Gue nyampe halte Ragunan jam 6 pagi. Selang 1 bus, Alhamdulillah gue udah dapet busway yang langsung lewat HI. Aman.

Eh ga taunya gue kepagian nyampe sana, masih jam 7. Gue naik ke kantor IBM di lantai 16, belum ada orang. Tapi ternyata ada peserta yang lebih pagi datengnya daripada gue, hehe. Namanya Ferry dari Universitas Ma Chung, Malang. Ternyata dia sebelumnya apply Apprenticeship 1st Gen, tapi ga bisa ikut interview 2 karena sakit. Terus tiba-tiba dia dipanggil lagi interview buat yang 2nd Gen ini.

Kita akhirnya disuruh masuk dan nunggu di lobby kantor IBM sama securitynya, haha kasian kali ngeliat kita bengong di depan lift ga bisa kemana-mana karena ga punya akses. Ke toilet aja mesti pake ID badge -__-

Sekitar 15 menit kemudian, kita ketemu 2 orang panitia atau Apprenticeship Associate nya, Mba Keishka dan Mba Demia. Gue sama Ferry disuruh masuk ke Meeting Room. Beberapa menit kemudian dateng peserta lain. Ada Dede, yang ternyata sekampus sama gue tapi gue belom pernah ketemu -__- Ternyata gue kurang eksis yah di kampus, hahahaha. Si Dede anak TI. Ada juga Reza dari Unpad. Eh ternyata ada Ray juga ikut interview di hari yang sama. Jadi di hari pertama presentasi + interview 2 dan 3 ini ada 14 orang, tapi 2 diantaranya ga dateng. Di sini gue kenalan juga sama Fatardhi (Informatika ITB), Jeffrey (Univ. Satya Wacana), Ricky (Manajemen UI), Ninis (TI ITB), Asseta (TI UI), Mushofi (Telekomunikasi ITB), dan Tomi (Matematika ITB).

Jam 8 teng kita di-briefing sama Mas Ivandeva. Abis itu kita ngetes peralatan (laptop, proyektor dll) buat presentasi, terus nunggu dipanggil buat presentasi dan interview. Sambil nunggu, kita ngobrol-ngobrol. Cukup seru karena ada si Dede yang ternyata tukang lawak banget bro. Sumpah cocok banget dia buat jadi comic, kalo belum dapet kerja kayaknya dia bisa mempertimbangkan berkarir di Stand Up Comedy, hahahaha. Sambil nunggu dan dikasih late breakfast, kita ngobrol-ngobrol seru; mulai dari almamater, kenalan di kampus, pengalaman KP, dll.

Sampe akhirnya satu persatu mulai dipanggil buat presentasi. Si Dede yang seruangan/satu interviewer sama gue, dipanggil duluan. Sampe udah mau menuju presentasi, masih ngelawak aja dia, sampe-sampe gue berpesan, “De, jangan stand up ya lo ntar di dalem!” Hahahaha abisnya tu anak lawak bener. Abis si Dede pergi presentasi, obrolannya jadi ga seseru sebelumnya, abis ga ada yang lawak, hahaha. Akhirnya kita masing-masing sibuk nyiapin presentasi. Gue pun ngelanjutin nulis-nulis notes buat presentasi.

Tibalah giliran gue buat presentasi. Gue diarahin ke ruang presentasi dan ketemu dengan Mas Ivandeva sebagai interviewer. Wow. Made me a little nervous, tapi mungkin karena gue udah pernah liat presentasi Mas Ivan jadi udah kebayang orangnya kayak gimana, gue jadi ngerasa lebih santai. Gue berperan sebagai representative IBM dengan asumsi audiencenya adalah orang pemerintahan. Dari situ, presentasinya ngalir aja. Gue berusaha menyampaikan dengan sesederhana mungkin. Betenya, ada beberapa pertanyaan sederhana yang kayaknya harusnya gue tau dan gue bisa jawab, well, gue emang tau sih, gue udah baca informasinya, tapi ga gue inget-inget, dan pas ditanya gue lupa. Shoot! :( Beberapa kali tuh kayak gitu. Padahal sumpah gue sempet baca informasinya. Tapi malah gue lupa. Dodol deh ah.

Abis simulasi, gue ditanya macem-macem sama Mas Ivan. Kayak ngobrol-ngobrol aja sih, ngomongnya juga pake Bahasa Indonesia. Sekali lagi, gue ngalir aja waktu diwawancara. Udah kayak curhat. Gue ga tau apakah itu cara yang bener apa ngga untuk melewati wawancara, but it’s the only way I can feel comfortable. It’s how I be myself, so.. I don’t know. Maybe I shouldn’t pretend after all. Dari kisah pengalaman seorang temen yang gue baca, dia udah pernah mencoba untuk look good in a job interview. But apparently, when you’re faking it, the interviewer will definitely notice. You can’t fake yourself in an interview. Jadi, yaa.. be yourself aja!

Abis semuanya presentasi dan interview, kita makan siang. Ternyata disediain makanan, lumayan lah dapet makan HokBen, kirain mesti nyari makan sendiri di luar apa gimana. Abis makan, shalat, terus.. Dagdigdug nunggu pengumuman. Rasa-rasanya sih lebih ke pengen pulang sebenernya. Hehehehe. Bahkan si Dede yang daritadi ngelawak mulu kayaknya udah mulai capek. Mulai diem dia, hahaha. Beberapa saat sebelum hasil interview 2 diumumin, kita sempet ketemu beberapa Apprentice sebelumnya dan karyawan IBM lainnya di break room. Terus jadi sesi kenal-kenalan deh. Sesi kenalannya mesti nyebutin nama, asal kampus, dan status. Si Mba Kei tepuk-tepuk tangan girang tiap ada yang bilang statusnya single. Gatau nih dia ngincer calon Apprentice yang mana >:)

And the moment of truth came. Mas Ivan dateng dan bawa amplop-amplop gede. Jadi ternyata yang ga lanjut ke tahap berikutnya, dikasih amplop berisi surat apresiasi dari IBM dan keterangan dari interviewer yang meng-highlight kelebihan kami masing-masing. Bahkan sebelum ngasih amplop dan ngumumin siapa aja yang ga lolos, Mas Ivan sempet (lagi-lagi) menghibur memotivasi kita dan ngasih suntikan semangat. I really like how Mas Ivan and his team appreciate us.

Amplop pun dibagiin, dan.. gue termasuk salah satu yang ga lolos.

Hemm. Perasaan gue… Antara kecewa tapi lega. Kecewa karena sebenernya gue punya harapan yang cukup besar untuk belajar dari IBM, belajar dari program Apprenticeship. Lega karena gue sebenernya belum yakin 100% akan pilihan gue. Gue belum yakin 100% this is what I’m gonna do. Dan walaupun gue udah sedikit ngebayangin apa yang bakal gue lakuin seandainya gue berhasil masuk, it’s all still so blurry to me.

Tapi apapun hasilnya, gue tetep bersyukur. This has been a very short period, yet it’s been very inspiring and such a fun experience. Gue belajar menjadi diri gue sendiri, gue belajar mencari tahu apa yang gue mau, gue belajar mencari kelebihan gue, dan gue belajar mengantisipasi kelemahan gue. Gue mulai lebih yakin gue harus gimana, gue mulai lebih mengenal diri gue sendiri, dan gue mulai lebih yakin sama diri gue sendiri. Gue lebih tau gimana caranya dan rasanya jadi diri sendiri.

It’s not a failure, it’s an experience.

I realized that I don’t want to change myself for someone/something else. A job, a company, is a tool; therefore I should find a tool that suits me, not me changing for the tool. Mungkin perusahaan ini, program ini, bukan tempat gue. Tapi ada tempat lain yang lebih cocok buat gue. Gue baru sadar, perjalanan sebagai jobseeker ini bukanlah suatu cerita tentang bagaimana perusahaan menemukan orang yang tepat, tapi ini adalah suatu perjalanan gue menemukan perusahaan yang tepat, tempat yang tepat bagi gue untuk berkembang, bermimpi, dan berjuang untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar gue. Mungkin tempat gue bukan di IBM Apprenticeship, tapi gue yakin, Allah udah punya tempat terbaik untuk gue. I just haven’t found it yet.

Ah, omongan gue jadi tinggi banget. Hahaha.

Anyway, makasih banyak buat Mas Ivan, Mba Kei, Mba Demi, Mas Kevin, dan Mba Desy.. The Apprenticeship Associate Team. (Did I get it right?) Thank you for giving me the opportunity. Buat temen-temen yang ikut presentasi + interview 2 & 3 IBM Apprenticeship 2012 2nd Gen tanggal 24 September 2012.. Kita pejuang hari pertama :D Thanks for sharing and everything, it was a very short period, but it was very fun! :)

Now, off to chase my other “passion”..

8 thoughts on “IBM Apprenticeship 2012 – 2nd Gen (Part 2)

  1. There’ll be another door open, nadz! Learn from it and move on.. Good luck always! :D

  2. btw, gw kagak keliatan…
    #nyeselbanget

    • Wah iya sayang banget mukanya ketutupan -,-
      Sayang hape gw waktu itu udah lowbatt, jadi cuma bisa jepret sekali hahaha.. Coba kontak Mba Demi aja, siapa tau yang punya dia fotonya bagus :D

  3. Nugraha Siburian

    Mbak, bisa nanya ga nanti pas interview dan presentasi ditanya apa aja y? Bisa share ga?

    • Wah, sejujurnya saya udah lupa apa aja yang ditanya.. :) Saya sih waktu itu ditanya seputar apa yang dipresentasiin, abis itu ditanya2 seputar minat & motivasi dll.. Tapi tergantung interviewernya juga sih sepertinya, soalnya temen saya waktu itu malah sama sekali ga ditanya soal materi presentasinya :)

  4. […] tes, soalnya kebetulan tanggal DanYouth Day hari pertama yang di UI itu bentrok sama jadwal gue interview + presentation IBM. Udah gitu, waktu itu katanya pendaftaran bulan September itu cuma dibuka untuk yang berdomisili di […]

Please do leave a comment :)

