Bandung Trip (& ITB Job Fair)

Another job fair story. Ok, agak telat memang, udah seminggu yang lalu gituu. Tapi tetep gue share aja. Anggep aja bernostalgia ama minggu lalu. Lagipula udah kepalang ditulis sebagian, sayang kalo ga di-post, hehe.. Oh, spoiler alert, gue bakal lebih banyak cerita tentang perjalanan gue ke Bandung ketimbang job fair nya.. Karena emang ga begitu banyak sebenernya yang gue kerjain di job fair itu, dan tujuan gue ngepost ini emang bener-bener curhat, since it pretty much sucked. (The trip, not the job fair! ;D) So.. Bagi yang cuma mau baca tentang job fair nya aja, silakan scroll ke bawah sampe bagian bertuliskan “Job Fair” dengan font berukuran besar. :)

Gambar dari sini. Lupa ngambil foto banner on site :p

Jadi tanggal 12-14 Oktober 2012 lalu, Career Center ITB ngadain job fair yang disebutnya “Titian Karir Terpadu ITB” atau “ITB Integrated Career Days”, bertempat di SABUGA (Sasana Budaya Ganesha) ITB, Bandung. Demi masa depan yang cerah, gue pun semangat buat dateng ke job fair ini, walaupun dari list perusahaan peserta yang gue cek, sebenernya ga begitu banyak perusahaan yang gue minati (secara gue udah ga begitu minat O&G), tapi berhubung venue nya masih tergolong deket dan gue masih lumayan familiar dengan Bandung, jadi gue rasa, why not? Sekalian gue ada urusan yang mesti gue beresin.. (Walaupun akhirnya ga kesampean karena orang yang bersangkutan justru lagi ga di Bandung. Gila, ga jodohnya udah keterlaluan..)

Jadi gue dan beberapa temen gue anak tekim mulai nyusun rencana buat pergi ke Bandung. Buat jaga-jaga seandainya ada perusahaan yang langsung ngadain proses rekrutmen di sekitar jadwal job fair, kita siapin rencana buat nginep. Awalnya rencana ke Bandung ini melibatkan gue, temen gue si A, K, dan N.. Tapi ternyata si N ada UTS hari Senin tanggal 15 Oktober, jadi dia urung ikut. Akhirnya yang fix bakal ikut ke bandung ada gue, sama temen gue si A, K, I, dan D. Kita pun mulai nyari-nyari tempat buat nginep.. Bolak-balik browsing penginapan di Google sambil smsan, YM-an, sampe akhirnya gue pusing smsan ribet bener, dan akhirnya gue bikin grup whatsapp buat akhwat-akhwat gaul ini.. (Walaupun 2 di antaranya ga make whatsapp, dan satunya lagi non aktif.. Akhirnya malah watsapan sama yang laen -_-)

Pas akhirnya nemu penginapan oke, saking kelamaan galau itung-itungan biaya penginapan, pas mau di-booking, penginapannya keburu penuh -__- Tapi Alhamdulillah akhirnya nemu penginapan yang lebih murah, Wisma Pendawa di daerah Ciumbuleuit, gue liat review di blog orang dan dari fotonya juga keliatan lumayan, jadi cuss lah di-booking, walaupun cuma dapet sampe hari Minggu sedangkan rencananya minimal bakal di Bandung sampe hari Senin. (Tapi H-1 minggu tiba-tiba si D ngusulin pindah tempat lain, katanya lebih murah dan langganan bapaknya temennya, entah kenapa gue setuju aja..) Gue juga browsing-browsing mode transportasi yang paling efektif dan paling murah, tapi akhirnya pilihan jatuh pada travel karena akhirnya kita berencana berangkat Jumat pagi. Yaudah gue cari travel yang murah sekitar Depok (karena paling gampang janjian di Depok), dan yang poolnya paling deket venue di Bandung. Akhirnya pilihan jatuh pada Aya Travel, dan cuss gue booking keberangkatan paling pagi, jam 5 Subuh hari Jumat tanggal 14 Oktober.

Sekitar H – 1 minggu, tiba-tiba si I bilang ada temennya mau ikut, yang lain oke-oke aja, yaudah di-booking lah tempat 1 lagi di travel.. Soal penginapan, ntar bisa lah dimuat-muatin -__- Eh ternyata H-5 tiba-tiba kata si I temennya batal ikut..  Hem okelah ga masalah, kalo gitu kembali ke rencana awal. Eh besoknya tiba-tiba si A katanya kemungkinan bakal nyusul, karena H-1 ada urusan dulu yang mesti nginep.. Halah, apa pula sih.. Eh ga taunya H-3 ada lagi si D bilangnya ga bisa berangkat pagi jadi bakal nyusul juga siangan.. Gue mulai bete. Eh ga taunya si I juga tiba-tiba dipanggil interview buat hari Jum’at, jadi berangkatnya nyusul juga.. Lhaaaa kenapa jadi bubar jalan gini? Yaudah langsung cancel semua aja tu travel, ngapain gue berangkat subuh-subuh sendirian ke Bandung… -__-

Akhirnya gue berangkat bareng si A Jumat siang, jam setengah 10. Itupun ada lagi ceritanya, intinya H-2 gue udah bilang ke si A buat pindah jadwal travel jam 5 subuh ke jam berikutnya atau yang agak siangan.. Dia bilang bakal dia telp besoknya. Eh ga taunya dia baru telpon H-1 malem-malem dong. Katanya ga diangkat-angkat. Ya menurut looo? Kirain udah ditelp dari pagi apa siang, udah dapet keberangkatan berikutnya, udah aman.. Ga taunyaa.. Huhh. Untung gue ga dapet telpon ngomel-ngomel mbak-mbak travelnya subuh-subuh. Oke, gue bukan orang yang planning-freak, super-organized or whatever, tapi sumpah orang-orang yang ngerjain sesuatu serba dadakan, ga sesuai rencana, apalagi dadakan ngebatalin rencana yang disusun sejak lama itu ngeselin! Grr. Graukk. #ceritanyagigit #apaansih

Akhirnya gue dapet travel Cipaganti jam setengah 10 dari Lenteng, pool tujuannya: Buah Batu, yang ternyata jauh bener dari tempat tujuan kite.. Udah gitu ternyata Cipaganti ga ngasih jasa anter, anter kemana kek gitu yang lebih deket tujuan, pool yang deket-deket ITB kek gitu.. Ahhh semprul nih Cipaganti, udah tarifnya mahal amit-amit ga ngasih pelayanan lebih, bahkan air minum pun ga dikasih ataupun ditawarin, cuma digeletakin gitu aja di bawah jok.. Gue baru dua kali naik Cipaganti sejak tarifnya naik dan langsung kapok.. Cipaganti is so not recommended! Cuma menang banyak pool doang, mahal iya, pelayanan memble. Buat yang tinggal di daerah Pasar Minggu, gue saranin kalo mau naik travel ke Bandung mending naik X-Trans aja (dari Pancoran, Gd. Graha Anugrah), atau Baraya (dari Lt. Agung, seberang stasiun Tj. Barat). X-Trans lebih murah dari Cipaganti, tapi pelayanannya masih lebih mending.. lebih ramah, dan air minum pun  dikasih langsung setelah bayar. Baraya gue belum pernah nyoba, temen gue yang udah, tapi kayaknya sih no complain, kalaupun pelayanannya biasa aja, masih sebanding dengan tarifnya yang murah..

Hadeh gue jadinya ngomel-ngomel melulu.. Oh, spoiler alert (again), this trip was rather unpleasant to me, actually. Jadi kalo yang males baca curhat gue bisa skip ke bagian job fairnya langsung. Don’t say I didn’t warn you! LOL

Di perjalanan, gue liat temen gue nge-RT twit temennya (yang ternyata masih sekampus sama gue), yang intinya ngasih informasi dan saran, buat yang mau dateng job fair ITB, mending bikin akun dulu sebelum dateng kesana…karena antrinya gila-gilaan. Kalo yang udah punya akun bisa langsung masuk. Katanya sih antriannya panjang banget, kayak antrian Indonesian Idol, sampe satu jam baru bisa masuk, sampe ada yang pingsan segala.. (Gue ga tau itu yang terakhir beneran apa dianya aja yang lebay) Akhirnya gue dan si A memutuskan hari Jum’at itu kita bakal ngedrop bawaan dulu ke penginapan, terus ke Sabuga buat survey venue aja, ngurusin ngantri/daftar dsb, sekalian liat-liat booth yang ada kalo masih sempet. Baru besoknya apply-apply.

Gue nyampe Bandung, touchdown pintu tol Buah Batu sekitar jam 12. Abis itu agak muter-muter dikit naik angkot yang ditunjukin sopir Cipaganti menuju penginapan di Jl. Pasir Kaliki. Sempet diporotin sopir angkot segala, semprul. Jadi gue sebelum naik angkot udah nanya dulu sama sopirnya kalo kita mau ke Pasir Kaliki, si A nanya-nanya ibu-ibu di angkot juga, terus gue sambil sesekali ngecek Google Maps di hape sambil ngeliatin jalan, dan akhirnya setelah angkot ngelewatin stasiun Bandung dan di pinggir jalan ada tulisan-tulisan “Jl. Pasir Kaliki”, gue nanya abang angkotnya, “Oh ini udah masuk Pasir Kaliki ya?” Pas banget angkotnya belok, kata abangnya, “Ini mah udah mau abis Pasir Kaliki, udah nyampe ujung.” Oalaaaaah si abang bukannya ngasih tau -___- Yaudah pas banget kita turun di ujung Jl. Pasir Kaliki, gue ngasi duit 5 rebu buat berdua, kata abangnya “Satu? Oh, dua? Kalo dua kurang xx ribu neng.” Gue dengernya kurang dua rebu apa berapa gitu, tapi pas temen gue ngasih duit 5 rebuan lagi, si abangnya langsung cabut aja gitu.. Temen gue spontan teriak, “HAH??!!” Dengan tampang super kaget. Oke, emang sih perjalanannya jauh. Tapi ya kali sekali naik angkot abis 5 ribu. Gue naik angkot dari ujung ke ujung (terminal ke terminal) aja paling abis 4 rebu. Seumur-umur kayaknya baru sekarang gue naik angkot bayar 5 rebu. Ga wajar banget men. Gilak, baru nyampe kita langsung diporotin sopir angkot.. -__-

Pelajaran 1: Jangan berlagak kayak turis, ga usah kebanyakan nanya. Pura-pura aja tau jalan tapi lupa. Pokoknya jangan keliatan kayak turis banget deh.. Biar gak dibegoin sopir angkot -__-

Pelajaran 2: Kalo ga tau jalan, beli peta. Atau manfaatin Google Maps semaksimal dan seefisien mungkin, kalo batere masih kuat… -__-

Yak, dan gue pun langsung menetapkan untuk nyari tempat buat beli peta.

Dengan modal nanya-nanya sama pengamen dan sopir angkot, akhirnya nemu juga tuh penginapan.. Namanya Wisma Familie II, tepat di seberang Hotel Grand Pacific dan Gepuk Ny.Ong cabang Pasir Kaliki.. Tempatnya kecil (iyalah kalo dibanding ama hotel di seberangnya) dan sangat sederhana.. Duh gue lupa moto tempatnya lagi..saking hape lowbatt mulu -__- Anyways, tempatnya kecil dan ga bersih-bersih amat.. Kasurnya keras, lantainya ga begitu bersih.. Yah, what can you expect dengan harga 120 ribu semalem untuk kamar kapasitas 3 orang -__- Kayaknya masih mendingan penginapan yang di-booking sebelumnya, Wisma Pendawa itu, setidaknya udah ada yang nge-review dan udah liat fotonya.. (Hufft ga lagi deh gue percaya aja sama orang, harus ngotot minta bukti!) Oh btw, walaupun murah dan fasilitasnya ga begitu bagus, tapi ternyata masih dapet fasilitas TV dan kipas angin.. Hmm, lumayan lah, buat pemecah kebisuan.. (TVnya, maksud gue…well, kipas anginnya juga sih kadang-kadang -__-)

Anyways, abis naro barang dan shalat, gue sama si A langsung menuju ke job fair. Sampe venue udah sekitar jam 2 siang, kita langsung….makan dulu. Laper boi. Abis itu baru deh sekitar jam 3 kurang kita masuk. Antrian buat aktivasi tiket udah sepi, dan ternyata buat aktivasi tiket bener-bener tinggal nunjukin print-an tiket terus bayar, terus tiketnya dicap “Aktif”, and that’s it. Dan harga tiket cuma 2o rebu buat masuk job fair 3 hari.. 2o ribu!! Murah banget! Dibanding job fair UI yang tarifnya 3o ribu per hari.. Gila kebanting abis.

Sooo yeah, finally! The Job Fair.

It’s a big venue, bro. Banyak banget perusahaan pesertanya. Sayangnya kebanyakan perusahaan energi; minyak dan gas, pertambangan, dll. Juga ada perusahaan IT sih. Inceran gue, FMCG, dikit banget. Gue cuma ngedrop CV sebanyak 3 copy doang. Honestly, bagi gue, not much to tell about the job fair.. But I’ll give you a short review anyway.

Dari pintu masuk, gue langsung nyoba liat-liat ke sayap kanan, dan langsung disambut deretan booth Astra Group.. Gila yah Astra ini gede bener, dimana-manaaa… Terus ada beberapa perusahaan tambang, IT, ada juga PTI (Wardah), dannn.. yang paling menarik perhatian gue sih boothnya PT. Ultra Prima Abadi (Orang Tua Group) karena banyak makanannya. Mereka buka program MT, dan tinggal drop CV aja di boothnya. Oke, satu CV pun melayang masuk OT :) Katanya yang drop CV dapet Tango, tapi gue gak dikasih :( Itupun gue baru tau setelah 30 menit ninggalin boothnya. Kan ga lucu kalo tiba-tiba gue balik lagi cuma minta Tango doang, hahaha.

Orang Tua Group. Produk makanannya gak kefoto, ketutupan orang -__-

Abis itu temen gue si A mulai bosen, kayaknya ga ada yang menarik hati dia di barisan situ, akhirnya dia ngajak gue ke dalem.. Ternyata emang di situlah bersemayam bos-bos besarnya, hahaha. Emang sponsor-sponsor utama adanya di situ, perusahaan-perusahaan energi gede macem Chevron, BP, Pertamina, Antam, dll ada lah disana. Ada juga yang non energi sih kayak Telkom, Angkasapura, dll. Ya pokoknya raksasanya pada di sini deh hahaha. Gue sih buat perusahaan kayak gini prefer daftar kalo mereka ngadain rekrutmen/roadshow di kampus aja.. Soalnya gue ga begitu minat jadi ga gue kejer amat.

The Giants

Setelah ngiter-ngiter di situ, gue baru nyadar sebelumnya pas ke sayap kanan gue belum ke boothnya GlaxoSmithKline, perusahaan pharmaceutical gitu lah..yang produksi Panadol, Sensodyne, dsb. Ternyata boothnya agak ke ujung..sedangkan sebelumnya gue ga liat-liat sampe ujung karena keburu diajak si A ke dalem, haha. GSK ga buka program MT, tapi mereka ada opening di production/manufacture.. Yaudah gue daftar aja, untungnya mereka juga minta drop CV aja. Sip, satu lagi CV melayang masuk GSK.. :)

GlaxoSmithKline. Eh ada mbak-mbaknya mejeng :p

Abis dari sayap kanan, pas menuju sayap kiri, ketemu temen sefakultas, eeeh ada temen se-SMA juga.. Ngobrol-ngobrol bentar, abis itu lanjut liat-liat lagi.. Di sayap kiri ada COPI dan Schlumberger.. Hmm, pass.. Terus ada April, perusahaan produsen kertas.. Mereka base-nya di Riau.. Iseng-iseng aja gue drop CV, daripada ga ada lagi CV yang melayang.. Hahaha. Katanya sih kalo lolos screening, seleksinya langsung hari Minggu tanggal 14 Oktober, tapi ternyata gue ga dipanggil.. Hemm berarti emang kalo ga ada niat (iseng-iseng), ga bakal jodoh.. Yah gapapalah, daripada kalo dapet tapi ga minat, kan sayang.. Hehehe. (Antara sengak ama menghibur diri emang beda tipis, hahaha.)

April

Di deretan ini ada juga perusahaan produsen mainan, Mattel. Produk unggulannya boneka Barbie itu lho. Tapi entah kenapa boneka Barbie yang dipajang serem-serem.. Nuansa Halloween, mungkin. Terus lagi ke ujung ada booth Samsung. Entah kenapa gue pengen apply Samsung. Mereka buka program MT, tapi ternyata mereka nyarinya software developer/programmer, dan nyarinya orang yang berpengalaman di software development.. Anak tekim ga boleh ikutan :( Padahal entah kenapa gue pengen banget masuk Samsung.. Udah kesengsem ama produknya kali ya, hahaha. (Walaupun baru beberapa kali nyicipin produk Samsung, itupun yang kelas menengah ke bawah :D) Yah sulit juga kali ya masuk di software development kalo emang belum ada basicnya..

Samsung. Too bad I can’t join :(

Seberangnya booth Samsung, ada booth Biofarma.. Mereka ga nerima drop CV, mesti daftar online.. Betenya, pas gue nanya mereka buka buat posisi apa, kaga dijelasin malah disuruh buka websitenya aja.. Yah elah males amat bu jelasin gitu doang -___- Terus niat gue buat daftar jadi berkurang 40%. (Hahaha gampang amat surutnya)

Yaudah, segitu aja sih job fair hari pertama. Abis itu mampir sebentar ke Masjid Salman, sekalian si A beli handuk karena dia lupa bawa -__- Gue niatnya mau sekalian beli peta kota Bandung tapi sayangnya ga ada. Akhirnya malah nitip temen gue si F yang dateng ke Bandungnya nyusul. Malemnya pas niat mau nyari makan, si F dan rombongan ngajakin makan bareng, katanya mau dianter temennya anak ITB ke tempat makan di daerah Dago. Karena dapet tebengan, gue sama si A pun ngikut..lumayan lah :D Tapi ga taunya sampe sana sekitar jam setengah 10, tempatnya udah tutup. Absurd banget, padahal biasanya jam segitu belom tutup dan tempat makan macam apa yang jam segitu udah tutup menjelang weekend? Akhirnya lanjut lagi kita dibawa ke daerah….gue gatau apa namanya. Dan ternyata tempatnya tutup juga! Gile pada kemana ini tukang jualan kenapa pada tutup semua.. Akhirnya saking udah pada kelaperan, kita makan di kaki lima deket Salman. Hampir 2 jam muter-muter nyari makan doang kaga dapet.. Kelar makan udah hampir jam 12. Kyaa! Tiba-tiba gue ngerasa gendut.

Besoknya gue sama si A balik lagi ke Sabuga, karena dia mau ngumpulin form yang kemarennya belum lengkap berkas-berkasnya. Sekalian juga ketemu sama temen-temen yang nyusul, si K sama si I. Berhubung udah Zuhur, gue sama si A mampir dulu di Salman, shalat terus makan. Mana pake insiden air minum gue bocor segala di dalem tas, bikin tinta pulpen beleber kesana kemari.. Gyaaaah isi tas jadi kena bercak-bercak merah, termasuk berkas-berkas di map :( Untung udah ngedrop CV kemarennya.

Dan ternyata.. Nasib sial tidak terjadi saat itu saja..

Pas kita nyampe Sabuga, ternyata job fairnya jadi rame gila. Sumpah rame banget. Sampe pusing gue liat orang semua isinya. Akhirnya gue cuma muter-muter dokumentasi buat nulis di sini. Dan itupun capeknya gilaaaa. Saking banyak orang, sumpek abis. Liat aja nih foto dari atas tribun.

Rame!

Itu baru yang di dalem, yang di lorong luar, behhh lebih berasa lagi padetnya.. Secara bentuknya lorong, bukan ruangan besar kayak foto tadi, jadi lebih berasa sumpeknya, bahkan beberapa kali mesti agak desek-desekan sama orang.. Hufff. Sayangnya ga saya foto karena saya males balik lagi ke tempat yang penuh orang itu :) Oh iya, gue sempet lewat antrian buat daftar Elnusa. Sumpah panjang banget antriannya, dan nunggunya lama banget. Kasian. :)

Antrian Elnusa. Dari ujung ke ujung.

Dan abis itu.. ternyata gue apes lagi. Pas mau shalat Ashar, tas gue jatoh aja dong di tempat wudhu. Basah. Oh men, ada apa sih dengan gue sama air hari itu?!

Warning! Mulai dari sini, isinya adalah gue curhat dan ngomel ga karuan.  Read at your own risk.

Dan cerita apes ga berhenti sampe situ aja. Di venue jobfair, gue sama si A ketemu sama temen gue si K, yang ternyata bareng orang lain… Tamu tak diundang. Si N. Dia ini temen sekampus tapi ga sejurusan. Gue baru tau beberapa jam sebelumnya nih kalo si K ternyata berangkatnya bareng si N.. Awalnya gue nyantai aja, tapi ternyata abis dari job fair dia ngikut kita terus.. Lah ternyata dia mau ikut nginep juga toh? Kenapa ga ada yang bilang? Abisnya dari awal rencananya kita nginep sekamar ber 4 di kamar kapasitas 3 orang. Kenapa jadi ada 5? Gue ga begitu masalah sih sebenernya.. But couldn’t anyone give me a heads up? Duhh.

And somehow this person sort of ruined the group dynamics. Meeen, hari itu rasanya all plans went south deh. Kaco semua. Mulai dari rencana gue sama si A mau ngumpul bareng si K di Coffee Toffee buat nostalgia dan ditunjukkin ke Kak M di seberang lautan sana, ga jadi gara-gara mereka yang nyusul itu belom pada makan dan si N ini ngotot ga mau makan dsb di CT. Okeh tadinya kita mau nyari tempat makan sekitar Sabuga/ITB, tapi ujung-ujungnya akhirnya langsung balik di penginapan. Mampir dulu di warung kaki lima deket penginapan, dan gue pun kembali apes. Gue mesen sate ayam porsi biasa, isi sepuluh tusuk. Dan ternyata harganya 24 rebu. Jeng jeng jenggggg. Apa-apaan nih? Di Jakarta aja sate 10 tusuk cuma 13 rebuan. Oke, gue ga nanya harga karena sebelumnya ga bermasalah dengan harga makanan. Okesip lain kali kalo mau makan wajib nanya harga dulu.

Terus malemnya, another unfortunate event happened. Berhubung kita udah pada makan menjelang Maghrib, jadi gue pikir ga usah pada keluar kemana-mana lagi nyari makan, kita ngumpul aja seru-seruan mainan Uno di kamar. Eh terus si N malah ngajak keluar, “Mumpung udah di Bandung, yuk jalan-jalan aja!” And I thought it was not a good idea. Pertama, kita ga bawa kendaraan. Kedua, di antara kita ga ada yang kenal Bandung. (Gue walaupun udah berkali-kali ke Bandung tapi ke tempatnya itu-itu juga, kalopun nggak, ada yang nganter/bawa mobil, jadi tetep aja ga apal Bandung -__-) Ketiga, kita ga tau mau ke mana. Keempat, itu malem Minggu. Bakal macet bro. Dan sebelum keluar, gue udah berkali-kali nanya. Emang kita mau kemana? Mau ngapain? And nobody had a definitive plan. Gue walaupun merasa males keluar-keluar lagi, akhirnya tetep ikut mereka aja. Masa gue diem sendirian di kamar? Ngapain coba?

Dan ya, bener aja, pas banget keluar penginapan, langsung bingung mau ke mana. Beberapa menit kemudian, akhirnya diputusin kita mau nyari tempat yang banyak jual makanan.. I was like, seriously? Didn’t you guys just eat? Anyways, akhirnya pada mutusin mau ke Dago. Okelah. Remember when I said an uninvited guest sort of ruined the groups’ dynamic? Yep she did. Pas kita udah mau lewat Dago, si sopir angkot bilang, “Neng ini udah Dago, apa mau ke Gasibu?” Si A, who was sort of leading the group, kayaknya ga denger karena asik bercanda sama si N, the uninvited guest. Yeap, group dynamic ruined. Si K yang duduk deket ama sopir angkot, manut-manut wae. Akhirnya kita dibawa ke Gasibu yang ternyata lagi super rame karena ada acara Kickfest atau apalah itu. Macetnya gila, karena motor-motor pada diparkir pinggir jalan. Setelah turun di Gasibu, jalan sekitar 200 m, ga nemu tempat makan, akhirnya muter lagi jalan kaki ke tempat semula, dan ga nemu angkot buat balik. Pertama, angkotnya jarang karena macet parah depan Gasibu. Kedua, angkotnya pada penuh. Ada kali sekitar 20 menit kita luntang-lantung di pinggir jalan karena ga tau gimana mau pulang. Arah sebaliknya juga udah macet parah, kita ga tau mau balik ke penginapan gimana.

Oke, salah gue juga karena ga ngingetin buat turun pas nyampe Dago. Tapi, gara-gara udah keburu bete karena pada ngotot mau keluar dan ga mau denger pendapat gue, gue mending diem aja. Ngikut aja mereka maunya apa, mau kemana. Toh gue minoritas. Dan akhirnya malah kita semua kena getahnya. I mean, nobody listened to me, and look at where we are! Oddly, stranded in the middle of Bandung.. Which was kind of stupid, actually.

Pelajaran 3: Emang cewek keluyuran malem-malem itu ga baik. Meski dalam kelompok sekalipun. Apalagi kalo ga tau tempat.

Pelajaran 4: Find a better flock to travel with.

Akhirnya, saking desperate, si A dan si N (untungnya) ‘bertanggungjawab’ dengan melakukan suatu inisiatif: Ngetok kaca mobil ELF bertuliskan ‘PARIWISATA’ di tengah kemacetan. Minta nebeng sampe tempat dimana bisa nyari angkot. Untunglah sang pak sopir baik banget. Kita dibolehin naik. Oh men, sungguh random sekali. Ternyata itu semacam mobil anter jemput gitu, gue ga begitu nyimak percakapannya karena gue make headset. Ya, saking betenya gue ikut terdampar gara-gara mereka, gue pasang headset aja since I didn’t give a damn anymore. Untunglah si Bapak itu amat sangat baik hatinya, sampe bersedia nganterin anak-anak ilang ini balik ke penginapan. Sepanjang jalan si pak sopir (dan kernetnya) nunjukin beberapa tempat-tempat ikonik di Bandung, pokoknya ngasih macem-macem trivia seputar Bandung.. Dan si A, K, dan N itu responnya kayak mereka sama sekali belum pernah ke Bandung, entah kenapa berasa udik banget.. Entah sengaja begitu biar si bapaknya seneng, ato emang beneran.. Entahlah. Tapi gue malah jadi bete, abisnya gue perasaan ga sebuta itu juga kali ama Bandung…tapi kenapa jadi berasa kayak gue gaulnya ama anak dari kampung entah dimana.. Padahal Bandung gitu lho, ga beda jauh kok sama Jakarta. Oh wait…mereka anak Depok deng. Oke.

Anyways, besoknya kita pulang, ga sempet kemana-mana lagi karena mereka udah ngotot pengen cepet pulang, dan gue juga udah keburu ancur moodnya dan jadi pengen cepet pulang.. Dan gue udah ga napsu lanjutin cerita ini karena pengen cepet pulang.. #eh

Anyways, in a nutshell: Worst. Bandung trip. Ever.

2 thoughts on “Bandung Trip (& ITB Job Fair)

1. […] mendingan pindah venue ke Bogor, kayaknya lebih aman.. Walaupun gue akhirnya bisa dateng juga ke job fair ITB, tapi berhubung job fair ITB itu sepi perusahaan yang gue minati, jadi gue ga stay lama-lama di […]

Please do leave a comment :)