Kompas Karier Fair 2012

Oke, telat memang, udah seminggu lewat baru di-post.. Udah keburu abis euforia-nya -___- Tapi berhubung saya udah terlanjur ngumpulin dokumentasi, ya daripada sayang, mending di-post aja lah~

Jadi, tanggal 2-3 November 2012 yang lalu, ada lagi nih acara job fair.. Kali ini yang ngadain Kompas group. Itupun gue ikut secara dadakan, H-1 baru dapet info dari temen gue. Terus gue bela-belain ke Gramed Depok malem-malem abis ujan gitu buat beli tiket early bird nya.. Eh gara-gara itu gue malah kelewatan ngisi formulir online-nya, pas balik dari Depok, nongkrong depan PC berniat ngisi form, eh ga taunya pendaftaran online udah ditutup -__- Yah, setidaknya tiket udah di tangan.. Ngirit 10 rebu lah buat masuk.

Gambar dari sini. Lagi-lagi lupa ngambil foto banner on site.. Udah ga fokus nih, mulai desperate nyari kerja sih hahaha

Karena venue nya deket, gue langsung aja berangkat sendiri, ketemuan sama temen langsung di venue aja. Gue berangkat sekitar jam 8, ternyata masih rame ya busway jam segitu. Nyampe venue, temen-temen gue belom pada dateng, dan ternyata buat yang belum daftar online mesti ngisi-ngisi form dulu.. Yaudah sambil nunggu yang lain gue isi form dulu.. Walaupun ternyata ga perlu juga ngisi form, itu cuma buat panduan aja, toh nantinya mesti ngisi form di komputer.

Nah jadi di KKF ini sistemnya unik. Ga kayak jobfair yang diadain Jobstreet.com, untuk daftar online mesti input user ID (e-mail) sama password buat apply pekerjaan, kalo di KKF ini yang udah terdaftar online bakal dapet nomor kode, yang nantinya mesti diinput untuk apply pekerjaan. Jadi kalo mau daftar kerjaan di booth-booth perusahaan tertentu, tinggal masukin kode itu dan pilih posisi yang diinginkan, terus klik ‘submit’. Udah deh, beres. Asik juga. Simple dan ga lama/lemot, karena mereka pake jaringan intranet, bukan internet.

Berhubung gue belom ketemu temen gue dan dianya juga agak sulit dihubungi (sms ga dibales-bales..) akhirnya gue keliling liat-liat isi jobfairnya aja dulu sendirian. Tapi setelah beberapa booth dan beberapa jalur gue liat-liatin, ternyata jarang banget dari mereka yang punya program MT, dan yang gue minati juga ternyata malah jarang yang nyari lulusan Teknik Kimia. Karena gue baru liat-liat dan belum ngerasa ada yang diminati, akhirnya gue keliling cuma ngambilin brosur dan nanya-nanya aja..ga langsung daftar atau setidaknya nyoba apply lah walau tanpa ekspektasi tertentu.  Sesuatu yang baru gue sesali belakangan, karena setelah muterin stand-stand itu…capek banget! Venue nya gede dan isinya banyak banget..

Alhasil setelah ngiter lebih dari setengah venue, gue langsung mikir yaudah daftar-daftar aja lah walaupun posisinya sebenernya bukan yang gue minati banget. Nothing to lose ini.

Salah satu yang gue apply adalah PT. Tigaraksa Satria, Tbk. Soalnya perusahaan ini terlibat dalam industri FMCG, dan katanya termasuk manufaktur juga (walaupun ga semua produk). Udah gitu, mereka buka program MT. Dan ternyata ini salah satu business partner-nya Danone Group. Hmm, oke, coba aja daftar, tinggal ngedrop CV. Kalo ga salah sih untuk posisi yang lain tinggal masukin kode dan submit lewat komputer, tapi khusus buat MT mesti ngasih hardcopy CV.

PT. Tigaraksa Satria, Tbk

Ada juga Propan Raya Group, perusahaan produksi cat gitu.. Untuk jurusan Teknik Kimia, mereka nyari Process Engineer sama apaa gitu, pokoknya bagian proses juga.. Yaudah cuss gue daftar dua-duanya.

Propan Raya Group. Mentang-mentang perusahaan cat, boothnya warna-warni. :D

Terus gue ngelewatin sebuah booth yang amat sangat sepi, cuma ada seorang bule yang jaga booth dan bahkan sepi pelamar banget.. Gue rasa ini orang-orang pada ga berani ngomong ama bulenya makanya gaada yang nyamperin -__- Antara kasian sama penasaran pengen tau tentang perusahaannya, ya gue samperin lah tu bule dan nanya-nanya.. soalnya banner dan poster yang dipajang di boothnya cukup menarik sih. Gue sempet ngambil kartu namanya segala.. (Bukan modus wey, buat nyari pekerjaan nih! :p) Ternyata orang Jerman bok, lumayan.. (Apanya?) Hahaha.

Ya, jadi Krones ini adalah perusahaan machinery gitu, yang gue tangkep dari penjelasan si bule (namanya Mr. Michael Kozak), perusahaan ini tuh semacam produsen & supplier mesin manufaktur gitu.. tapi ga cuma supply mesinnya doang sih, termasuk operation & maintenance juga dia handle, jadi yaa sejenis business partner-nya perusahaan FMCG macem Danone, Coca-Cola, dll.. Kalo yang gue liat dari banner-nya sih keliatannya mereka yang megang bottling machine-nya CCAI. Terus gue tanya-tanya juga, kalo lulusan Teknik Kimia bisa masuk apa ngga. Ga tersurat di daftar lowongannya sih. Terus dia nanya, “Are you familiar with something, like, ‘aseptic’?” Gue bilang aja iya, soalnya emang penelitian gue kan mainan sama bakteri.. Hahaha. Nah kebetulan dia bilang Krones juga lagi nyari Process Engineer, walaupun di list lowongan yang bisa didaftar lewat KKF itu ga ada. Gue sih liatnya paling mentok ambil yang Field Service Engineer. Tapi terus gue bilang, berarti mesti daftarnya via email apa gimana? Dia bilang boleh-boleh aja. Terus yaudah gue bilang ntar daftar lewat email aja.. Terus gue cabut, mau ngiter-ngiter lagi. Eh tapi gue kelupaan nanya sesuatu, jadi baru beberapa langkah, gue balik lagi nanya sesuatu. Gue bilang, “Oh, I forgot to ask one thing..” Gue lupa sih nanya apaan, tapi dia cuma senyum geli sebelum gue nanya, sambil bilang, “Ok, just one, right?” Katanya sambil senyum bercanda. Ih bisa aja bercandanya si mas bule ini :p Ya pokoknya abis nanya itu gue cabut, liat-liat booth lain lagi.. Ehh terus beberapa lama kemudian sambil nyari-nyari perusahaan yg mau gue daftar, gue lewat situ lagi.. Terus gue berubah pikiran, gue coba aja deh daftar dulu di booth, ambil posisi Field Service itu tadi.. tapi nanti gue email lagi tapi buat yang Process Engineer. Gue sempet nanya dulu ke dia, kalo gue apply dua kayak gitu boleh nggak. Eh pas gue samperin, dia malah ketawa, “You again! Hahaha” Ampe apal muka gue gitu dia.. saking sepi bener kali ya yang nyamperin boothnya, kesian.. mana anak buahnya sih? Hahaha.

PT. Krones Machinery. Gue foto pas si bule ga liat, daripada ntar dia kegeeran lagi :p

Anyways, gara-gara nulis ini gue jadi inget, gue belom ngirim e-mail buat apply yang Process Engineer.. Masih bisa gak ye? Cuss deh besok pagi gue coba e-mail aja -__-

Ada juga PT. Fabindo Sejahtera.. Dia ini produknya agak macem-macem, tapi kebanyakan produk wanita sih sepertinya.. Ga punya program MT, tapi kayaknya yang terkait produksi menarik juga.. Ada product development, production supervisor, sama production staff deh kalo ga salah.. Yang production spv sih kalo ga salah syaratnya minimal umur 30 tahun, hahaha tapi kayaknya gue daftar-daftar aja deh buat ketiga posisi itu :p Gue sempet nanya macem-macem sih sama mbak-mbak yang jaga booth, yang akhirnya berdasarkan minat gue, dia lebih ngarahin gue buat milih prod dev aja. Okelah cuss dipili~

PT. Fabindo Sejahtera. Mostly manufacture lady products..

Terus ada lagi PT. Dalzon Chemicals.. kalo ga salah ini perusahaan produksi bahan-bahan kimia buat pertanian apa perkebunan gitu, kayak pupuk apa pestisida gitu deh.. Gue lupa daftar apaan, kayaknya process engineer deh. Hahaha main daftar-daftar aja, kaga inget lagi daftarnya apaan.. kayaknya sih terkait proses, soalnya kalo nggak kan gue ga bakal tertarik dan daftar tanpa mikir lama-lama, hahaha.

PT. Dalzon Chemicals. Kalo dipikir-pikir, agak random juga ini gue daftar tanpa pikir panjang..

Ada juga sih perusahaan yang gue daftar walaupun sebenernya ga minat, yaitu…… Ranch Market. -__- Gara-garanya gue kena dorongan temen gue yang ngajak daftar buat dapetin souvenirnya, katanya dapet agenda bagus gitu.. Terus gue mau-mau aja lagi -__- Dengan berdalih sekalian balikin isian kuisioner yang dikasih pas gue samperin booth mereka sebelumnya, akhirnya gue bilang gue mau coba daftar aja.. di bagian Quality Assurance gitu, buat di head office mereka,  bukan di toko -__- Udah daftar, gue sempet-sempetnya lagi nanya.. “Yang udah daftar ga dikasih apa gitu Mba?” Ngarep abis, hahaha. Terus sama mbak-mbaknya gue dikasih permen Yupi gitu -__- Terus gue tumben-tumbenan lagi ga pake malu, ngeliat ke arah tumpukan goodie bag dan nanya, “Itu ga buat dibagi-bagiin mbak?” Sumpahhh ga tau malu abis hahahaha. Sebenernya sih gue perlu juga goodie bag, secara gue bawa map dan kertas-kertas flier dari booth macem-macem gitu kan banyak, ribet, jadi lumayan kan kalo dapet goodie bag, bisa langsung masuk-masukin aja. Eh gataunya diambilin dong goodie bag sama mbaknya, terus gue dikasih deh, hahahaha. Walaupun isinya bukan agenda kayak yang dibilang temen gue, tapi yaa mayan lah, buat nampung brosur-brosur iklan lowongan, hahaha. Ohya, udah gitu di booth ini mereka masang display produk buah-buahan mereka, dan kita bisa nyicip beberapa buahnya.. ada testernya gitu. Gue sih nyobain buah Matoa a.k.a Rambutan Irian, secara cuma itu buah yang paling ga lazim di antara tester lainnya. Ternyata tampilan daging buah dan rasanya lebih mirip lengkeng lho daripada rambutan. Terus gue nyicip mangga lily/cherry juga, rasanya sih mirip arumanis, cuma katanya buahnya lebih kecil dan pasti lebih manis dari arumanis karena mateng di pohon. Btw kenapa gue jadi jelasin tentang buah gini ya.. Hahaha oke lanjut~

Ranch Market. Modus banget bolak-balik lewat sini buat ngemilin testernya :p (Kaga deng, cuma dua kali kok :p)

Terus Ajinomoto Group, gue iseng-iseng aja daftar, pengennya sih di bagian produksi, tapi ga tertera di lowongannya, terus katanya buat bag.produksi disuruh masukin ke bagian corporate apaa gitu. Yaudah gue apply aja lah, hahaha. Abis nge-apply, dikasih bumbu racik Sajiku nasi goreng, hahaha. Yah lumayan kalo lagi gaada masakan jadi di rumah..

Ajinomoto Group. Bagi-bagi bumbu masak gratis~ (Mental anak rumahan yang berasa ngekos karena tinggal sendirian di rumah -_-)

Ada lagi perusahaan farmasi, Boehringer Ingelheim, itu lhooo yang banyak iklannya di TV, produk Pharmaton, Bisolvon, dll.. Gue nanya-nanya bagian produksi/proses untuk latar belakang pendidikan Teknik Kimia, katanya sih bisa-bisa aja tapi ga ada di lowongannya, jadinya disuruh masukin ke bagian Gap Assessment Officer kalo ga salah. Ya kalo ga salah sih dia bilangnya emang ga lagi buka buat bag. produksi, tapi masukin aja ke situ, buat dimasukin ke databasenya dia.. berhubung ga ada anak tekim lain, jadi katanya kalo di databasenya ada dari tekim berarti langsung ketauan itu gue, hahaha. Jadi cuma gue doang nih anak tekim yang daptar? Wkwkwk. Boothnya Boehringer Ingelheim ini juga bagi-bagi produk, abis daftar gue dikasih Pharmaton Formula, walaupun cuma dapet 1 strip isi 2 -__- Sama dapet pulpen juga hahaha.

Boehringer Ingelheim. Satu-satunya perusahaan farmasi yang mau mempertimbangkan menerima lulusan Teknik Kimia.

Kenapa gue bilang kayak gitu di caption di atas? Karena emang rata-rata perusahaan farmasi cuma mau nerima anak farmasi, bahkan ga mau mempertimbangkan untuk ngambil anak tekim! Ckckck masih eksklusif aja ya perusahaan farmasi ini.. Walaupun emang sih formulasi-formulasi obat dan vitamin itu kerjaannya anak farmasi, tapi bukannya yang ngurusin proses, P-T dll itu tetep anak tekim juga ya? Entahlah, kalo denger cerita dari temen gue yang pernah KP di perusahaan farmasi & nutrisi sih katanya emang perusahaan itu kebanyakan agak nepotisme, seringnya ngambil orang dalem, dan ikatan profesi farmasinya kuat banget.. Makanya eksklusif banget. Ckckck. Jadi inget waktu itu di seminar InaChem 2012 kalo ga salah ada salah satu perusahaan farmasi yang nyumbang pembicara, langsung dikomentarin sama salah satu tamu, alumni Teknik Kimia ITB, yang heran kenapa perusahaan farmasi hampir ga pernah ngebuka kesempatan buat lulusan tekim.. Yang dijawab sama pembicara intinya emang sebenernya perusahaan farmasi pun butuh orang teknik kimia, tapi….. Nah tapi nya ini gue lupa kenapa. Intinya emang selama ini industri farmasi kurang melibatkan orang teknik kimia. Masih ngandelin orang dalem farmasi terus… Mungkin karena itu juga sih rata-rata perusahaan farmasi ga terlalu berkembang. Saking terlalu eksklusif sepertinya :/

The oh so exclusive pharmaceutical companies

Oh iya berhubung job fair ini yang ngadain Kompas Group, banyak banget perusahaan anggota Kompas Group yang buka booth.. dan ga cuma itu aja, perusahaan-perusahaan sejenis (media, jurnalistik, etc) juga banyak.. Mulai dari koran-koran dan majalah, sampe TV macem Trans TV juga buka booth dan casting di sini. Ada juga perusahaan-perusahaan lain yang bergelut di bidang media, macem exhibition contractor, sampe perusahaan yang emang bergelut di bidang seni kreatif gitu-gitu.. Pokoknya banyak deh perusahaan yang buka lowongan buat graphic designer dan semacamnya, jadi gue sekalian nanya-nanya lowongan magang buat adek gue.. Siapa tau gue juga bisa, kan gue punya hobi dan pengalaman di bidang desain, hehehe. Mau banting setir ke bidang itu tapi rasa-rasanya sayang kalo ilmu tekim gue belom kepake, lagipula gue udah semangat dan minat banget sama FMCG, jadi yaa mau fokus di proses dulu lah, kalopun mau terlibat di desain paling magang-magang dulu aja.. Tapi karena sebagian besar perusahaan di KKF ini bukanya buat posisi tetap, jadi buat yang magang-magang palingan ngirim CV dan portfolio via email.. Jadi ya gue ambilin brosur-brosur dan fliernya aja dulu.. Kalo minat tinggal kirim e-mail :D

Btw, gue sempet secara random ngedrop CV buat magang di Kompas TV juga loh.. hahaha abisnya mereka doang sih yang ga nyuruh ngirim e-mail tapi langsung ngedrop CV aja. Yo wes~ masuklah satu CV ke Kompas TV :p

Soo.. yeah, pretty much that’s it! Oh iya, buat yang mau dateng ke KKF di kota lain ataupun di Jakarta kalo diadain lagi, saran gue: jangan pake heels! Venuenya gede banget bok, capek gila ngiter-ngiternya.. Gue pake sepatu kets aja pegel-pegel, gimana yang pake high heels yak?

Ok, see you in another post about job fair.. (..hopefully not, though! ;D)

2 thoughts on “Kompas Karier Fair 2012

  1. terima kasih akhirnya saya approve

  2. Thanks for finally talking about >Kompas Karier Fair 2012 | Words, Hands, Hearts
    <Liked it!

Please do leave a comment :)

