SKCK Tanpa Surat Pengantar (Jakarta Selatan)

Okeh, kalau Anda berharap ini adalah panduan membuat SKCK yang ditulis dengan rapi dan informatif, mohon maaf Anda tertipu judul (ya terus kenapa juga sih bikin judulnya begitu)

Saya nulis ini based on pengalaman aja, sekalian curcol sih sebenernya, siapa tau bisa membantu memudahkan Anda sekalian para pencari kerja ataupun pemburu beasiswa yang butuh SKCK.. Hope this post can save you the trouble of tetek bengek ngurusin surat pengantar yang huft banget.

Iyah, huft banget. Saya dua kali/dua hari berturut-turut zonk dateng ke Ketua RT/RW demi bikin surat pengantar ini. Dua-duanya gegara salah timing alias kesiangan, hahahahaha ketauan ga pernah main ama Ketua RT/RW (ok wait, that sounded wrong)

Dateng ke rumah pak RT hari Senin jam 7 pagi.. eh ternyata pak RT nya udah gak ada di rumah. Hemm pagi juga pak RT berangkat kerja ye. Oh wait, ini hari Senen. (Gak sadar diri, mentang-mentang freelance) Abis itu siangan dikit iseng-iseng mampir kantor kelurahan, siapa tau bisa minta surat pengantar tanpa pake ke RT/RW dulu.. Ternyata ndak bisa yee hahaha. Akhirnya balik lagi ke rumah pak RT malem-malem habis Isya, pasti dah di rumah lah yekan.. Okesip pengantar dari RT beres, tinggal besok ke RW, kelurahan, terus cuss dah bikin SKCK..

Karena kalo RW ada kantor sekretariatnya, maka gue berasumsi bisa dateng agak siangan dikit, jam setengah 8 oke lah ya.. Sampe sana ternyata udah ga ada orang juga di sekretariatnya, kirain seenggaknya masih ada perwakilan sekretariatnya gitu, ternyata semua cuma standby ampe jam 7 doang, balik lagi pas pulang kerja habis maghrib. Zonk lagi dah.. (Iyee, aye emang kurang gaul ama pak RW huhuhu)

Berhubung waktu semakin mefets, tanpa kepastian berapa lama urusan surat pengantar hingga pembuatan SKCK bisa selesai, saya pun mencoba aja dateng ke Polres tanpa surat pengantar. Siapa tau bisa tetep bikin. Bermodal baca secercah komen di postingan blog orang bahwa bikin SKCK di Polres Jaksel udah ga perlu pake surat pengantar lagi (walaupun cuma sebaris dan ga ada komen followup nya), saya pun nekat berangkat ke Polres Jakarta Selatan, mengarungi macetnya ibukota yang Innalillahi gitu amat (udah sekian minggu ga terjebak di rush hour :p)

Setelah diwarnai sedikit drama olahraga (ga ada drama juga sih) jalan kaki sekitar 1 km karena kelewatan turun dan baru nyadar ternyata angkutannya ga lewat deket Polres (emang si dudul bukannya nanya dulu), akhirnya sampai di Polres, sedikit minta petunjuk arah pelayanan SKCK sama pak Polisi di gerbang depan yang dijawab dengan muka dan nada super galak (sumpah serem bapake), sampailah saya di loket pembuatan SKCK. Jreeengg.. Ternyata di sana terpampang jelas syarat/berkas pembuatan SKCK adalah sbb:

  1. Fotokopi KTP dan menunjukkan KTP asli.
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Akte Kelahiran
  4. Pasfoto ukuran 4×6 berlatar belakang merah sebanyak 6 lembar

Begitulah kira-kira. Maap lupa difoto, tapi sungguh, itu doang persyaratannya. Gak pake surat pengantar segala. (Warbiyasah! Untung saya nekat aja dateng ke polres, gak pake nunggu lanjutin ngurus itu surat.) Prosesnya juga gak ribet sih, tinggal isi form (datanya lumayan banyak dan detail), ambil sidik jari, bayar ke loket. Cuma perlu agak sabar aja kalo antriannya agak panjang, karena untuk pengambilan data sidik jari ternyata lumayan pake dianalisis dulu. Bahkan sembari nunggu saya sempet diwawancara diajak ngobrol dan dikasih wejangan panjang lebar sama seorang bapak pengacara yang nganterin temennya bikin SKCK, dan juga sama pak polisi yang jaga registrasi besuk tahanan. Sesuatu banget. Terima kasih ya pak.

Selesai data sidik jari, tinggal kasih ke loket, bayar, gak lama kemudian jadi deh SKCK. Alhamdulillah ternyata gak ribet bikinnya. Cuma surat pengantar aja sih sebenernya yang agak merepotkan, untungnya di Polres Jaksel udah ga ada syarat begitu ya. (Jangan tanya polsek or polres lain ya, saya belum pengalaman ngurus ke tempat lain.) Bahkan SKCK online pun kayaknya malah sama sekali ga ada syarat pake surat pengantar tuh. Sayangnya entah kenapa websitenya sama sekali ga bisa diakses. Sayang sekali ya. Mbok ya bikin pelayanan online jangan setengah-setengah gitu lho. Kan pehape. Huft.

Nah, tapi sekarang Anda (yang berdomisili di Jaksel) sudah tahu kalau untuk membuat SKCK di Polres Jaksel gak perlu surat pengantar RT-RW-Kelurahan kan?? Semoga memudahkan ya~

Advertisements

Please do leave a comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s